BAYI
5 Mei 2020

6 Makanan Penyebab Sembelit pada Bayi, Waspada!

Ketahui juga makanan yang bisa jadi obat alami sembelit pada bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat bayi bisa buang air besar secara teratur artinya semua bagian pencernaannya bekerja dengan baik dan bayi mendapatkan cukup makanan untuk dimakan. Namun, Moms biasanya agak sedikit khawatir saat bayi sembelit.

Dan karena makanan bisa menjadi penyebab sembelit pada bayi, ada baiknya Moms mengingat-ingat kembali makanan apa saja yang telah dikonsumsi Si Kecil sebelumnya.

Kebiasaan BAB akan tergantung pada kebiasaan makannya. Ada beberapa makanan yang cenderung membuat bayi sembelit, namun ada pula yang tidak.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) , pola BAB setiap bayi berbeda-beda. Karena itu, kadang-kadang sulit untuk mengetahui apakah bayi mengalami sembelit atau tidak.

Namun, AAP sangat merekomendasikan untuk tidak pernah menggunakan obat pencahar yang dijual bebas untuk bayi tanpa berbicara terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Juga: Bayi Sembelit? Yuk Coba 8 Obat Alami Ini!

ASI Bisa Menjadi Makanan Penyebab Sembelit pada Bayi

Kenali Makanan Penyebab dan Penyembuh Konstipasi pada Bayi -1.jpg

Foto: Cognikids.com

“Sebenarnya, sembelit cukup jarang terjadi pada bayi baru lahir. Bayi hanya mengkonsumsi ASI yang cair, sehingga lebih mudah diserap dan dicerna,” kata Jennifer Shu, MD, seorang dokter anak yang berbasis di Atlanta dan rekan penulis Food Fights.

Menurutnya, rata-rata, bayi berusia 0-4 bulan buang air besar 3-4 kali sehari. Tapi daripada frekuensi, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah teksturnya.

”Jika kotoran bayi padat, itu pertanda bahwa kotoran bayi tinggal di sana lebih lama dari yang kita inginkan,” tambah dia.

Bayi yang minum ASI biasanya tidak memiliki masalah sembelit, karena banyak Moms yang berpikir bahwa ASI lebih mudah dicerna. Namun, jika ternyata bayi masih sembelit, Moms harus melihat makanan apa yang Moms konsumsi.

“Sembelit pada bayi yang disusui dapat menjadi gejala alergi protein susu," kata Diana Lerner, M.D., instruktur spesialis pediatri dan gastroenterologi pediatrik di Children's Hospital of Wisconsin.

Diana mengatakan, kadang-kadang dia menyarankan agar ibu menyusui tidak mengkonsumsi susu dan mempertimbangkan untuk mengganti susu dengan produk kedelai.

“Apa yang Anda makan juga bisa meringankan sembelit bayi Anda. Jika bayi mengalami konstipasi, memakan beberapa buah prem mungkin bisa membantu,” jelasnya.

Makanan Penyebab Sembelit pada Bayi

Kenali Makanan Penyebab dan Penyembuh Konstipasi pada Bayi -2.jpg

Foto: Webmd.com

“Setelah bayi mulai makan makanan padat, kotorannya akan berubah. Lebih banyak makanan yang dimakan biasanya berarti lebih banyak kotoran yang terbentuk. Usus juga lebih matang, sehingga bayi bisa memadatkan kotorannya dan menahannya lebih lama,” kata Jennifer.

Makanan bisa menjadi teman dan juga musuh saat bayi sembelit. Makanan yang bisa menjadi penyebab sembelit pada bayi biasanya:

1. Sereal

Terlalu banyak makan sereal dapat menyebabkan sembelit pada bayi.

2. Produk Susu

Perhatikan produk susu yang merupakan makanan pertama yang populer untuk bayi, seperti keju dan yogurt. Ada bayi yang mungkin mengalami alergi protein susu.

Baca Juga: Kenali Gejala Sembelit pada Bayi, Jangan sampai Terlambat Ditangani!

3. Makanan Rendah Serat

Ini bisa termasuk nasi putih, roti putih, dan pasta. Beberapa bayi mungkin kesulitan mencerna nasi dan merasa sembelit.

4. Wortel

Ketika diberikan mentah atau dalam bentuk jus, wortel biasanya baik untuk bayi. Tetapi, wortel kukus cenderung memadatkan kotoran sehingga membuat bayi sulit mengeluarkannya.

5. Pisang Mentah

Meskipun memberi pisang matang itu baik, tapi tidak dengan pisang mentah. Pisang yang belum matang mengandung zat tepung yang bisa sulit dicerna bayi.

6. Yogurt

Meski mengandung bakteri baik yang membantu pencernaan, tapi terkadang dapat menyebabkan sembelit pada anak-anak.

“Meskipun mungkin tergoda untuk menghentikan semua makanan yang menyebabkan sembelit, berikan bayi makanan ini dalam jumlah sedang. Yaitu, tidak lebih dari beberapa kali sehari dan mengurangi jumlah jika makanan tertentu bermasalah,” tambah Jennifer.

Makanan Penyembuh Sembelit pada Bayi

Kenali Makanan Penyebab dan Penyembuh Konstipasi pada Bayi -3.jpg

Foto: Stylecraze.com

Ada makanan yang jadi penyebab sembelit pada bayi, ada juga yang justru jadi penyembuh sembelit pada bayi. Ketika bayi jarang BAB dan lebih sulit mengeluarkan kotoran, Moms bisa memberikan makan ini untuk menyembuhkan sembelit pada bayi:

1. Fiber

Apa pun yang mengandung serat, yang dikenal memiliki kandungan serat tinggi, bisa membantu melonggarkan kotoran bayi. Ini bisa berbentuk sereal kaya serat, pasta gandum, dan beras merah.

2. Buah P

Buah berawalan huruf P seperti terutama Pir, Prem, Persik, dan Plum. Moms bisa membuat buah itu menjadi satu gelas jus.

Buah-buahan itu akan bekerja dengan baik dan bayi akan menyukainya. Tidak perlu menambahkan gula karena rasanya sudah manis alami.

3. Sayuran

Cobalah berikan brokoli, kacang, dan kubis Brussels.

Baca Juga: 3 Resep Menu MPASI untuk Mencegah Bayi Sembelit

4. Aprikot

Buah musiman ini dapat digunakan untuk mengobati sembelit. Moms bisa memberikannya secara mentah atau dalam bentuk jus.

Aprikot kering juga tersedia di pasaran, yang dapat direndam semalam dan diberikan kepada bayi.

5. Oatmeal

Ini makanan umum dan banyak disukai untuk bayi dan menjadi makanan penyembuh sembelit pada bayi. Oatmeal dapat memberi bayi serat yang sangat dibutuhkan dan mencegah sembelit.

6. Air

Terkadang, sistem pencernaan hanya perlu pembilasan yang bagus untuk bisa bekerja kembali.

Nah, itulah makanan penyebab dan penyembuh sembelit pada bayi. Ada baiknya untuk memisahkan terlebih dahulu makanan penyebab dan penyembuh sembelit pada bayi dan diberikan secara seimbang agar Si Kecil memiliki usus yang sehat.

Artikel Terkait