KESEHATAN
8 Juni 2019

Wajib Tahu, Ini 5 Makanan Penurun Kolesterol!

Avokad terbukti membantu menurunkan kolesterol lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika mendengar kata kolesterol, yang banyak terpikirkan adalah sesuatu yang buruk untuk tubuh. Padahal, kolesterol juga memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya untuk tubuh kita.

Fungsi kolesterol pada tubuh di antaranya adalah pelindung sel-sel tubuh, pembentuk hormon, dan memproduksi vitamin D untuk tubuh.

Namun, jika kadar kolesterol di dalam tubuh terlalu tinggi akan meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke.

Selain menerapkan pola hidup sehat, yakni olahraga dan perbanyak makan sayur, Moms juga perlu tahu makanan penurun kolesterol. Apa saja? Berikut daftar makanan penurun kolesterol!

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari

1. Avokad

makanan penurun kolesterol

Foto: pixabay.com

Avokad menjadi nomor urut pertama makanan penurun kolesterol. Buah yang satu ini selain kaya nutrisi, juga kaya akan lemak tak jenuh dan serat.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Heart Association, mengonsumsi satu avokad per hari dapat menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) kita atau dikenal sebagai kolesterol "jahat".

2. Kacang - Terutama Almond dan Kenari

makanan penurun kolesterol

Foto: pexels.com

Kacang-kacangan adalah makanan padat nutrisi yang juga merupakan makanan penurun kolesterol.

Emilio Ros, Direktur Klinik Lipid dan Konsultan Senior, Layanan Endokrinologi & Nutrisi, Rumah Sakit Clínic, Universitas Barcelona, Spanyol mengatakan bahwa kacang kenari juga kaya akan variasi asam lemak omega-3, sejenis lemak tak jenuh ganda yang terkait dengan kesehatan jantung.

Kacang almond dan kacang-kacangan lainnya sangat kaya akan L-arginin, asam amino yang membantu tubuh kita membuat oksida nitrat. Ini, pada gilirannya, membantu mengatur tekanan darah.

Kacang juga menyediakan pitosterol. Senyawa tanaman ini secara struktural mirip dengan kolesterol dan membantu menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya di usus kita.

Dalam analisis dari 25 studi yang dilakukan Departemen Nutrisi, Universitas Loma Linda, Amerika Serikat, makan 2-3 porsi kacang per hari menurunkan kolesterol LDL dengan rata-rata 10,2 mg/dl.

Makan satu porsi kacang setiap hari juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung 28 persen lebih rendah.

Baca Juga: Bisa Turunkan Kolesterol, Ini 5 Manfaat Tempe untuk Kesehatan

3. Ikan Berlemak

makanan penurun kolesterol

Foto: pexels.com

Ikan berlemak, seperti salmon dan makarel, adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik dan juga merupakan makanan penurun kolesterol.

Omega-3 meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol HDL atau biasa disebut kolesterol baik dan menurunkan risiko peradangan dan stroke.

Namun, perhatikan cara penyajiannya ya Moms! Cara paling baik menyajikan ikan untuk menurunkan kolesterol adalah dengan cara direbus dan/atau dikukus.

4. Kakao

makanan penurun kolesterol

Foto: pexels.com

Kakao merupakan bahan utama dalam cokelat hitam dan ini bisa menjadi makanan penurun kolesterol.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brigham and Women's Hospital, Boston Amerika Serikat mengklaim bahwa kakao yang terkandung dalam cokelat hitam dapat menurunkan kolesterol LDL.

Dalam penelitian tersebut, orang dewasa yang sehat minum minuman kakao dua kali sehari selama sebulan dan hasilnya adalah mengalami penurunan kolesterol LDL atau yang biasa dianggap kolesterol "jahat" sebanyak 6,5 mg/dl.

Namun, cokelat sering mengandung banyak gula yang dapat memengaruhi kesehatan jantung.

Karena hal tersebut, kita diharuskan untuk memilih cokelat hitam dengan kandungan kakao 75-80 persen atau lebih tinggi.

Baca Juga: 4 Cara Nyaman Santap Hidangan Bersantan Tanpa Takut Kolesterol Tinggi

5. Bawang Putih

makanan penurun kolesterol

Foto: pexels.com

Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad sebagai bahan untuk memasak dan sebagai obat, salah satunya sebagai makanan penurun kolesterol.

Selain menurunkan kolesterol, bawang putih juga dapat mencegah pembekuan darah, mengurangi tekanan darah, dan melindungi terhadap infeksi.

Ini dikarenakan bawang putih mengandung antioksidan, antiinflamasi, antivirus, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Gunakan bawang putih menjadi bumbu di setiap masakan kita ya Moms.

Selain mengonsumsi makanan penurun kolesterol, jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat kita dengan berolahraga dan makan makanan yang menyehatkan.

(SA)

Artikel Terkait