BALITA DAN ANAK
9 Agustus 2019

Bukan Hanya Susu, Ternyata Ini Juga Makanan Sumber Nutrisi Penting untuk Balita

Salmon merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk Si Kecil lho Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar anak mendapatkan 400 unit internasional (IU) vitamin D setiap hari.

Salah satu cara untuk memastikan anak-anak mendapat jatahnya adalah dengan membiarkannya mendapat sedikit sinar matahari, sebab kulit kita menghasilkan vitamin D saat terpapar sinar ultraviolet matahari.

Akan tetapi, sebelum Moms mengirim Si Kecil ke luar untuk berjemur selama berjam-jam, ketahuilah bahwa hanya beberapa menit paparan sinar matahari setiap hari yang akan berhasil.

Selain itu, kalsium, vitamin D, dan lemak semuanya bekerja bersama untuk membantu anak mencapai pertumbuhan otak yang optimal, memberikan tulang dan kulit yang sehat bagi balita dan banyak lagi.

Lemak membantu memproses vitamin D, yang merupakan vitamin yang larut dalam lemak, dan pada gilirannya, membantu tubuh menggunakan kalsium.

Susu menjadi salah satu makanan sumber nutrisi yang terbilang lengkap. Susu merupakan makanan sumber nutrisi seperti kalsium, vitamin D, dan lemak. Sayangnya, tidak semua balita bisa mengonsumsi susu.

Beberapa balita memang punya alergi terhadap susu. Beberapa lainnya mungkin memang tidak diberikan produk susu oleh keluarganya untuk alasan tertentu. Jika kondisinya seperti itu, bagaimana Si Kecil bisa mendapatkan nutrisi lengkap?

Untuk mendapatkan makanan sumber nutrisi seperti kalsium, vitamin D, dan lemak memang paling mudah dengan susu. Tapi bukan berarti tidak ada makanan sumber nutrisi lain yang bisa diberikan kepada Si Kecil.

Berikut ini ada beberapa makanan sumber nutrisi selain susu yang bisa Moms berikan kepada Si Kecil.

Baca Juga: Manfaat Makanan Sumber Asam Folat untuk Ibu Menyusui dan Bayi

1. Makanan Sumber Nutrisi Kalsium selain Susu

download (2).jpg

Anak membutuhkan 500 miligram kalsium per hari, adapun makanan non susu yang kaya akan kalsium meliputi:

  • Tahu
  • Ikan salmon
  • Sayuran berdaun hijau seperti sawi, lobak, kangkung, dan bayam
  • kacang polong
  • Brokoli
  • Susu almond atau mentega
  • Pepaya
  • Sereal yang diperkaya kalsium
  • Susu kedelai yang diperkaya kalsium
  • Jus jeruk yang diperkaya kalsium

Karena itu, periksa label pada makanan yang sudah akan dibeli dan pilih yang memiliki kadar kalsium lebih tinggi. Vitamin C membantu tubuh menyerap kalsium sehingga menggabungkan makanan yang kaya akan vitamin ini dengan makanan di atas dapat memberi anak dorongan kalsium.

Ingatlah, bahkan jika Si Kecil menghindar dari sayuran berdaun hijau, Moms selalu dapat memasukkan sedikit bayam atau kangkung ke dalam sup atau saus spageti beberapa menit sebelum disajikan.

Ini membuatnya jauh lebih enak dan anak-anak hampir tidak menyadari bahwa mereka makan sesuatu yang mereka tolak malam sebelumnya.

Baca Juga: Berikan 3 Makanan Ini Sebagai Sumber Lemak Sehat Bagi Bayi

2. Makanan Sumber Nutrisi Vitamin D selain Susu

2017-04-11-Pressure-Cooker-Hardboiled-Eggs-16.jpg

Pada 2008, American Academy of Pediatrics merevisi rekomendasinya untuk mengonsumsi vitamin D dari 200 IU menjadi 400 IU. Balita yang mendapat 2 cangkir susu sehari tidak akan mencapai angka ini. Butuh setidaknya 4 cangkir susu untuk mendapatkan jumlah yang dibutuhkan.

Namun, terlalu banyak susu dapat menyebabkan masalah dengan kekurangan zat besi dan obesitas. Jadi, bahkan jika balita meminum susu, balita juga bisa mendapatkan tambahan vitamin D dari makanan atau suplemen makanan lainnya.

Ada beberapa makanan non-susu yang ternyata punya kandungan vitamin D tinggi. Berikut daftarnya.

  • Salmon, tuna, cod, mackerel, lele, dan ikan berlemak lainnya
  • Udang
  • Telur
  • Susu kedelai, beras atau kacang almond yang diperkaya dengan vitamin D
  • Sereal yang diperkaya dengan vitamin D
  • Juga, pastikan anak mendapatkan paparan sinar matahari sekitar 5-30 menit per minggu sehingga tubuhnya dapat membuat vitamin D.

3. Makanan Sumber Nutrisi Lemak selain Susu

iStock-854389420-tashka2000-featured-Recovered.jpg

USDA merekomendasikan agar balita mendapat 30-35 persen kalori harian dari lemak. Ketika orang tua mempertimbangkan bahwa diet balita harus terdiri dari 1.000-1.500 kalori per hari, mudah untuk melihat bagaimana 2 cangkir susu murni (dengan 144 kalori dari lemak) memasok hampir setengah dari kebutuhan itu.

Lemak diperlukan untuk pertumbuhan sel, energi, dan pemprosesan vitamin yang larut dalam lemak. Jika tidak mendapatkan lemak dari susu, masih ada beberapa makanan sumber lemak yang bisa Moms berikan pada Si Kecil. Berikut daftarnya.

  • Selai kacang atau mentega kacang lainnya
  • Alpukat
  • Minyak zaitun
  • Minyak canola
  • Zaitunpa, yang dipastikan tidak diberikan utuh untuk mencegah tersedak
  • Biji rami ditumbuk

Baca Juga: Ketahui Perbedaan dan Manfaat Omega-3, 6, dan 9, Ini Sumber Makanannya

Itulah beberapa makanan sumber nutrisi selain susu yang bisa Moms berikan kepada Si Kecil. Beberapa makanan terbukti merupakan pilihan yang lebih baik daripada yang lain. Mentega almond, misalnya, kaya akan lemak dan kalsium. Salmon kaya akan vitamin D, kalsium dan memiliki lemak yang lebih sehat.

Saat memilih makanan, cari varietas yang paling padat nutrisi sehingga anak tidak mendapatkan terlalu banyak kalori. Selamat mencoba Moms!

Artikel Terkait