TREN
22 Mei 2019

5 Makanan Praktis Jika Terpaksa Buka Puasa di Jalan Saat Mudik

Macet bukan penghalang saat berbuka puasa, jika Moms menyediakan 5 makanan ini
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Buat Moms yang bekerja di ibukota, pasti tahu bagaimana keadaan di jalan setiap harinya, baik itu hari biasa maupun akhir pekan.

Hampir disetiap sudut kota mengalami kemacetan. terlebih lagi di musim mudik. Hampir di semua tempat akan mengalami macet, bahkan macet total.

Tapi mudik dan berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Idul Fitri adalah hal yang menyenangkan dan selalu dirindukan.

Makanya, Moms dituntut untuk menjadi orang yang lebih kreatif. Saat terjadi padatnya kemacetan, bisa saja kita harus buka puasa di jalan. Nah jika terpaksa buka puasa di jalan, ada beberapa makanan praktis yang bisa Moms coba di jalan. Apa saja ya?

Baca Juga: 5 Makanan yang Mengandung Protein Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama Saat Puasa

1. Buah Potong

macet1

Selain sehat, buah potong juga dapat dengan mudah dipersiapkan untuk buka puasa di jalan, karena tidak perlu dimasak atau pun diolah.

Moms hanya perlu memotongnya jadi kotak-kotak kecil atau bentuk yang biasa Moms gunakan untuk memotong buah.

Atau jika tidak mau repot, Moms bisa menyiapkan beberapa buah yang bisa langsung dimakan. Misalnya buah pir atau buah apel. Pilihlah buah yang segar tapi juga bisa mengenyangkan.


2. Susu Kotak

5 Makanan Praktis Jika Terpaksa Buka Puasa di Jalan

Selanjutnya Moms juga bisa menyediakan susu kotak. Memang susu kotak harus berada di tempat yang dingin agar tetap segar. Untuk itu, Moms hanya bisa menyediakan beberapa kotak saja atau dua kotak setiap harinya.

Selain enak, susu bermanfaat untuk tubuh kita, terutama bagi tulang. "Beberapa faktor yang membuat tulang kuat adalah genetik, aktivitas fisik, dan kalsium. Dan susu adalah sumber kalsium yang terbaik," ujar Frank Greer, M.D., dari American Academy of Pediatrics.

Susu mengenyangkan dan bisa membantu Moms melepaskan dahaga dan haus. Jadi Moms tidak perlu repot menyiapkan makanan dan minuman. Gampang, kan?

Baca Juga: 9 Tips Mempersiapkan Tubuh Agar Tak Kaget Saat Puasa


3. Biskuit

5 Makanan Praktis Jika Terpaksa Buka Puasa di Jalan

Biskuit juga merupakan salah satu cemilan yang dapat dengan mudah Moms beli di mana saja. Sudah pasti mengenyangkan, namun sebagai teman dari camilan ini, Moms harus menyiapkan air mineral atau teh.

Hal ini dikarenakan biskuit sangat kering, jadi bukan tidak mungkin akan membuat Moms merasa haus saat makan.


4. Kurma

macet5

Untuk buka puasa di jalan, Moms bisa membawa kurma. Buah ini memang menjadi buah yang khas di bulan Ramadhan dan selalu muncul begitu bulan puasa tiba.

Perlu Moms tahu, kurma mengandung berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi yang pastinya bermanfaat untuk kesehatan.

University of Maryland Medical Center merekomendasikan 20-35 gram serat per hari, dan satu porsi kurma bisa memberikan 7-13% serat yang dibutuhkan.

Selain itu, kandungan gula alaminya juga dapat diubah menjadi energi lebih cepat dari nutrisi lainnya. Moms harus menyediakan satu kotak atau lebih kurma di mobil, jika keluarga menyukainya, makan beberapa potong, untuk berbuka puasa di jalan.

Baca Juga: 4 Resep Minuman ala Kafe yang Bisa Dibuat di Rumah


5. Cokelat

macet4

Tahukah Moms jika cokelat dapat menaikkan mood seseorang? Yup, apalagi di tengah hiruk pikuk kemacetan, pasti kita akan jadi emosi dan kesal, ditamban lelah karena hanya bisa duduk dan tidur seharian.

Cokelat bisa menjadi penyelamat yang tepat. Mood Moms bisa membaik, perut juga kenyang.

Tapi Moms tidak bisa menyimpannya di mobil terlalu lama, karena akan membuatnya meleleh karena kepanasan. Jadi harus langsung dimakan ya Moms.

Moms itu dia beberapa makanan praktis yang bisa Moms coba kalau terpaksa buka puasa di jalan ya. Ingat Moms harus siap sedia selalu makanan atau cemilan. Selamat mudik Moms!

Artikel Terkait