KESEHATAN
29 Februari 2020

Mengatasi Migrain secara Alami? Yuk Coba 5 Makanan Ini!

Untuk meredakan gejalanya, coba konsumsi beberapa jenis makanan ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ada berbagai jenis penyakit sakit kepala, salah satunya adalah migrain. Pasti setidaknya Moms pernah mengalami migrain, karena memang wanita lebih sering alami migrain dibandingkan pria.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 75 persen orang yang berusia antara 18 dan 65 tahun pernah mengalami sakit kepala. Lebih dari 30 persen orang dewasa pernah menderita migrain.

Pemicunya migrain tentunya beragam. Dilansir dari Healthline, wanita yang sedang hamil atau berada masa menstruasi lebih rentan alami migrain karena terjadinya fluktuasi hormon.

Pemicu lainnya adalah stres, faktor cuaca, konsumsi alkohol secara berlebihan, kualitas tidur yang buruk, jenis obat-obatan tertentu. Mengonsumsi makanan dengan kandungan natrium atau pemanis buatan juga bisa sebabkan migrain.

Baca Juga: 6 Tips Tidur Nyenyak untuk Penderita Migrain Kronis

Cara Mengatasi Migrain secara Alami dengan Makanan

Gejala migrain bisa mengganggu kesehatan dan aktivitas Moms sehari-hari. Untuk itu, ada cara sederhana untuk meredakan gejala migrain secara alami, yaitu mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Apa saja jenis makanan untuk mengatasi migrai secara alami? Berikut ulasannya.

1. Bayam

Migrain Kambuh-1.jpg

Foto: stack.com

Cara untuk mengatasi migrain secara alami yang pertama adalah mengonsumsi bayam. Sebenarnya, banyak sayuran yang dapat Moms coba untuk meredakan gejala migrain, salah satunya adalah bayam.

Sayuran bayam mengandung zat besi dan magnesium yang membantu meringankan sakit kepala. Selain itu, bayam juga dapat menurunkan tekanan darah, melancarkan sistem pencernaan, dan meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

2. Almond

Migrain Kambuh-2.jpg

Foto: womenfitness.net

Cara untuk mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah mengonsumsi almond. Magnesium dalam almond dapat melindungi tubuh Moms dari gejala migrain dan mampu merelaksasi pembuluh darah.

Makanan mengandung magnesium lainnya yang dapat Moms konsumsi seperti pisang, alpukat, kacang mede, beras merah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Baca Juga: Jangan Salah Lagi, Ini Do's and Don'ts Mencegah Migrain

3. Roti Gandum

Migrain Kambuh-3.jpg

Foto: medscape.com

Cara untuk mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah mengonsumsi roti gandum. Karbohidrat yang terlalu sedikit dapat membuat gejala migrain muncul kembali.

Diet rendah karbohidrat dapat membuat Moms menghabiskan simpanan glikogen yang merupakan sumber energi utama ke otak. Kemudian, hal ini yang memicu dehidrasi dan kurangnya energi ke otak, hingga sebabkan migrain kambuh.

“Coba pertimbangkan untuk mengonsumsi karbohidrat sehat, seperti roti gandum, oat, atau yogurt. Karbohidrat yang sehat dapat meningkatkan suasana hati dan membantu tubuh melepaskan serotonin,” ujar Erin Palinski, ahli nutrisi dari New Jersey.

Jika Moms selama ini sering mengonsumsi roti putih, nasi putih, dan pasta, maka coba untuk mengganti dengan berbahan dasar seperti gandum.

4. Jahe

Migrain Kambuh-4.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Cara untuk mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah mengonsumsi jahe. Jika gejala migrain menyerang, tidak ada salahnya untuk membuat air rebusan jahe atau teh yang dicampurkan dengan rebusan jahe.

Nyatanya, jahe mengandung antiinflamasi non-steroid yang mampu melawan gejala migrain dengan memblokir prostaglandin. Meskipun belum ada penelitian medisnya, jahe juga sering disebut sebagai bahan alami untuk menghilangkan rasa mual.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Ini Dapat Sebabkan Migrain

5. Ikan Berlemak Tinggi

Migrain Kambuh-5.jpg

Foto: mommabe.com

Cara untuk mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah mengonsumsi ikan berlemak tinggi. Ikan berlemak tinggi namun baik untuk kesehatan karena mengandung asam lemak omega 3 yang ternyata dapat mengurangi tingkat keparahan migrain.

Jenis ikan yang bisa Moms konsumsi yaitu salmon, sarden, tuna, haring, dan ikan kakap. Penelitian di Universitas Cincinnati menunjukkan, orang yang mengonsumsi empat porsi 125 gram ikan berlemak per minggu dapat memiliki manfaat untuk kesehatan, termasuk di antaranya meredakan gejala migrain dan baik untuk kesehatan jantung.

Menurut American Migraine Foundation, selain mengandung asam lemak tinggi, salmon juga mengandung vitamin B2 yang bisa menurunkan frekuensi migrain.

Selain beberapa makanan di atas, Moms dapat mengonsumsi buah-buahan yang kaya air, seperti semangka. Semangka dapat mencegah dehidrasi, yang sering menjadi penyebab munculnya gejala migrain. Air alami pada buah dan sayuran juga mengandung mineral penting untuk menjaga kesehatan Moms.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa dicoba untuk mengurangi gejala migrain. Jangan lupa untuk selalu minum air putih secukupnya agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik, ya!

Artikel Terkait