PROGRAM HAMIL
25 Agustus 2020

10 Makanan Cepat Hamil, Cocok untuk Program Hamil!

Terdiri dari makronutrien dan mikronutrien
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Penasaran makanan cepat hamil yang cocok untuk Moma dan Dads yang sedang program hamil? Simak ulasannya di bawah ini.

Bagi para pasangan yang menginginkan buah hati, tentu perlu melakukan perencanaan program hamil. Ada banyak hal yang dibutuhkan dalam meningkatkan kesuburan, salah satunya mengonsumsi makanan untuk mempercepat kehamilan.

Tentu saja, Moms perlu mengonsumsi makanan yang harus mengandung makronutrien dan mikronutrien yang seimbang. Sehingga dapat menghasilkan janin yangs sehat.

Lalu, apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mempercepat kehamilan dan dapat membuat janin tumbuh dengan sehat? Baca lebih lanjut untuk mengetahuinya berikut ini ya, Moms.

Makanan Cepat Hamil

Pada situs National Institute of Health, selama kehamilan Moms membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral seperti asam folat, zat besi, dan kalsium. Asam folat khususnya, dapat mencegah dari cacat lahir.

Dokter Spesialis Kandungan dari RSPI Puri Indah & RSIA Grand Family PIK Jakarta, dr. Thomas Chayadi, Sp.OG, memberikan penjelasan tentang makanan apa saja yang dapat mempercepat kehamilan.

Menurut dr. Thomas, Moms yang sedang melakukan program hamil perlu mengonsumsi makronutrien dan mikronutrien. Berikut ini daftar makanan cepat hamil yang perlu Moms konsumsi.

Baca Juga: Makan Stroberi, Salah Satu Cara Agar Cepat Hamil?

1. Karbohidrat

makanan untuk mempercepat kehamilan-karbohidrat

Foto: Orami Photo Stock

Makanan cepat hamil pertama adalah karbohidrat. Baik kualitas dan kuantitas dari karbohidrat berpengaruh terhadap metabolisme karbohidrat, yang dapat memengaruhi sensitivitas insulin pada individu yang sehat.

"Kurangi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi, karena berisiko mengalami gangguan ovulasi. Konsumsi serat yang berlebih juga dapat menggangu ovulasi," jelas dr. Thomas.

Lebih lanjut, dr. Thomas menyarankan untuk mengonsumsi serat sebanyak 22 gram per harinya.

2. Protein

makanan untuk mempercepat kehamilan-protein

Foto: Orami Photo Stock

Makanan cepat hamil selanjutnya adalah protein. Konsumsi protein, yang merupakan makronutrien diperlukan untuk pembentukan sel. Karena itu, Moms perlu mendapat asupan protein seimbang dalam makanan sehari-hari.

Dalam jurnal Nutrition Reviews, selama kehamilan Moms perlu mengonsumsi protein dan kalsium ekstra untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh.

Makanan yang mengandung protein seperti daging sapi, ikan, ayam, dan kacang-kacangan, dan susu, yang termasuk dalam makanan untuk mempercepat kehamilan.

Ikan: Ikan berlemak tinggi seperti salmon tidak hanya tinggi protein, tetapi juga memberikan dosis asam lemak omega-3.

Daging tanpa lemak: Unggas (seperti ayam), daging sapi tanpa lemak, dan bison adalah pilihan yang baik. Coba batasi asupan menjadi 2 atau 3 porsi per hari. Mengkonsumsi lebih dari 4 porsi per hari dapat mengganggu tingkat kesuburan.

Kacang hitam: Satu cangkir kacang hitam mengandung 15 gram protein. Gunakan dalam burrito sarapan atau burger vegetarian buatan sendiri.

Baca Juga: 6 Tips Agar Wanita Gemuk Cepat Hamil, Yuk Coba!

3. Lemak

makanan untuk mempercepat kehamilan-lemak

Foto: thetapaslunchcompany.co.uk

Makanan cepat hamil selanjutnya adalah lemak. "Asupan lemak jenuh yang berlebih dapat menggangu sel telur. Namun, mengonsumsi lemak tak jenuh, terutama lemak tak jenuh ganda dapat memperbaiki proses pembentukan sel telur," jelas dr. Thomas.

Konsumsi lemak trans juga harus dihindari, karena hal ini berhubungan dengan resistensi insulin yang lebih tinggi dan dapat menggangu fungsi ovulasi.

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti alpukat, minyak zaitun, salmon, dan kacang-kacangan seperti almon, walnut, hazelnut bisa menjadi jenis makanan untuk mempercepat kehamilan.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi sejumlah lemak tak jenuh tunggal dalam bentuk alpukat selama siklus IVF meningkatkan tingkat keberhasilan sebanyak tiga setengah kali, berbeda dengan wanita yang tidak mengonsumsinya selama periode itu," kata Alisa Vitti, ahli gizi integratif mengutip Parents.

4. Asam Folat

makanan untuk mempercepat kehamilan-asam folat

Foto: Orami Photo Stock

Makanan cepat hamil selanjutnya adalah asam folat. Tentunya Moms sudah tahu pentingnya asam folat untuk janin. Mikronutrien ini ternyata juga dibutuhkan untuk membantu Moms agar cepat hamil, lho.

"Kadar asam folat yang rendah dihubungkan dengan pembelah sel yang kurang baik, peningkatan kadar stress oksidatif, dan kematian sel. Hal-hal ini dapat menggangu proses perkembangan sel telur," terang dr. Thomas.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, seperti sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah beet, atau minum suplemen asam folat.

Dalam jurnal Frontiers in Public Health, disebutkan bahwa ada hubungan yang baik antara asupan tinggi asam folat, lemak tak jenuh ganda, dan makanan nabati pada hasil kesuburan.

Sayuran berdaun hijau: Bayam, brokoli, bok choy, lobak, dan kangkung adalah pilihan yang bagus. Tumis dengan minyak zaitun dan makan sebagai lauk atau tambahkan ke sup, salad, casserole, dan omelet.

Sereal yang diperkaya: Carilah sereal sarapan yang mengandung 100 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.

Jeruk dan stroberi: Ini sangat enak, mereka mudah dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari!

Kacang dan polong-polongan: Cobalah untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak sekaligus, karena mereka dapat menambah masalah pencernaan yang mungkin sudah Anda hadapi.

Baca Juga: 5 Makanan yang Mengandung Asam Folat, Menyehatkan Janin!

5. Vitamin D

makanan untuk mempercepat kehamilan-vitamin d

Foto: Orami Photo Stock

Makanan cepat hamil selanjutnya adalah vitamin D. Vitamin D juga memiliki peran penting dalam reproduksi manusia. Asupan vitamin D yang rendah berhubungan dengan kadar hormon androgen yang tinggi pada perempuan dengan PCOS.

Oleh karena itu, suplementasi vitamin D dibutuhkan dengan mendapatkan asupan dari berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Selain itu, penting juga mengonsumsi makanan seperti minyak ikan Cod, salmon, tuna, sarden, hati sapi, dan jamur kancing untuk mempercepat proses kehamilan.

6. Zat Besi

makanan untuk mempercepat kehamilan-zat besi

Foto: Orami Photo Stock

Makanan cepat hamil selanjutnya adalah zat besi. Kandungan mikronutrien yang tak kalah penting adalah zat besi, yang perlu dikonsumsi saat program hamil untuk membantu mempercepat proses kehamilan.

"Zat besi juga berperan penting dalam ovulasi. Pada perempuan dengan anemia, defisiensi besi dan kadar ferritin yang rendah dijumpai pada perempuan dengan gangguan kesuburan," kata dr. Thomas.

Lebih lanjut, ia juga menyertakan beberapa makanan cepat hamil yang mengandung zat besi, seperti daging merah, kacang-kacangan, kuning telur, sayur berdaun gelap atau hijau.

Sereal sarapan yang diperkaya: Satu porsi sereal sarapan yang diperkaya mengandung 100 persen asupan zat besi yang direkomendasikan setiap hari.

Daging tanpa lemak: Daging sapi, ayam, dan kalkun semuanya mengandung sekitar 1 mg zat besi per porsi 85 gram.

Bayam: Sumber zat besi yang baik, ½ cangkir rebus, bayam tiriskan mengandung 3 mg per porsi - sekitar 17 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

7. Kalsium

kalsium-makanan cepat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Makanan cepat hamil selanjutnya adalah kalsium. Kalsium menjaga sistem reproduksi tetap berfungsi dengan lancar dan bahkan dapat membantu Moms hamil lebih cepat. Sekitar 99 persen dari asupan kalsium akan digunakan untuk kesehatan tulang dan gigi Moms. Ini juga penting untuk kesehatan dan perkembangan gigi dan tulang bayi di masa depan.

Jika simpanan kalsium Moms menipis saat hamil, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang dan memberikannya kepada janin yang sedang berkembang, yang dapat meningkatkan risiko osteoporosis (tulang rapuh) di masa mendatang.

Cobalah untuk mendapatkan sekitar 1.000 mg kalsium setiap hari dari sumber makanan cepat hamil seperti:

Susu: Sumber kalsium paling populer, satu cangkir susu 1 persen mengandung 305 miligram (mg), atau sekitar sepertiga dari asupan harian yang direkomendasikan. Susu juga mengandung sedikit vitamin D. Kandungan ini juga ditemukan dalam susu kedelai, susu almond dan jus yang diperkaya kalsium. Minumlah segelas sebagai camilan atau gunakan sebagai bahan dasar untuk smoothie.

Yogurt: Satu cangkir yogurt tawar mengandung sekitar 415 mg per porsi - sekitar 40 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Seperti susu, Anda bisa memakannya dengan polos atau menggunakannya sebagai bahan dasar smoothie.

Keju: Satu porsi 1,5 ons mozzarella part-skim mengandung 333 mg kalsium, porsi cheddar berukuran sama mengandung 307 mg, dan satu cangkir keju cottage mengandung 138 mg.

Kale dan brokoli: Sayuran seperti ini adalah sumber kalsium non-susu yang baik.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Saat Menjalani Program Hamil

8. Asam Lemak

asam lemak-makanan cepat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Makanan cepat hamil selanjutnya adalah asam lemak. Ini adalah salah satu lemak yang mungkin perlu Moms tambahkan lebih banyak ke dalam makanan sebelum hamil. Itu karena asam lemak omega-3 dapat membantu mengatur hormon kunci pemicu ovulasi dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.

Sekarang juga saat yang tepat untuk mengurangi lemak jenuh, yang ditemukan dalam mentega dan daging merah, dan mencoba menghindari lemak trans (ditemukan dalam makanan olahan seperti keripik dan kue).

Meskipun banyak vitamin prenatal mengandung omega 3, mungkin yang terbaik adalah mendapatkannya dari makanan utuh. Anda dapat menemukan makanan cepat hamil ini di:

Makanan laut: Ikan yang tinggi lemak, termasuk salmon, teri, sarden, dan herring, semuanya merupakan sumber omega 3 yang baik.

Daging sapi yang diberi makan rumput: Daging sapi dari sapi yang diberi makan rumput mengandung tingkat omega 3 yang lebih tinggi daripada daging sapi yang diberi makan biji-bijian.

Kacang dan biji-bijian: Kacang kenari, biji rami dan biji chia mengandung omega 3, seperti halnya minyak nabati seperti biji rami, kedelai, dan minyak kanola. Tambahkan ke dalam smoothie atau taburkan di atas salad agar lebih kenyal.

9. Yodium

yodium-makanan cepat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Makanan cepat hamil selanjutnya adalah yodium. Mineral ini membantu tubuh Moms membuat hormon tiroid, yang berfungsi untuk mengontrol metabolisme tubuh. Jika Moms ingin hamil, targetkan untuk mendapatkan 150 mcg per hari.

Makanan cepat hamil ini dapat ditemukan secara alami di beberapa makanan dan ditambahkan ke makanan lain. Sumbernya meliputi:

Produk susu: Susu, yogurt dan keju semuanya mengandung yodium.

Garam beryodium: Yodium ditambahkan ke garam dan diberi label "beryodium." Namun tidak semua makanan yang tinggi garam (misalnya sup kalengan) mengandung garam beryodium. Moms perlu waspada.

Baca Juga: 3 Mitos Seputar Program Hamil, Jangan Langsung Percaya!

10. Serat

serat-makanan cepat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Makanan cepat hamil selanjutnya adalah serat. Memasukkan karbohidrat kompleks yang lebih lambat dicerna seperti serat dalam makanan dapat membantu meningkatkan tingkat kesuburan.

Selain itu, jika Moms berencana untuk hamil, meningkatkan asupan serat sebanyak 10 gram setiap hari dapat menurunkan risiko terkena diabetes gestasional sebesar 26 persen, menurut National Institutes of Health.

Beberapa sumber serat yang baik antara lain:

Biji-bijian utuh: Roti gandum, bulgur, oat, dan quinoa semuanya mengandung serat.

Sereal berserat tinggi: Hanya satu porsi untuk sarapan benar-benar dapat mengemas banyak serat ke dalam makanan. Periksa label di kotak untuk menemukan sereal yang tinggi serat.

Buah dan sayuran: Kacang polong, jagung, dan brokoli kaya akan serat, begitu pula pir, blueberry, raspberry, dan persik. Makan kulit atau kulitnya untuk dosis ekstra.

Kacang dan polong-polongan: Kacang lentil, kacang hitam, kacang merah, kacang lima, kacang polong dan buncis adalah sumber yang baik. Tambahkan ke semur atau salad.

Itu dia Moms, beberapa makanan cepat hamil yang dapat membantu program hamil Moms dan Dads. Semoga usaha yang dilakukan dalam memiliki keturunan dapat berjalan dengan baik, ya!

Artikel Terkait