BAYI
10 Juni 2020

8 Makanan untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak setelah Disapih, Sudah Tahu?

Makanan-makanan ini akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi setelah disapih
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Masa menyapih pada setiap bayi berbeda-beda, tergantung masalah dan kesiapan yang dimiliki oleh ibu dan bayi. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan menyusui sebagai satu-satunya sumber nutrisi untuk bayi Anda selama sekitar 6 bulan.

Moms dapat terus menyusui setelah 12 bulan jika Moms dan bayi menginginkannya.

Ketika Moms merasa siap untuk berhenti menyusui, akan ada masa transisi untuk Moms dan Si Kecil. Untuk membuat proses ini sedikit lebih lancar, Moms bisa mulai memperkenalkan makanan yang akan membantu untuk menyapih bayi.

Makanan untuk menyapih anak ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Kecil, membuatnya bersemangat saat makan, dan sangat membantu saat bayi benar-benar terlepas dari ketergantungannya terhadap ASI.

"Ketika bayi berusia 12 bulan, kebutuhan nutrisi mereka berubah dari cairan menjadi padat," kata Whitney Casares M.D. seorang dokter anak.

Penting untuk diingat bahwa menyapih bukanlah proses yang instan. "Menyapih harus menjadi transisi, menghilangkan proses menyusui yang biasa dilakukan setiap hari, dan proses penyapihan beberapa hari akan membantu bayi menyesuaikan diri," kata Anita Mirchandani, M.S., R.D., C.D.N., seorang ahli gizi bersertifikat.

Baca Juga: 5 Cara Menyapih Anak Menurut Islam, Moms Wajib Tahu!

Makanan untuk Kebutuhan Nutrisi Anak setelah Disapih

Mengenai makanan apa yang diberikan untuk membantu saat menyapih bayi, Whitney menganjurkan untuk memberi beragam makanan padat. Ini akan membantu bayi merasakan tekstur makanan yang berbeda, juga mendorong penambahan berat badan yang sehat.

"Hindari makanan yang mengandung banyak gula atau sangat diproses," katanya.

Berikut beberapa makan yang bisa diberikan untuk membantu proses menyapih pada bayi:

1. Avokad

8 Makanan Ini Akan Membantu Moms Saat Menyapih Bayi -1.jpg

Foto: Bbcgoodfood.com

Makanan untuk anak setelah disapih yang pertama adalah avokad. Avokad adalah sumber lemak sehat yang baik. Karena memiliki tekstur yang lunak, alpukat mudah dihancurkan untuk bayi yang berusia 6 bulan.

Whitney merekomendasikan alpukat sebagai makanan pertama bayi.

2. Karbohidrat

8 Makanan Ini Akan Membantu Moms Saat Menyapih Bayi -2.jpg

Foto: Reciperunner.com

Makanan untuk anak setelah disapih yang selanjutnya adalah karbohodrat. Memperkenalkan karbohidrat kepada bayi membutuhkan sedikit usaha, karena harus dimasak dahulu sebelum menjadi lunak atau hancur. Jika Moms siap untuk tugas itu, butternut squash, labu, dan kentang bisa menjadi pilihan.

“Tunggu sampai bayi Anda berusia 9 bulan untuk kentang yang dihancurkan, dan usia 6 bulan adalah waktu yang tepat untuk mulai memberi bayi butternut squash dan labu,” kata Anita.

3. Buah Lembut

8 Makanan Ini Akan Membantu Moms Saat Menyapih Bayi -3.png

Foto: Naturalbenefits.org

Makanan untuk anak setelah disapih yang selanjutnya adalah buah lembut. Buah-buahan manis dan lezat bisa menjadi pilihan makanan untuk membantu saat menyapih bayi. Ini akan membut bayi bersemangat untuk makan makanan padat.

Moms bisa mencoba memotong kecil-kecil buah seperti apel dan pir. Setelah itu, Moms bisa memberikan buah pisang utuh untk Si Kecil.

4. Yogurt

8 Makanan Ini Akan Membantu Moms Saat Menyapih Bayi -4.jpg

Foto: Kingdomofbaby.com

Makanan untuk anak setelah disapih yang selanjutnya adalah yigurt. Yogurt kemungkinan akan menjadi makanan yang disukai oleh bayi saar Moms akan menyapihnya. Cobalah untuk memperkenalkan susu murni dan yogurt tanpa pemanis, karena banyak yogurt yang telah ditambahkan gula jadi periksa dulu.

Saat bayi mulai terbiasa, Moms bisa menambahkan beberapa buah juga.

Baca Juga: Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Menyapih Anak

5. Sereal Tambah Susu

8 Makanan Ini Akan Membantu Moms Saat Menyapih Bayi -5.jpg

Foto: Theleangreenbean.com

Makanan untuk anak setelah disapih yang selanjutnya adalah sereal dan susu. “Sereal gandum adalah pilihan yang baik atau sereal gandum campuran adalah makanan awal yang bagus untuk bayi. Lebih baik lagi jika Anda mencampurnya dengan ASI untuk membantu proses penyapihan,” kata Anita.

Moms bisa mulai memompa ASI dan memindahkannya ke botol. Stok ASI ini bisa digunakan sebagai tambahan makanan untuk bayi dan sangat membantu penyapihan.

6. Protein

8 Makanan Ini Akan Membantu Moms Saat Menyapih Bayi -6.jpg

Foto: Bigoven.com

Makanan untuk anak setelah disapih yang selanjutnya adalah protein. Jika Moms ingin memberi bayi sedikit protein tambahan, Moms bisa memberikan kuning telur yang sudah matang seperti telur dadar untuk bayi. AAP mengatakan bahwa Moms dapat memperkenalkan Si Kecil kepada makanan alergen pada usia 6 bulan.

“Tunggulah hingga bayi berusia 9 bulan untuk telur orak-arik, sehingga Anda tahu bayi Anda dapat mengunyahnya dengan aman,” kata Whitney.

7. Sayuran

8 Makanan Ini Akan Membantu Moms Saat Menyapih Bayi -7.jpg

Foto: Bowlofdelicious.com

Makanan untuk anak setelah disapih yang selanjutnya adalah sayuran. Pada usia sekitar 6 bulan, Anita menyarankan untuk memperkenalkan pure sayuran pada bayi. Saat bayi menunjukkan kesiapan dan bisa makan lebih banyak makanan padat, Whitney menyarankan sayuran tumbuk dan kukus seperti brokoli, kacang hijau, dan wortel.

Pastikan Moms mencuci sayuran dengan seksama dan memilih sayuran organik sebagai pengganti sayuran biasa karena bebas dari bahan kimia dan pestisida beracun.

8. Lemak Omega-3

8 Makanan Ini Akan Membantu Moms Saat Menyapih Bayi -8.jpg

Foto: Nypost.com

Makanan untuk anak setelah disapih yang selanjutnya adalah lemak omega-3. Mengingat manfaatnya yang banyak, memberikan makanan yang mengandung lemak omega-3 kepada bayi saat menyapih juga bisa dilakukan.

"Ikan berlemak seperti salmon adalah sumber kaya lemak omega-3, yang penting untuk perkembangan otak. Karena ini cenderung menjadi makanan yang lebih kompleks, tunggulah sampai bayi berusia setidaknya 10 bulan sebelum memasukkan ini ke dalam makanannya,” jelas Anita.

Baca Juga: 8 Cara Menidurkan Anak setelah Disapih

Dengan menambahkan makanan untuk menyapih bayi, semoga proses menyapih berjalan dengan lancar ya.

Artikel Terkait