KESEHATAN
19 Juni 2019

Makanan untuk Kulit Berminyak, Apa yang Harus Dimakan dan Dihindari?

Coba dihindari dan coba dikonsumsi ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Intan Aprilia

Jangan anggap sepele bagi Moms yang mempunyai jenis kulit berminyak. Sebagian besar kulit wajah yang berminyak akan mengakibatkan jerawat dan komedo. Apalagi jika Moms tidak peduli dan tidak melakukan perawatan kulit berminyak yang benar.

Perawatan kulit berminyak tidak hanya dari luarnya saja, lho. Walaupun sudah melakukan treatment wajah yang mahal sekalipun, kalau asupan makan Moms tidak dijaga tetap saja bisa terus bermasalah.

Pemilihan makanan bagi Moms pemilik kulit berminyak sangatlah penting karena makanan yang dikonsumsi berperan besar dalam mengontrol produksi sebum pada kulit.

Lalu apa saja makanan yang baik dikonsumsi bagi pemilik kulit berminyak dan makanan apa saja yang harus Moms hindari. Simak penjelasan di bawah ini:

Baca Juga: 4 Buah yang Cocok Sebagai Masker untuk Kulit Berminyak

Makanan untuk Kulit Berminyak, Apa yang Harus Dikonsumsi?

kulit berminyak

Foto: healthline.com

Berikut ini adalah makanan untuk kulit berminyak yang baik untuk dikonsumsi:

1. Bayam

Mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli, dapat membantu membersihkan lapisan kulit serta mampu mengendalikan produksi minyak pada wajah.

2. Dark Chocolate

Cokelat hitam tidak hanya lezat, tetapi juga mempunyai manfaat baik untuk mencegah peradangan jerawat dengan cara mengendalikan produksi minyak pada kulit dengan bantuan antioksidan.

Pada penelitian oleh Journal of Cosmetic Dermatology di 2009, ditemukan bahwa dark chocolate juga dapat melindungi efek berbahaya dari sinar UV, seperti keriput, garis halus, dan noda hitam.

3. Pisang

Mengonsumsi pisang yang mengandung fosfat, potasium, dan vitamin E setiap hari dapat membantu mengatur pori-pori untuk mencegah masuknya kotoran yang menyebabkan penumpukan minyak.

4. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C dan komponen detoksifikasi yang mampu menghilangkan minyak berlebih pada kulit wajah.

5. Mentimun

Buah yang satu ini mengandung air yang cukup banyak. Ini berguna untuk membuat kulit wajah Moms tetap terhidrasi dengan efek dingin bersama kandungan antioksidannya.

Baca Juga: 5 Tips Makeup untuk Kulit Berminyak Agar Bebas Kilap

Makanan untuk Kulit Berminyak, Apa yang Harus Dihindari?

kulit berminyak

Foto: metro.co.uk

Setelah Moms tahu makanan apa saja yang baik dikonsumsi pemilik wajah berminyak, kini Moms juga harus tahu makanan apa saja yang harus dihindari.

1. Gula

Studi menemukan fakta bahwa orang yang sering mengonsumsi gula memiliki tambahan risiko 30% lebih besar terkena jerawat pada kulit berminyak.

Hal ini disebabkan gula akan diserap tubuh yang sekaligus menaikkan insulin, di mana kita tahu insulin tidak baik untuk pemilik kulit berminyak.

2. Susu

Susu diketahui akan meningkatkan kadar insulin yang dapat memperburuk kondisi wajah yang berminyak lho Moms. Apalagi susu sapi mengandung asam amino yang akan merangsang hati untuk menghasilkan lebih banyak insulin.

3. Makanan Cepat Saji

Fast food mengandung kalori, lemak, dan karbohidrat olahan yang dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat, apalagi ketika kondisi wajah Moms berminyak.

"Makanan tinggi gula seperti soda, permen, dan makanan cepat saji yakni burger, kentang goreng, dan pizza tidak baik untuk kulit. Milkshake dan es krim juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat dan kulit berminyak," ujar Zoe Dent, ahli nutrisi dari Find Your Glow, dilansir dari Vogue.

Baca Juga: 10 Langkah Perawatan Wajah Untuk Si Kulit Berminyak

4. Lemak Omega-6

Jagung dan minyak kedelai adalah jenis makanan dengan kandungan omega-6 tinggi. Jika asupan omega-6 tidak dibarengi dengan asupan makanan dengan kandungan omega-3 seperti ikan dan kacang kenari juga dapat menyebabkan kulit berminyak menjadi berjerawat.

5. Whey Protein

Kandungan whey protein bisa Moms temui pada produk suplemen diet protein yang populer di kalangan olahragawan. Whey protein dapat memicu tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak lho Moms.

Nah, itu dia makanan untuk kulit berminyak yang baik dikonsumsi dan makanan yang sebaiknya dihindari. Apakah Moms ada yang punya pengalaman tentang kulit berminyak?

Artikel Terkait