TRIMESTER 3
30 Juli 2020

10 Makanan Ibu Hamil 7 Bulan yang Dianjurkan dan Pantangannya, Wajib Tahu!

Makanan kaya magnesium bisa mencegah kelahiran prematur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, Anda sedang berada di kehamilan 7 bulan yang berarti masuk trimester ketiga. Moms pasti sangat gembira menyambut Si Kecil dalam kandungan pun semakin besar.

Tapi, guna memastikan perkembangan kehamilan yang baik, Moms pun harus mempertahankan cara makan yang sehat.

Moms perlu menyusun pola makan dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi pada tahap ini dan juga memeriksa berat badan. Menurut artikel Academy of Nutrition and Dietetics, ibu hamil 7 bulan direkomendasikan untuk menyerap kalori tambahan sekitar 450-500 dalam sehari.

Anjuran dan Pantangan Makanan Ibu Hamil 7 Bulan

Lalu, untuk kalori tambahan harus berasal dari makanan yang padat nutrisi dan hindari kalori ekstra yang tidak dibutuhkan seperti makanan tinggi lemak juga tambahan gula.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya berikut ini makanan untuk ibu hamil 7 bulan.

Baca Juga: 5 Pantangan Makanan di Awal Kehamilan, Bisa Berbahaya!

1. Makanan Kaya Zat Besi

Ilustrasi makanan zat besi

Foto: Orami Photo Stock

Makanan untuk ibu hamil 7 bulan yang pertama adalah makanan kaya zat besi. Selama trimester ketiga, Moms membutuhkan zat besi tambahan penting untuk menghindari anemia dan perdarahan saat melahirkan.

Menurut artikel keluaran American Society for Clinical Nutrition, ibu hamil 7 bulan membutuhkan sekitar 27 mg zat besi setiap hari.

Dapatkan dosis zat besi dan protein yang diperlukan dari makanan seperti daging merah, kacang-kacangan, unggas, biji-bijian, dan beras. Asam amino yang Moms dapatkan dari protein akan membantu pertumbuhan cepat Si Kecil dalam kandungan.

2. Makanan Kaya akan Kalsium

Makanan yang mengandung kalsium

Foto: Orami Photo Stock

Makanan untuk ibu hamil 7 bulan yang selanjutnya adalah makanan kaya kalsium. Kalsium penting selama kehamilan. Kalsium paling dibutuhkan selama trimester ketiga karena pada trimester ini kerangka bayi akan mengalami pembentukan yang signifikan.

Para ahli merekomendasikan minimal 1.000 mg kalsium sebagai asupan harian. Produk susu seperti susu, yogurt, dan makanan seperti oatmeal dan salmon adalah sumber makanan kaya kalsium.

3. Makanan Kaya Magnesium

Makanan yang mengandung magnesium

Foto: Orami Photo Stock

Makanan untuk ibu hamil 7 bulan yang selanjutnya adalah makanan kaya magnesium. Seiring dengan kalsium, dilansir dari Parenting.firstcry, Moms juga akan membutuhkan magnesium dalam jumlah yang proporsional untuk mengasimilasi kalsium.

Magnesium akan membantu mengurangi kram kaki, mengendurkan otot dan juga mencegah kelahiran prematur. Untuk setiap 1000 gram kalsium, Moms membutuhkan 400 mg magnesium.

Nah, Moms bisa mencoba kacang hitam, oat bran, barley, artichoke, almond dan biji labu yang merupakan sumber makanan kaya akan magnesium.

Baca Juga: 6 Manfaat Magnesium untuk Ibu Hamil, Bumil Wajib Tahu!

4. Makanan Kaya DHA

DHA

Foto: Orami Photo Stock

Makanan untuk ibu hamil 7 bulan yang selanjutnya adalah makanan kaya DHA. Asam lemak DHA sangat penting jika Moms menginginkan anak dengan perkembangan otak dan otot yang baik. Asupan harian 200 mg direkomendasikan untuk perkembangan otak bayi.

Minyak ikan, ikan berlemak seperti tuna, kenari, dan biji rami adalah beberapa makanan yang mengandung DHA. Jadi, pastikan konsumsi makanan-makanan ini ya Moms!

5. Asam folat

Makanan yang mengandung asam folat

Foto: Orami Photo Stock

Makanan untuk ibu hamil 7 bulan yang selanjutnya adalah makanan kaya asam folat. Jurnal MedReviews mengungkapkan ibu hamil wajib mengonsumsi asam folat baik sebelum maupun selama kehamilan. Sementara itu, selama trimester ketiga, asam folat membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf bayi Anda.

Moms dapat menemukan asam folat dalam makanan yang mengandung biji-bijian seperti oatmeal, collard atau sayuran berdaun gelap dan buah-buahan seperti stroberi dan jeruk. Moms harus mendapatkan sekitar 600-800 mg setiap hari.

Moms, kekurangan asam folat bisa berbahaya untuk Moms dan janin lho. Studi The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan kekurangan asam folat saat hamil dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah, dan retardasi pertumbuhan janin.

Selain itu, kekurangan asam folat bisa mengakibatkan komplikasi saat hamil seperti solusio plasenta dan preeklampsia.

Baca Juga: 5 Ciri Kekurangan Asam Folat Saat Hamil, Waspada!

6. Makanan Kaya Serat

1-makanantinggiserat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Makanan untuk ibu hamil 7 bulan yang selanjutnya adalah makanan kaya serat. Untuk mencegah sembelit yang merupakan salah satu gejala umum trimester ketiga, Moms harus mengonsumsi banyak makanan kaya serat.

Moms harus memasukkan sayuran, buah-buahan (segar dan kering), kacang-kacangan dan biji-bijian utuh dalam makanan Moms.

Jangan lupa bahwa air di saluran pencernaan cepat diserap oleh serat, jadi minumlah banyak air dan cairan lain untuk mengisi kembali tubuh Anda.

7. Makanan Kaya Vitamin C

Makanan kaya akan vitamin c

Foto: Orami Photo Stock

Makanan untuk ibu hamil 7 bulan yang selanjutnya adalah makanan kaya vitamin C. Untuk memastikan zat besi yang dikonsumsi terserap dengan baik di dalam tubuh, Moms harus mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C.

Sumber kaya vitamin ini termasuk buah jeruk seperti melon, lemon, dan jeruk, serta paprika hijau dan brokoli.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Saat Hamil 9 Bulan

8. Makanan Tinggi Lemak dan Pedas

pantangan makanan ibu hamil 7 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Lalu, apa saja pantangan makanan untuk hamil 7 bulan? Makanan tinggi lemak dan pedas salah satunya.

Makanan pantangan untuk ibu hamil 7 bulan yang pertama adalah makanan tinggi lemak dan pedas. Untuk memastikan tidak mengalami sakit perut dan mulas, Moms harus menjauhi makanan yang digoreng dengan kandungan lemak tinggi.

Moms juga harus menghindari makanan pedas karena mereka juga berkontribusi terhadap mulas.

9. Makanan Sodium

pantangan makanan ibu hamil 7 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Makanan pantangan untuk ibu hamil 7 bulan yang selanjutnya adalah makanan mengandung sodium. Kembung dan bengkak dapat dicegah dengan minum banyak cairan. Anda harus selalu minum banyak air.

Mengurangi asupan natrium juga penting, jadi jauhkan dari makanan yang mengandung banyak garam seperti keripik, saus tomat, makanan kaleng, acar dan saus.

10. Junk Foods

5 Pantangan Makanan di Awal Kehamilan, Bisa Berbahaya!.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Makanan pantangan untuk ibu hamil 7 bulan yang selanjutnya adalah junk food. Sesekali Moms tidak apa untuk mengidam junk food. Tapi, ada baiknya tidak berlebihan. Karena kebanyakan junk food tidak memiliki nilai gizi.

Yang terbaik adalah membuat makanan ringan rumahan yang sehat seperti stik wortel, roti isi dengan roti gandum dan lainnya.

Baca Juga: 4 Penyebab Ibu Hamil Sulit Tidur di Trimester Ketiga

Itulah beberapa makanan untuk ibu hamil 7 bulan dan pantangannya. Makan makanan yang seimbang dan sehat adalah bagian penting dari kehamilan, karena tidak hanya memberi Moms kekuatan dan nutrisi, makanan-makanan itu juga bermanfaat bagi bayi dalam kandungan.

Tak lupa, Moms pun harus menyeimbangkan dengan olahraga yang sesuai dengan usia kehamilan dan usahakan untuk terus berbincang dengan dokter untuk makanan yang akan dikonsumsi.

Sehat selalu ya Moms!

Artikel Terkait