KESEHATAN
17 September 2019

7 Makanan untuk Mengatasi Telinga Berdenging

Ayam bakar bisa mengatasi telinga berdenging lho!
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Apakah Moms pernah mendengar sesuatu yang berdenging atau suara aneh lainnya seperti bunyi yang membuat telinga Moms merasa ngilu? Hati-hati karena bisa jadi itu adalah tinnitus atau telinga berdenging.

Seseorang dengan telinga berdenging sering mendengar dering, desis, nada yang terdengar tinggi, atau juga sesuatu yang seperti gesekan dua benda. Telinga berdenging bisa bersifat sementara, tetapi bisa juga menjadi kronis dan persisten.

Rachel Georgopoulos, MD, Dokter Spesialis THT di Klinik Cleveland, Amerika Serikat, mengatakan telinga berdenging ada seperti persepsi suara tanpa penyebab dari lingkungan.

"Namun, sifat tepat bunyinya bisa berbeda dari orang ke orang. Telinga berdenging terdengar seperti nada tinggi, tetapi orang juga dapat mendengar dengung, senandung, suara mengaum, mengklik, mendesis, mengibaskan, atau suara seperti detak jantung," katanya seperti dikutip dari SELF.

Telinga berdenging biasanya terjadi setelah usia 50 tahun, tetapi ini tidak menutup kemungkinan bagi anak-anak dan remaja yang juga dapat mengalaminya.

Secara medis, telinga berdenging terjadi ketika seseorang secara sadar mendengar suara yang tidak datang dari sumber manapun di luar tubuh.

Selain itu telinga berdenging biasanya subjektif atau hanya orang yang menderita yang dapat mendengarnya.

John P. Cunha, DO, FACOEP, Departemen Darurat Rumah Sakit Holy Cross di Fort Lauderdale, Florida, mengatakan ada beberapa penyebab telinga berdenging. Beberapa diantaranya yaitu penuaan, gangguan pendengaran, kebisingan misalnya pada pekerjaan konstruksi, perusahaan senjata, dan musik keras di konser.

Cedera kepala atau leher serta obat-obatan juga bisa membuat telinga berdenging termasuk beberapa antibiotik, obat anti- kejang, dan obat penghilang rasa sakit.

"Penyebab lain terkait telinga berdenging adalah pengerasan tulang di telinga tengah, tumor dalam sistem pendengaran, gangguan neurologis, dan genetik atau kelainan telinga bagian dalam yang diwariskan. Jika Anda menderita telinga berdenging, Anda juga mungkin menderita kecemasan, depresi, atau insomnia," ujarnya.

Membuat pilihan diet yang tepat dapat menjadi salah satu cara yang bisa Moms lakukan untuk mengurangi efek telinga berdenging pada kehidupan sehari-hari.

Sama seperti beberapa makanan yang dapat memperburuk dampak telinga berdenging, ada juga hal-hal yang membantu mengurangi keparahannya.

Baca Juga: Tidak Disangka, Ini 5 Makanan yang Bisa jadi Obat Kolesterol

Ini berarti penting bagi orang yang hidup dengan telinga berdenging untuk memahami bagaimana makanan dan nutrisi yang berbeda mempengaruhi pendengaran mereka dan membuat pilihan yang bertanggung jawab tentang apa yang mereka makan.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu mengatasi telinga berdenging.

1. Ayam Bakar

ayam-bakar.jpg

Foto: chefsteps.com

Ayam bakar adalah pilihan lezat dan tidak pernah terbayangkan memiliki efek positif bagi penderita telinga berdenging.

Makanan ini rendah lemak dan memiliki vitamin B12 yang tinggi. Itu artinya ayam bakar dapat membantu mengurangi telinga berdenging.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memanggang ayam misalnya kulit yang harus dihilangkan sebelum dimasak, karena disanalah lemak dari ayam berkumpul.

Panggangan ayam dengan panas hingga 170 derajat atau sampai ayam benar-benar dipastikan telah matang.

2. Pisang Beku

pisang-beku.jpg

Foto: hip2save.com

Jika Moms memasukkan pisang ke dalam freezer, itu bukan hanya menjadi makanan yang manis tetapi juga menyegarkan.

Tusuk pisang yang sudah dikupas dengan stik es krim sehingga menjadi es loli. Sebelum dimasukan ke freezer, cobalah mencelupkannya ke dalam sedikit selai kacang atau cokelat.

Pisang sarat dengan kalium, yang membantu banyak cairan dalam tubuh mengalir lebih baik untuk meminimalisir gejala telinga berdenging.

3. Nanas

Benarkah Makan Nanas Sebabkan Keguguran - senyawa bromelain.jpg

Foto: shutterstock.com

Nanas bisa membantu meringankan telinga berdenging, karena buah ini merupakan buah yang serbaguna dan merupakan anti-inflamasi yang alami.

Nanas sangat lezat apabila dijadikan makanan penutup. Moms bisa membuatnya menjadi jus lalu dibekukan dengan menjadikannya es loli.

Selain itu Moms juga bisa menambahkan irisan nanas pada secangkir es teh untuk penambah rasa. Nanas bahkan enak untuk dipanggang dan biasa digunakan untuk hiasan daging steak.

Baca Juga: Telinga Berdenging Saat Hamil, Kenapa Bisa Terjadi?

4. Semangka

semangka hamil (2)

Foto: shutterstock.com

Asupan cairan bukan satu-satunya apa yang bisa didapatkan dari semangka. Namun ketika Moms mau mendinginkannya, nanas bisa menjadi makanan yang lezat dan segar.

Nanas memiliki antioksidan yang tinggi, vitamin C, asam pantotenat, tembaga, biotin, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin B1. Nanas tidak mengandung lemak dan hanya memiliki sedikit kalori.

5. Teh Jahe

ginger-tea.jpg

Foto: nutritionforce.com.au

Tekanan di telinga yang mungkin memicu telinga berdenging, bisa diatasi dengan jahe.

Moms bisa membuat teh jahe seperti biasa atau mencampurnya dengan bahan lain seperti irisan lemon, sesuai selera.

6. Kiwi

kiwi.jpg

Foto: bbcgoodfood.com

Bantu kurangi tekanan darah Moms dengan mengkonsumsi kiwi. Buah kiwi kaya akan kalsium, magnesium, kalium, dan mengandung vitamin C dalam jumlah yang lebih besar daripada jeruk berukuran sama.

Baca Juga: Sering Mengalami Susah Tidur, Ini Dia 6 Makanan untuk Mengatasinya

7. Alpukat

Ini Dia, Makanan yang  Membantu Mengendurkan Saraf dan Pikiran Anda 03 alpukat freepik com.jpg

Foto: shutterstock.com

Tidak hanya membantu mengendalikan telinga berdenging, tetapi alpukat juga baik untuk jantung Moms.

Hanya dalam setengah dari alpukat yang Moms makan, maka Moms mendapatkan 1% dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan, 5% dari asupan magnesium harian yang direkomendasikan, dan 10 persen dari asupan potasium harian yang direkomendasikan.

Alpukat juga mengandung lemak dan karoten yang bermanfaat untuk memerangi penyakit.

(RIE/ERW)

Artikel Terkait