DI ATAS 5 TAHUN
15 September 2020

5 Makanan Untuk Redakan Gejala Asam Lambung Pada Anak

Buat Si Kecil lebih nyaman dengan makanan yang tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tahukah Moms, kalau memberikan makanan pereda asam lambung anak bisa menjadi cara alami untuk membuat anak merasa lebih nyaman selain dengan obat?

Menurut keterangan dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, sebagian besar kasus naiknya asam lambung atau gastroesophageal reflux (GER) pada anak usia di bawah 12 tahun tidak disertai heartburn atau nyeri ulu hati seperti pada orang dewasa.

Namun, Moms perlu jeli memperhatikan berbagai gejala umum GER pada anak lainnya seperti bau mulut, mual, nyeri di perut atas, sakit atau kesulitan menelan, muntah, dan gigi yang terkikis.

Makanan Pereda Asam Lambung Anak

Nah, berikut adalah beberapa makanan yang bisa Moms berikan pada Si Kecil untuk meredakan gejala asam lambung.

1. Sayuran

5 Makanan Untuk Redakan Gejala Asam Lambung Pada Anak 1.jpg

Foto: Freepik.com

Saat gejala asam lambung menyerang, Moms bisa memberikan Si Kecil berbagai sayuran yang secara alami rendah gula, rendah lemak, dan rendah kadar asam, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Sayuran terbaik sebagai makanan pereda asam lambung yang bisa Moms berikan di antaranya adalah sayuran berdaun hijau, kacang panjang, asparagus, kembang kol, kentang, dan mentimun. Hindari dulu bumbu tambahan atau sayuran yang bersifat iritan seperti tomat dan bawang.

2. Oatmeal

5 Makanan Untuk Redakan Gejala Asam Lambung Pada Anak 2.jpg

Foto: Freepik.com

Meski sedang mengalami gejala asam lambung, Moms perlu tetap memberikan asupan karbohidrat supaya Si Kecil tetap berenergi. Pilihan terbaik adalah makanan sumber karbohidrat kompleks seperti oatmeal, roti gandum utuh, atau nasi merah.

Si Kecil juga boleh makan kentang dan berbagai umbi yang secara alami mengandung karbohidrat dan serat pangan sehat.

Baca Juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Asam Lambung Naik

3. Jahe

5 Makanan Untuk Redakan Gejala Asam Lambung Pada Anak 3.jpg

Foto: Freepik.com

Selain kaya akan bahan alami yang baik untuk tubuh, jahe juga dianggap sebagai makanan pereda asam lambung, karena mengandung senyawa phenolic yang dikatakan bisa meredakan iritasi gangguan pencernaan dan mengurangi kontraksi lambung. Itu artinya mengonsumsi sedikit jahe bisa membantu mencegah asam lambung naik ke esofagus.

Campurkan jahe ke dalam makanan maupun minuman Si Kecil, tapi pastikan jumlahnya tidak tidak lebih dari empat gram dalam sehari ya, Moms.

Baca Juga: 7 Gejala Asam Lambung yang Wajib Diketahui

4. Lemak Sehat

5 Makanan Untuk Redakan Gejala Asam Lambung Pada Anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Makanan pereda asam lambung anak lain yang direkomendasikan oleh International Foundation of Gastrointestinal Disorder adalah berbagai makanan yang mengandung lemak sehat, seperti:

  • Lemak tak jenuh tunggal dari minyak zaitun, minyak kanola, avokad, kacang dan selai kacang, atau biji-bijian.
  • Lemak tak jenuh ganda dari kacang kedelai, jagung, flaxseed, kenari, tahu, tempe, dan ikan berlemak seperti salmon atau makarel.

Baca Juga: Kenali Gejala Asam Lambung Naik Pada Anak

5. Daging Tanpa Lemak dan Seafood

5 Makanan Untuk Redakan Gejala Asam Lambung Pada Anak 5.jpg

Foto: Freepik.com

Moms juga boleh memberikan daging tanpa lemak, termasuk daging unggas, ikan, dan seafood saat Si Kecil sedang mengalami gejala asam lambung.

Namun, sebaiknya diolah secara sehat dengan cara dipanggang, dibakar, dikukus, atau direbus supaya tidak terlalu berminyak dan memancing naiknya asam lambung.

6. Melon

asam lambung melon.jpg

Buah melon merupakan buah yang sangat basa dan mengandung sumber magnesium yang baik sebagai makanan pereda asam lambung. Di dalam buah melon juga terkandung banyak manfaat yang baik untuk asam lambung.

Kandungan magnesium di dalam buah melon dipercaya untuk meredakan asam lambung tinggi, khususnya pada anak.

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Asam Lambung pada Anak yang Harus Dihindari

7. Pisang

asam lambung p.jpg

Sama seperti buah melon, buah satu ini sangat rendah asam, maka dari itu cocok dikonsumsi sebagai makanan pereda asam lambung. Buah pisang dapat menghilangkan ketidaknyamanan karena teriritasinya lapisan kerongkongan.

Buah pisang memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga buah pisang juga dapat membantu memperkuat sistem pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan Si Kecil.

Buah pisang juga mengandung serat larut bernama pektin, yang dapat membantu memindahkan isi lambung melalui saluran pencernaan. Sehingga tidak akan ada makanan tertinggal, karena makanan tertinggal dan menempel justru akan terus menghasilkan asam.

8. Putih Telur

asam lambung putih telur.jpg

Moms, apakah Si Kecil menyukai telur bagian putihnya saja? Jika iya maka putih telur merupakan pilihan yang tepat dikonsumsi Si Kecil, karena kuning telur mempunyai kandungan lemak tinggi yang dapat memicu asam lambung.

Jadi, pastikan hanya memberikan putih telurnya saja ya. Moms bisa mengolahnya menjadi camilan atau makanan olahan ringan lainnya sebagai makanan pereda asam lambung yang efektif.

Baca Juga: Penyakit Asam Lambung Bisa Menyerang Anak, Simak Ciri dan Peredanya!

9. Yogurt

asam lambung yogurt.jpg

Yogurt mempunyai efek yang membantu menghilangkan ketidaknyamanan pada perut Si Kecil.

Yogurt juga mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang ditemukan di saluran pencernaan yang dapat membentuk sistem kekebalan tubuh, sebagai sumber protein, dan memperbaiki proses mencerna makanan dengan benar.

Pada penelitian yang dilakukan American Society of Microbiology, dijelaskan bahwa probiotik dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri H. pylori.

10. Jahe

makanan baik untuk asam lambung anak 4.jpeg

Foto: Unsplash.com

Jahe bisa menjadi obat dan makanan pereda asam lambung Si Kecil, sebab jahe mengandung antiinflamasi yang bisa menjadi obat alami untuk asam lambung.

Moms bisa mencampurkan jahe ke dalam sup atau dibuat menjadi minuman hangat yang dicampur dengan madu untuk Si Kecil.

Baca Juga: Waspada, Ini Penyebab Asam Lambung Pada Anak

Selain memberikan makanan pereda asam lambung Si Kecil, untuk sementara waktu hindari dulu berbagai pemicu asam lambung seperti makanan berlemak, makanan pedas, tomat, bawang, teh, dan cokelat.

Jangan sepelekan jika asam lambung Si Kecil menjadi semakin parah. Sebaiknya, segera konsultasikan dengan dokter, karena dikhawatirkan timbul gejala lainnya.

Tapi jika terjadi berkali-kali dan asam terus naik dari perut, artinya tubuh kita sedang melindungi kerongkongan dan membuat jaringan baru. Kondisi ini disebut Barrette Oesophagus (alias Kerongkongan Barrette). Parahnya, jaringan baru itu adalah jaringan abnormal dan cenderung bersifat kanker.

Jadi, jangan anggap remeh urusan asam lambung ini ya Moms!

Artikel Terkait