TRIMESTER 1
17 September 2019

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Meski morning sickness kerap mendera, jangan sampai asupan nutrisi terabaikan!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Ketika pertama kali Moms tahu ada janin di dalam rahim, sebaiknya Moms mulai memperhatikan asupan yang dikonsumsi sehari-hari.

Ada banyak makanan sehat untuk ibu hamil muda yang dapat Moms masukan ke dalam daftar belanjaan.

Meski Moms termasuk yang mengalami morning sickness seperti kebanyakan ibu hamil muda pada umumnya, tapi jangan sampai makanan sehat untuk ibu hamil jadi terlewatkan, ya.

Pilih menu sehat yang Moms suka dan sekiranya tidak menyebabkan Moms mual.

Saat bulan-bulan awal kehamilan adalah masa yang krusial pada perkembangan janin. Otak dan sumsum tulang belakang Si Kecil mulai berkembang, termasuk organ utama seperti jantung. Jadi, Moms perlu memberinya nutrisi yang tepat.

"Nutrisi yang dibutuhkan selama trimester pertama untuk mendukung kehamilan yang sehat, meliputi kalsium (sekitar 1.200 mg / hari), folat (600-800 mcg / hari), dan zat besi (27 mg / hari). Peningkatan kebutuhan nutrisi ini biasanya dapat dipenuhi dari berbagai macam makanan sehat dan ditambah vitamin prenatal," ujar Crystal Karges, M.S, R.D.N, ahli Gizi dan Laktasi di San Diego, Amerika Serikat.

Baca Juga: Ternyata, Ini Pentingnya Mengetahui Masa Subur

Ya, selama masa trimester pertama ini, Moms membutuhkan makanan sehat dan seimbang. Jadi, nutrisi apa yang paling penting yang harus Moms dapatkan pada tahap ini?

Apa saja makanan sehat untuk ibu hamil muda yang dapat Moms terapkan? Yuk, simak di bawah ini, Moms!

1. Sayuran Hijau

makanan sehat untuk ibu hamil - sayuran hijau.jpg

Berbagai jenis sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, kale, dan lainnya tinggi kandungan serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat dan kalium.

Sayuran hijau juga kaya antioksidan yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, sayuran ini dapat membantu mencegah sembelit, yang merupakan masalah yang sangat umum pada wanita hamil.

Mengonsumsi sayuran hijau dipercaya menurunkan risiko berat badan lahir rendah pada bayi.

2. Telur

makanan sehat untuk ibu hamil - telur.jpg

Telur merupakan sumber kolin yang sangat penting bagi perkembangan otak dan kesehatan.

Asupan kolin yang rendah selama kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf dan mungkin menyebabkan penurunan fungsi otak pada janin.

"Karena sistem saraf bayi Anda mulai berkembang, penting juga untuk mendapatkan jumlah yang cukup dari asam kolin, B12, dan omega-3. Sumber nutrisi ini termasuk telur, salmon, dan kenari," ungkap Ingrid Anderson, R.D.N., pendiri Results Dietetics.

3. Salmon

makanan sehat untuk ibu hamil - salmon.jpg

Tidak diragukan lagi, ikan salmon termasuk makanan sehat untuk ibu hamil.

Salmon mengandung asam lemak omega-3 esensial EPA dan DHA, yang penting untuk perkembangan otak dan mata pada bayi yang sedang tumbuh. Salmon juga merupakan sumber alami vitamin D.

Baca Juga: Cacar Air saat Hamil Tua, Apakah Bisa Menular pada Bayi?

4. Daging Sapi

makanan sehat untuk ibu hamil - daging.jpg

Daging sapi adalah sumber protein berkualitas tinggi yang kaya akan zat besi, kolin dan vitamin B. Semuanya dibutuhkan dalam jumlah yang lebih tinggi selama kehamilan.

Wanita hamil membutuhkan lebih banyak zat besi karena volume darah mereka meningkat.

Kadar zat besi yang rendah selama awal dan pertengahan kehamilan dapat menyebabkan anemia kekurangan zat besi, yang meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat lahir rendah.

5. Alpukat

makanan sehat untuk ibu hamil - alpukat.jpg

Alpukat tinggi serat, vitamin B (terutama folat), vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin C.

Karena kandungan lemak sehat, folat, dan potasium yang tinggi, alpukat menjadi pilihan tepat bagi Moms yang sedang hamil.

Lemak yang sehat membantu membangun kulit, otak, dan jaringan janin. Sedangkan folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada Si Kecil.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Menu Diet Keto untuk Pemula

Selain lima makanan sehat di atas, masih ada lagi jenis makanan sehat untuk ibu hamil muda lain yang patut Moms konsumsi, antara lain kacang-kacangan, buah-buahan segar, seafood, sereal, dan lainnya.

Pastikan saja akanan yang Moms makan saat hamil telah matang sempurna untuk menghindari bakteri yang tidak baik bagi kehamilan.

Untuk mengantisipasi rasa mual yang Moms rasakan di trimester pertama, Moms dapat makan dalam porsi sedikit tapi dengan kuantitas yang lebih sering.

(DI/ERW)

Artikel Terkait