TRIMESTER 1
15 Maret 2020

4 Makanan Sumber Zat Besi untuk Ibu Hamil

Zat besi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Berbicara tentang zat besi, pasti Moms langsung mengingat tentang kalsium dan manfaatnya untuk tulang. Ya, zat besi dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

Hal yang sama juga dibutuhkan oleh ibu hamil, di mana kebutuhan kalsiumnya menjadi ganda untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan anemia defisiensi besi dan ini berbahaya untuk Si Kecil dan kesehatan Moms.

Zat besi bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan dan minuman yang ibu hamil konsumsi. Jika perlu, suplemen zat besi juga dapat ditambahkan.

Baca Juga: Seberapa Penting Zat Besi untuk Ibu Hamil?

Makanan Sumber Zat Besi untuk Bumil

4 Makanan Sumber Zat Besi untuk Ibu Hamil-3.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Menurut Dr. Melissa Goist, asisten profesor klinis dari Ohio State University, sebagian besar wanita yang memiliki cadangan zat besi yang cukup dan mengonsumsi makanan dengan asupan zat besi yang optimal, tidak membutuhkan suplemen tambahan.

Untuk itu, sebaiknya cukupkan kebutuhan zat besi Moms saat hamil dengan beberapa jenis makanan ini:

  1. Sayuran berdaun hijau mengandung zat besi yang tinggi, seperti bayam, kale, sawi, dan brokoli.
  2. Makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, stroberi, kiwi, melon, tomat, dan paprika dapat membantu penyerapan zat besi.
  3. Zat besi non-heme bisa ditemukan dalam kacang-kacangan, tahu, sayuran, buah-buahan kering, telur, dan biji-bijian.
  4. Zat besi heme bisa berasal dari sumber hewani, seperti daging merah, ikan, dan unggas.

Zat besi heme menyumbang proporsi zat besi lebih kecil dibandingkan non-heme.

Namun, sebenarnya persentase zat besi jauh lebih besar yang mampu diserap.

Jadi, lebih baik seimbangkan keduanya agar asupan zat besi Moms saat hamil dapat tercukupi dengan optimal.

Hindari mengonsumsi kafein bersamaan dengan makan, karena produk kafein mengandung fenol yang dapat mengganggu penyerapan zat besi.

Baca Juga: Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat, Berbahaya Bagi Janin!

Kebutuhan Zat Besi untuk Kehamilan

4 Makanan Sumber Zat Besi untuk Ibu Hamil-1.jpg

Foto: 30seconds.com

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengungkapkan, ibu hamil membutuhkan dosis standar 60 mg zat besi setiap harinya.

Jika belum cukup, maka Moms membutuhkan suplemen zat besi atau tingkatkan dosis hingga 12 mg besi selama kehamilan hingga melahirkan.

Totalnya, rata-rata ibu hamil selama kehamilan membutuhkan 1000 mg zat besi.

Perlu Moms ketahui, nantinya sampai melahirkan, Moms bisa kehilangan zat besi sejumlah 840 mg. Untuk itu, asupan zat besi selama kehamilan sangat dibutuhkan.

Namun, dosis untuk seberapa banyak suplemen zat besi yang Moms butuhkan saat hamil sebaiknya langsung bertanya pada dokter kandungan.

Nyatanya, setiap ibu hamil membutuhkan dosis suplemen yang berbeda-beda.

Menurut American Pregnancy Association, selama hamil, jantung Moms bekerja lebih keras untuk memberikan makanan yang cukup bagi janin.

Tubuh meningkatkan volume darahnya hingga 30-50 persen. Untuk itu, ibu hamil perlu meningkatkan asupan asam folat dan zat besi.

Baca Juga: 4 Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil, Wajib Tahu!

Manfaat Zat Besi untuk Kehamilan

4 Makanan Sumber Zat Besi untuk Ibu Hamil-2.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Lantas, apa sebenarnya manfaat zat besi untuk kehamilan? Fungsi utamanya untuk membentuk hemoglobin dan mengoptimalkan perkembangan serta pertumbuhan janin dalam kandungan.

Terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan, Moms membutuhkan zat besi lebih ekstra.

Selain itu, manfaat zat besi untuk Moms dilakukan untuk melawan komplikasi selama kehamilan, seperti salah satunya anemia defisiensi besi.

“Kekurangan zat besi dapat membahayakan kondisi bayi dan ibunya. Gejala ringan bisa sebabkan kelelahan dan pusing. Namun, bisa juga berakibat fatal seperti kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah, hingga kematian bayi,” ungkap Dr. Melissa.

Artikel Terkait