KEHAMILAN
9 Agustus 2020

7 Makanan untuk Detoks pada Ibu Hamil, Moms Perlu Tahu

Moms harus memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi
placeholder

Foto: https://mamatotoretreat.com/

placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Kehamilan bukan tentang kesehatan Moms saja, namun juga kesehatan Moms dan janin.

Mulailah dari memerhatikan asupan makanan yang Moms konsumsi dan mulailah diet dari makanan-makanan yang kurang bergizi dan tidak baik bagi kesehatan.

Bahkan jika Moms biasanya makan makanan yang cukup sehat, kehamilan membutuhkan beberapa penyesuaian.

Moms membutuhkan nutrisi tambahan untuk memenuhi tuntutan tubuh yang sedang berubah dan bayi yang sedang tumbuh.

Inilah sebabnya Moms harus menghindari makanan yang kurang bergizi dan tidak baik bagi kesehatan.

Baca Juga: Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan bagi Moms yang Ingin Detoks saat Hamil

Makanan untuk Detoks Ibu Hamil

Ini tidak berarti Moms harus membuat perencanaan pola diet ketat, kita hanya perlu menghindari makanan yang dirasa memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan selama masa kehamilan.

Seperti yang dilansir dari laman Parents, makanan yang diproses secara minimal dan mengandung sedikit atau tanpa aditif, pengawet, pestisida, hormon, atau bahan kimia lainnya, maka perlu untuk Moms hindari.

Dawn Jackson Blatner, RD, LD, juru bicara media nasional American Dietetic Association di Chicago pun menjelaskan, bahwa ketika kita makan makanan yang tidak tercemar, maka kita akan mendapatkan 100 persen nutrisi makanan.

Berbicara mengenai pemilihan makanan, dibandingkan diet ketat, alangkah lebih baiknya Moms menjalani detoks dengan memilih makanan yang tepat.

Berikut enam pedoman yang diadaptasi dari The Whole Pregnancy Handbook oleh Joel M. Evans, M.D., dan Robin Aronson, akan membantu Moms memilih makanan untuk detoks ibu hamil.

Baca Juga: 8 Manfaat Apel untuk Ibu Hamil; Cegah Cacat Lahir hingga Detoksifikasi

1. Perbanyak Beras Merah, Pasta dan Roti Gandum

makanan untuk detoks ibu hamil.jpg

Foto: wkms.org

Ketika gandum utuh diproses, serat dan fitokimia berharga yang dilucuti akan meningkatkan kekebalan dan membantu mencegah penyakit.

Biji-bijian utuh adalah karbohidrat yang baik, terutama untuk wanita hamil.

Serat yang mereka berikan menopang energi Moms lebih lama dari biji-bijian olahan dan membantu mencegah sembelit, masalah umum selama kehamilan.

Baca Juga: 8 Manfaat Apel untuk Ibu Hamil; Cegah Cacat Lahir hingga Detoksifikasi

2. Konsumsi Buah dan Sayuran Organik

Perbanyak Buah dan Sayur Organik untuk Detoks Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Ted Schettler, MD, MPH, direktur sains dari Science and Health Health Network dan penulis bersama In Harm's Way: Toxic Threats to Child (Dokter Umum Boston untuk Tanggung Jawab Sosial, 2000), ia mengatakan bahwa, di sisi lain, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika kita makan makanan organik, maka kadar pestisida dalam darah kita memiliki tingkat yang lebih rendah.

Selain itu, menghindari pestisida neurotoksik jelas merupakan hal yang baik untuk otak janin yang sedang tumbuh.

Jika Moms tidak dapat menemukan atau membeli makanan organik, pastikan mencuci produk dengan baik.

Buah dan sayuran mengandung nutrisi penting untuk perkembangan janin yang tepat, seperti kalsium, serat dan zat besi, untuk beberapa nama; setiap warna menawarkan nutrisi yang berbeda dan sifat pelindung.

Semakin dalam warnanya, semakin banyak nutrisi yang Moms dapatkan.

Misalnya, ubi dan persik kuning memberikan lebih banyak karotenoid - kelas fitokimia yang sangat penting untuk perkembangan janin - daripada persik putih atau kentang.

Selada romaine hijau tua memiliki lebih banyak vitamin C dan folat (yang melindungi terhadap cacat tabung saraf seperti spina bifida).

Baca Juga: Coba Praktekkan 5 Cara Simpel Ini Untuk Mendetoks Rumah

3. Batasi Makanan yang Tinggi Garam

makanan untuk detoks ibu hamil 2.jpg

Foto: unitypoint.org

Bagi beberapa wanita, asupan natrium yang tinggi dapat menyebabkan potensi komplikasi kehamilan, seperti tekanan darah tinggi.

Makanan berkadar garam tinggi, pada umumnya, adalah makanan yang sangat diproses: sup kalengan, makan malam beku dan hidangan biji-bijian dalam kotak.

Makanan olahan umumnya mengandung bahan-bahan yang tidak kita inginkan. Lemak, gula, garam, dan kalori lebih rendah nutrisi dan vitamin penting.

Baca Juga: Selain Makanan, Ini 5 Detoks yang Perlu Dilakukan Demi Kesehatan

4. Hindari Makanan yang Dibuat dengan Bahan Tambahan Kimia

Meskipun sebagian besar bahan tambahan makanan kimia (seperti warna buatan, rasa dan gula halus) diyakini aman untuk perkembangan janin, mengapa mengambil risiko?

Makanan yang dibuat dengan bahan kimia biasanya bukan pilihan kita yang paling bergizi atau sehat.

Pemanis buatan, misalnya, disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), tetapi beberapa pakar nutrisi menyarankan ibu hamil untuk menghindarinya.

Mereka percaya tidak hanya zat kimia tambahan tidak aman untuk janin begitu mereka melewati plasenta, tetapi mereka juga dapat menyebabkan masalah perut, migrain dan insomnia pada orang dewasa (hamil atau tidak).

Baca Juga:

5. Makan Daging dan Unggas Bebas Hormon

makanan untuk detoks ibu hamil 3.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Protein adalah bahan pembangun segala sesuatu dalam tubuh, mulai dari DNA hingga neurotransmitter (bahan kimia otak) hingga otot selama kehamilan.

Moms membutuhkan beragam makanan kaya protein. Salah satu sumber yang baik adalah daging dan unggas bebas hormon.

Moms juga bisa mendapatkan protein dari kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan dan produk kedelai.

Jika Moms tidak makan daging merah, salah satu sumber zat besi terbaik, pastikan untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi lainnya, seperti sereal yang diperkaya zat besi, aprikot dan ara kering, molase blackstrap, dan quinoa.

6. Hindari Ikan yang Mengandung Merkuri

Ikan mengandung asam lemak omega-3, nutrisi penting bagi jantung ibu dan bayi serta kesehatan kekebalan tubuh dan perkembangan otak bayi.

Tetapi banyak ikan yang terkontaminasi merkuri, senyawa industri beracun (seperti PCB) dan pestisida, zat yang dapat menyebabkan masalah mulai dari kerusakan otak dan sistem saraf hingga kanker.

Pilihan ikan yang aman untuk wanita hamil termasuk ikan trout atau ikan lele dan salmon Alaska liar dan halibut.

Jika Moms tidak makan ikan, maka bisa mendapatkan omega-3 dari kacang kenari dan biji rami; taburi dengan sereal atau yogurt.

7. Penuhi Asupan Cairan

makanan untuk detoks ibu hamil 4.jpg

Foto: mamatotoretreat.com

Wanita hamil harus minum 3 liter air sehari (setara dengan sekitar 13 8 ons gelas), menurut The Institute of Medicine of the National Academies, a Washington, D.C, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Washington, DC yang memberikan saran berbasis ilmu pengetahuan tentang kesehatan dan lainnya. topik.

Tapi apakah penting dari mana air itu berasal?

The Natural Resources Defense Council, organisasi aksi lingkungan nirlaba, menyatakan tidak ada jaminan bahwa air kemasan lebih bersih daripada keran.

Untuk menyelidiki apa yang ada di air keran di daerah, hubungi departemen kesehatan setempat. Untuk memeriksa kemurnian merek air minum dalam kemasan tertentu.

Hal yang paling penting adalah Moms lebih memilih air daripada minuman lain.

Meskipun jus dapat menjadi sumber asam folat yang sangat baik, tetapi jus juga tinggi gula dan sebagian besar tidak mengandung serat.

Saat Moms minum jus, hindari yang dimaniskan dengan gula atau sirup jagung fruktosa tinggi (kalori kosong); pilih jus buah 100 persen sebagai gantinya.

Artikel Terkait