GAYA HIDUP
21 Mei 2020

5 Makanan Santan Saat Lebaran yang Menggugah Selera

Hidangan mana yang akan Moms buat?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Menjelang hari Idul Fitri, Moms tentu sudah tahu kalau ada beberapa makanan yang kerap disajikan. Salah satunya makanan santan saat Lebaran yang enak dan menggoda.

Baik itu Moms yang membuat sendiri hidangannya, atau diberikan oleh tetangga, kerabat, dan anggota keluarga lain, masakan santan ini dapat menambah suasana silaturahmi jadi lebih indah.

Lalu, apa saja ya makanan santan saat perayaan Lebaran yang biasanya disajikan? Berikut ini daftarnya.

Baca Juga: Agar THR Tak Habis Dalam Sekejap, Ini 5 Trik Hemat Menyambut Lebaran

Makanan Santan Saat Lebaran yang Enak

Beberapa hidangan tersebut mungkin pernah Moms hidangkan sebagai perayaan Idul Fitri. Masakan santan ini tidak hanya punya cita rasa yang lezat tetap juga gurih.

1. Opor Ayam

makanan santan saat lebaran-opor

Foto: instagram.com/dapurhangus

Moms tentu sudah sangat familiar dengan hidangan opor ayam. Nampaknya sebagian besar keluarga yang memasak hidangan Idul Fitri akan menyediakan opor ayam sebagai makanan santan saat Lebaran.

Terbuat dari santan dan rempah-rempah yang gurih, opor ayam tentunya cocok dihidangkan dengan potongan ketupat yang legit. Hidangan ini memang paling mantap bila disajikan selagi hangat.

2. Ketupat Sayur

makanan santan saat lebaran-ketupat sayur

Foto: instagram.com/yunitaanwar

Ketupat sayur juga menjadi salah satu masakan sayuran dari santan yang juga banyak disajikan saat Idul Fitri. Sesuai namanya, hidangan ini memiliki ragam jenis sayur seperti kacang panjang, nangka, dan labu siam.

Untuk menambahkan cita rasa yang semakin lezat, Moms bisa memasukkan beberapa potong daging sapi dan tempe pada hidangan ketupat sayur ini.

Baca Juga: 6 Hidangan Lebaran Khas Betawi yang Wajib Dicoba!

3. Rendang

makanan santan saat lebaran-rendang.jpeg

Foto: medium.com

Rendang tidak hanya menjadi masakan khas Minangkabau, tetapi menu lauk ini juga banyak disajikan sebagai makanan santan saat Lebaran. Rendang kaya akan rasa rempah, tak heran rasanya sulit menolak hidangan ini.

Masakan rendang dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang menggunakan santan sampai kuahnya kering. Proses ini bisa memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam).

4. Kari Ayam

makanan santan saat lebaran-kari ayam.png

Foto: nasikebulibangmoch.com

Kari ayam tidak hanya menggunakan bahan utama santan dan daging, tetapi juga memakai rempah-rempah yang menambah aroma sedap masakannya. kari ayam termasuk dalam makanan santan saat Lebaran yang tak kalah lezat.

Jika opor memiliki kuah yang encer, hidangan kari mempunyai konsistensi kuah yang sedikit lebih kental. Moms juga bisa membuat kari daging sapi atau kambing yang tak kalah enak.

Baca Juga: 4 Makanan Lebaran yang Cocok Dimakan Bersama Ketupat

5. Gulai Ayam

makanan santan saat lebaran-gulai ayam

Foto: instagram.com/taazcooking

Bila memasak rendang daging terlalu sulit, Moms bisa membuat hidangan santan alternatif saat Lebaran, yaitu gulai ayam. Hidangan ini mirip dengan kari, tetapi memiliki rasa yang lebih pedas.

Tidak hanya dengan ayam, Moms juga bisa membuat gulai daging jenis lain seperti daging kambing atau sapi. Pastikan dimasak dengan benar agar tidak tercium bau anyir daging, ya.

Nah, itu dia Moms, beberapa makanan santan yang biasanya disajikan saat Lebaran. Selamat menikmati!

Artikel Terkait