KESEHATAN
26 April 2020

4 Makanan untuk Membersihkan Paru-Paru, Bisa Tangkal Polusi Udara

Makanan ini enak dan juga menyehatkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kondisi kualitas udara di Indonesia semakin memburuk, dan berisiko meningkatkan masalah kesehatan bagi masyarakat.

Dilansir dari situs Kompas, kualitas udara di daerah DKI Jakarta, sudah masuk dalam kategori tidak sehat, berdasarkan informasi dari situs penyedia data polusi udara AirVisual, kamis (24/10) pagi.

Karena hal ini, DKI Jakarta menempati peringkat ke-9 sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di antara kota-kota besar lainnya di dunia. Memang suatu hal yang sangat mengkhawatirkan.

Baca Juga: Polusi Udara di Jakarta Masih Buruk, Ketahui Dampak Pada Tubuh dan Cara Mencegahnya

Mendengar kabar ini, tentu kita harus melakukan upaya-upaya dengan tujuan menghindari masalah kesehatan yang terjadi karena kualitas udara yang buruk ini. Salah satunya adalah dengan makan makanan yang tepat.

Makanan yang Bisa Membersihkan Paru-paru

Di bawah ini ada beberapa makanan untuk membersihkan paru-paru. Apa saja jenis makanan tersebut? Simak di bawah ini yuk.

1. Jahe

membersihkan paru-paru

Makanan untuk membersihkan paru-paru yang pertama adalah jahe. Dilansir dari situs Manipal Hospital, jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menghilangkan racun dalam saluran pernapasan dan membersihkan paru-paru.

Jenis makanan yang biasa digunakan sebagai bumbu penyedap makanan Ini mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk kalium, magnesium, beta-karoten dan seng, yang tentunya baik untuk tubuh.

Ekstrak jahe seperti diketahui juga dapat membunuh sel kanker paru-paru. Moms bisa menambahkan jahe ke dalam berbagai hidangan sebagai ramuan atau mengkonsumsinya dalam bentuk teh jahe.

Bahkan dalam Journal of Medicinal Food, disebutkan bahwa jenis jahe merah sudah lama diresepkan sebagai analgesik untuk nyeri radang sendi dalam pengobatan tradisional Indonesia.

2. Bawang Putih

membersihkan paru-paru

Makanan untuk membersihkan paru-paru selanjutnya adalah bawang putih. Baunya memang sangat menyengat, tidak heran jika sebagian orang tidak menyukai bahan makanan satu ini.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Namun bawang putih sebenarnya memiliki sifat anti-inflamasi bersama dengan allicin dalam tingkat tinggi yang membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan, serta membersihkan paru-paru lho.

Sementara itu, jenis bahan makanan ini juga telah dianggap oleh banyak orang sebagai obat yang efektif untuk menyembuhkan penyakit asma dan dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru. Hebat bukan?

3. Apel

membersihkan paru-paru

Makanan untuk membersihkan paru-paru selanjutnya adalah apel. Sudah sehat, enak, bisa membantu membersihkan paru-paru pula, itulah kehebatan dari buah apel.

Menurut sebuah penelitian terbaru dari London, makan satu buah apel sehari, dapat mencegah masalah paru-paru sekaligus membersihkan paru-paru kita.

Para peneliti dari Fakultas Kedokteran Rumah Sakit St. George juga menemukan bahwa di antara 2.500 peserta penelitian, mereka yang makan lima atau lebih apel per minggu memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik secara keseluruhan.

Quercetin, antioksidan yang ditemukan dalam apel, dapat membantu melindungi paru-paru terhadap asap dan polutan lainnya.

4. Blueberry

membersihkan paru-paru

Makanan untuk membersihkan paru-paru selanjutnya adalah blueberry. Para peneliti mengungkapkan bahwa blueberry yang diperkaya dengan lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan produk lainnya, dapat mengurangi efek berbahaya dari polusi udara.

Baca Juga: Resep: Blueberry Cheesecake No Bake

Dalam sebuah penelitian yang dipresentasikan oleh American Heart Association tahun 2014, ditemukan bahwa perubahan fungsi jantung selama kondisi udara buruk di sekitar Boston cenderung lebih kecil di antara partisipan pria berusia lanjut yang makan makanan kaya flavonoid seperti blueberry.

Flavonoid dipercaya mampu membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan bahkan "memprogram ulang gen" untuk melindungi kita dari polusi udara dan membersihkan paru-paru.

Itu dia beberapa makanan untuk membersihkan paru-paru apalagi di tengah kondisi udara yang buruk di beberapa daerah di Indonesia saat ini.

Cukup konsumsi makanan ini saja secara rutin, kesehatan paru-paru kita pasti akan terjaga. Selamat mencoba!

Artikel Terkait