KESEHATAN
18 Agustus 2020

13 Cara Mengatasi Migrain secara Alami? Yuk Coba!

Untuk meredakan gejalanya, coba tipsnya di bawah ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ada berbagai jenis penyakit sakit kepala, salah satunya adalah migrain. Pasti setidaknya Moms pernah mengalami migrain, karena memang wanita lebih sering alami migrain dibandingkan pria.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 75 persen orang yang berusia antara 18 dan 65 tahun pernah mengalami sakit kepala. Lebih dari 30 persen orang dewasa pernah menderita migrain.

Pemicunya migrain tentunya beragam. Dilansir dari Healthline, wanita yang sedang hamil atau berada masa menstruasi lebih rentan alami migrain karena terjadinya fluktuasi hormon.

Pemicu lainnya adalah stres, faktor cuaca, konsumsi alkohol secara berlebihan, kualitas tidur yang buruk, jenis obat-obatan tertentu. Mengonsumsi makanan dengan kandungan natrium atau pemanis buatan juga bisa sebabkan migrain.

Baca Juga: 6 Tips Tidur Nyenyak untuk Penderita Migrain Kronis

Cara Mengatasi Migrain secara Alami

Gejala migrain bisa mengganggu kesehatan dan aktivitas Moms sehari-hari. Untuk itu, ada cara sederhana untuk meredakan gejala migrain secara alami, yaitu mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Apa saja cara mengatasi migrain secara alami? Berikut ulasannya.

1. Bayam

Migrain Kambuh-1.jpg

Foto: stack.com

Cara mengatasi migrain secara alami yang pertama adalah mengonsumsi bayam. Sebenarnya, banyak sayuran yang dapat Moms coba untuk meredakan gejala migrain, salah satunya adalah bayam.

Sayuran bayam mengandung zat besi dan magnesium yang membantu meringankan sakit kepala. Selain itu, bayam juga dapat menurunkan tekanan darah, melancarkan sistem pencernaan, dan meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

2. Almond

Migrain Kambuh-2.jpg

Foto: womenfitness.net

Cara mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah mengonsumsi almond. Magnesium dalam almond dapat melindungi tubuh Moms dari gejala migrain dan mampu merelaksasi pembuluh darah.

Makanan mengandung magnesium lainnya yang dapat Moms konsumsi seperti pisang, alpukat, kacang mede, beras merah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Baca Juga: Jangan Salah Lagi, Ini Do's and Don'ts Mencegah Migrain

3. Roti Gandum

Migrain Kambuh-3.jpg

Foto: medscape.com

Cara mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah mengonsumsi roti gandum. Karbohidrat yang terlalu sedikit dapat membuat gejala migrain muncul kembali.

Diet rendah karbohidrat dapat membuat Moms menghabiskan simpanan glikogen yang merupakan sumber energi utama ke otak. Kemudian, hal ini yang memicu dehidrasi dan kurangnya energi ke otak, hingga sebabkan migrain kambuh.

“Coba pertimbangkan untuk mengonsumsi karbohidrat sehat, seperti roti gandum, oat, atau yogurt. Karbohidrat yang sehat dapat meningkatkan suasana hati dan membantu tubuh melepaskan serotonin,” ujar Erin Palinski, ahli nutrisi dari New Jersey.

Jika Moms selama ini sering mengonsumsi roti putih, nasi putih, dan pasta, maka coba untuk mengganti dengan berbahan dasar seperti gandum.

4. Jahe

Migrain Kambuh-4.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Cara mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah mengonsumsi jahe. Jika gejala migrain menyerang, tidak ada salahnya untuk membuat air rebusan jahe atau teh yang dicampurkan dengan rebusan jahe.

Nyatanya, jahe mengandung antiinflamasi non-steroid yang mampu melawan gejala migrain dengan memblokir prostaglandin. Meskipun belum ada penelitian medisnya, jahe juga sering disebut sebagai bahan alami untuk menghilangkan rasa mual.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Ini Dapat Sebabkan Migrain

5. Ikan Berlemak Tinggi

Migrain Kambuh-5.jpg

Foto: mommabe.com

Cara mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah mengonsumsi ikan berlemak tinggi. Ikan berlemak tinggi namun baik untuk kesehatan karena mengandung asam lemak omega 3 yang ternyata dapat mengurangi tingkat keparahan migrain.

Jenis ikan yang bisa Moms konsumsi yaitu salmon, sarden, tuna, haring, dan ikan kakap. Penelitian di Universitas Cincinnati menunjukkan, orang yang mengonsumsi empat porsi 125 gram ikan berlemak per minggu dapat memiliki manfaat untuk kesehatan, termasuk di antaranya meredakan gejala migrain dan baik untuk kesehatan jantung.

Menurut American Migraine Foundation, selain mengandung asam lemak tinggi, salmon juga mengandung vitamin B2 yang bisa menurunkan frekuensi migrain.

6. Hindari Makanan Tertentu

cara mengatasi migrain: sosis

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah menghindari makanan tertentu. Pola makan memainkan peran penting dalam mencegah migrain. Banyak makanan dan minuman yang diketahui sebagai pemicu migrain, seperti:

  • makanan dengan nitrat termasuk hot dog, daging, bacon, dan sosis
  • cokelat
  • keju yang mengandung senyawa tyramine alami, seperti biru, feta, cheddar, parmesan, dan Swiss
  • alkohol, terutama anggur merah
  • makanan yang mengandung monosodium glutamat (MSG), penambah rasa
  • makanan yang sangat dingin seperti es krim atau minuman es
  • makanan yang diproses
  • makanan acar
  • kacang polong
  • buah kering
  • produk susu berbudaya seperti buttermilk, krim asam, dan yogurt

Kafein dalam jumlah kecil dapat meredakan nyeri migrain pada beberapa orang. Kafein juga ada dalam beberapa obat migrain. Tapi, terlalu banyak kafein bisa menyebabkan migrain. Ini juga dapat menyebabkan sakit kepala penarikan kafein yang parah.

Untuk mengetahui makanan dan minuman apa yang memicu migrain Anda, buatlah catatan harian tentang makanan. Catat semua yang Anda makan dan catat bagaimana perasaan Anda sesudahnya.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Migrain yang Sering Menggangu

7. Lavender Oil

cara mengatasi migrain: lavender oil

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan lavender oil. Menghirup minyak esensial lavender dapat meredakan nyeri migrain.

Menurut penelitian tahun 2012, orang yang menghirup minyak lavender selama serangan migrain selama 15 menit mengalami kelegaan lebih cepat. Minyak lavender dapat dihirup secara langsung atau dioleskan ke pelipis.

8. Akupresur

cara mengatasi migrain: akupresur

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah akupresur. Akupresur adalah praktik menerapkan tekanan dengan jari dan tangan ke titik-titik tertentu di tubuh untuk menghilangkan rasa sakit dan gejala lainnya.

Menurut tinjauan sistematis 2014, akupresur adalah terapi alternatif yang kredibel untuk orang yang menderita sakit kepala kronis dan kondisi lainnya. Sebuah studi terpisah menemukan akupresur dapat membantu meredakan mual terkait migrain.

9. Feverfew

cara mengatasi migrain: feverfew

Foto: Whiterabbitinstituteofhealing.com

Cara mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah feverfew. Feverfew adalah ramuan berbunga yang terlihat seperti bunga aster. Ini adalah obat tradisional untuk migrain.

Namun, menurut tinjauan sistematis tahun 2004, tidak ada cukup bukti bahwa feverfew dapat mencegah migrain. Meski begitu, banyak orang mengklaim itu membantu meringankan gejala migrain mereka tanpa efek samping.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Ini Dapat Sebabkan Migrain

10. Peppermint Oil

cara mengatasi migrain: peppermint oil

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah peppermint oil. Mentol dalam minyak peppermint dapat menghentikan migrain, menurut sebuah studi 2010.

Studi ini menemukan bahwa mengoleskan larutan mentol ke dahi dan pelipis lebih efektif daripada plasebo untuk nyeri terkait migrain, mual, dan sensitivitas cahaya.

11. Yoga

cara mengatasi migrain: yoga

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah yoga. Yoga menggunakan pernapasan, meditasi, dan postur tubuh untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Penelitian menunjukkan yoga dapat meredakan frekuensi, durasi, dan intensitas migrain. Diperkirakan dapat menurunkan kecemasan, melepaskan ketegangan di area pemicu migrain, dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Meskipun peneliti menyimpulkan terlalu dini untuk merekomendasikan yoga sebagai pengobatan utama untuk migrain, mereka percaya yoga mendukung kesehatan secara keseluruhan dan mungkin bermanfaat sebagai terapi pelengkap.

12. Terapi Biofeedback

cara mengatasi migrain: terapi biofeedback

Foto: Pathways.health

Cara mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah biofeedback. Biofeedback adalah metode relaksasi. Ini mengajarkan Anda untuk mengontrol reaksi otonom terhadap stres.

Biofeedback dapat membantu mengatasi migrain yang dipicu oleh reaksi fisik terhadap stres seperti otot yang tegang.

Baca Juga: 6 Tips Tidur Nyenyak untuk Penderita Migrain Kronis

13. Pijat

cara mengatasi migrain: pijat

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi migrain secara alami yang selanjutnya adalah pijat. Pijat mingguan dapat mengurangi frekuensi migrain dan meningkatkan kualitas tidur, menurut sebuah studi tahun 2006.

Penelitian menunjukkan pijat meningkatkan stres yang dirasakan dan keterampilan mengatasi. Ini juga membantu menurunkan detak jantung, kecemasan, dan tingkat kortisol.

Selain beberapa cara mengatasi migrain di atas, Moms dapat mengonsumsi buah-buahan yang kaya air, seperti semangka. Semangka dapat mencegah dehidrasi, yang sering menjadi penyebab munculnya gejala migrain.

Air alami pada buah dan sayuran juga mengandung mineral penting untuk menjaga kesehatan Moms.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa dicoba untuk mengurangi gejala migrain. Jangan lupa untuk selalu minum air putih secukupnya agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik, ya!

Artikel Terkait