KEHAMILAN
3 Maret 2020

5 Makanan untuk Mengatasi Baby Blues, Bisa Membantu Mencegah Depresi!

Telur yang kaya omega-3 bisa membantu meredakan baby blues Moms lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Moms, percayalah bahwa menjaga bayi di dalam perut dan melahirkannya ke dunia bukanlah perihal mudah. Lalu setelah itu, tubuh Moms mencoba untuk menyembuhkan dirinya sendiri dan kembali ke keadaan sebelum hamil, baik secara fisik, hormonal dan emosional.

Moms bahkan juga harus berusaha keras memproduksi ASI berkualitas dan menyusui di saat luka jahitan di tubuh Moms masih basah. Lantas apakah mengherankan apabila Moms kadang-kadang merasa sedikit baby blues?

Baby blues adalah perasaan sedih yang mungkin dialami seorang perempuan dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan.

Baby blues juga disebut postpartum blues. Postpartum artinya setelah melahirkan dan sekitar 80 persen atau 4 dari 5 ibu baru, kerap menderita baby blues.

Baby blues dapat terjadi 2 hingga 3 hari setelah Moms melahirkan dan dapat bertahan hingga 2 minggu. Jangan khawatir karena perasaan ini biasanya pergi sendiri dan Moms tidak memerlukan perawatan apa pun.

Tapi ternyata makanan adalah obat yang ampuh, bahkan mungkin yang paling penting untuk Moms dapatkan. Di bawah ini adalah lima makanan penambah semangat yang bisa memperbaiki suasana hati yang buruk agar lebih baik.

Semuanya adalah makanan yang bisa memberikan nutrisi penting pada saat pascamelahirkan dan banyak di antaranya juga disarankan untuk dikonsumsi sejak kehamilan, kelahiran dan hingga menyusui.

Makanan untuk Mengatasi Baby Blues

Apa saja makanan yang bisa membantu Moms meredakan baby blues? Yuk cari tahu di bawah ini Moms!

Baca Juga: Telinga Berdenging Saat Hamil, Kenapa Bisa Terjadi?

1. Ikan Salmon

1 salmon

Makanan untuk mengatasi baby blues yang pertama adalah ikan salmon. Para ahli sepakat bahwa asam lemak omega-3 terutama yang ditemukan pada ikan dan beberapa kacang-kacangan serta biji-bijian, penting untuk dimasukkan dalam diet sehat.

Mereka membantu fungsi tubuh Moms untuk kembali normal dan melindungi terhadap penyakit jantung.

Menurut penelitian yang diterbitkan Critical Reviews in Food Science and Nutrition, salmon yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi bukan hanya punya cita rasa yang enak tapi juga dipercaya bisa menurunkan tingkat depresi yang menjadi penyebab baby blues nih Moms.

Salmon dan ikan air dingin lainnya seperti ikan bass dan halibut, merupakan makanan kaya akan DHA dan EPA Omega-3 Fatty Acids (EFAs). Memastikan Moms mendapatkan asupan Omega 3 yang cukup, merupakan hal yang sangat penting untuk Moms baru.

Hal ini dikarenakan kehamilan dan menyusui menghabiskan nutrisi tubuh yang benar-benar penting ini. Selain itu, penipisan Omega-3 sebenarnya juga terkait dengan baby blues atau bahkan depresi pascapersalinan.

Dokter Anak sekaligus Rekan Penulis The Baby Book William Sears menyarankan para Moms atau ibu baru untuk membeli makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon liar, minyak biji rami, dan kenari. Dia percaya makanan ini dapat meningkatkan fungsi otak dan dapat membantu mengurangi depresi.

"Minyak omega-3 benar-benar membantu otak agar bekerja lebih baik," kata Sears seperti dikutip dari babycenter.com.

Institute of Medicine merekomendasikan perempuan untuk mengonsumsi 1.1 gram asam lemak omega-3 setiap harinya dan wanita menyusui harus mendapatkan sedikit lebih banyak, yaitu sekitar 1,3 gram.

2. Telur

Telur

Foto: Medicalnewstoday.com

Makanan untuk mengatasi baby blues yang selanjutnya adalah telur. Telur juga salah satu makanan yang diperkaya omega-3 dan dapat menjadi pilihan untuk mengatasi baby blues. Dua telur menghasilkan sekitar setengah jumlah harian yang direkomendasikan di atas, tergantung pada mereknya.

Telur memiliki kandungan tinggi protein dan kolin yang menyehatkan fungsi otak. Telur juga merupakan protein lengkap dan mengandung proporsi optimal dari semua sembilan asam amino esensial yang berfungsi mulai dari memperbaiki jaringan tubuh, membantu pertumbuhan normal, menguraikan makanan, dan sebagai sumber energi tubuh.

Protein sangat penting dalam penyembuhan depresi pasca-persalinan atau baby blues, seperti halnya memberi makan pada otak Moms. Kolin sendiri mampu meningkatkan fungsi saraf dan hati, bersama dengan memupuk metabolisme yang sehat dan tingkat energi yang lebih baik

3. Bayam

Bayam

Foto: Organicfacts.net

Makanan untuk mengatasi baby blues yang selanjutnya adalah bayam. Bayam dan sayuran hijau gelap lainnya seperti chard dan kale mengandung banyak zat besi. Seperti yang banyak kita ketahui, zat besi memainkan peran utama dalam kadar darah.

Kehamilan meningkatkan volume darah, yang berkurang secara dramatis saat lahir. Itulah sebabnya banyak ibu postpartum rentan terhadap kadar zat besi rendah.

Beberapa penelitian telah mengaitkan anemia postpartum yang disebabkan oleh kekurangan zat besi dengan peningkatan risiko depresi pascamelahirkan yang disertai kelelahan, berkurangnya jumlah dan kualitas ASI, serta peningkatan risiko ISK.

Oleh karena itu, bayam bisa menjadi salah satu solusi bagi Moms yang mengalami baby blues.

Baca Juga: Bisakah Ibu Hamil Hb Rendah Melahirkan Normal?

4. Cokelat Hitam

Cokelat Hitam

Foto: Medicalnewstoday.com

Makanan untuk mengatasi baby blues yang selanjutnya adalah cokelat hitam. Memanjakan diri Moms dengan sedikit cokelat hitam rupanya benar-benar dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan dan suasana hati Moms yang sedang melankolis karena baby blues. Kakao merangsang produksi endorfin, zat kimia di otak yang memicu perasaan senang dan euforia.

Cokelat juga merupakan sumber makanan tryptophan, prekursor asam amino untuk serotonin yang dapat bertindak sebagai anti-depresan.

Namun, perlu diingat bahwa cokelat susu bukan pilihan yang tepat karena kandungan gulanya. Jadi pilihlah cokelat hitam dengan persentase tinggi kakao atau setidaknya lebih dari 70 persen untuk mendapatkan hasil maksimal dari camilan lezat yang Moms makan ini.

Penelitian terbaru dari University College London (UCL) di Inggris bekerja bersama dengan para ilmuwan dari University of Calgary dan Layanan Kesehatan Alberta Kanada, yang dituangkan dalam jurnal ilmiah Depression & Anxiety menjelaskan bahwa orang yang makan cokelat hitam, lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi.

Dr Sarah Jackson, pimpinan penelitian ini, mengatakan bahwa penelitiannya memberikan beberapa bukti tentang konsumsi cokelat, khususnya cokelat hitam yang dapat dikaitkan dengan kemungkinan berkurangnya gejala depresi yang relevan secara klinis.

5. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan

Foto: Hindustantimes.com

Makanan untuk mengatasi baby blues yang selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti kacang brazil, kacang kenari, dan kacang mete dikenal sebagai makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk tubuh termasuk Moms yang mengalami baby blues.

Kacang-kacangan ini kaya akan antioksidan, serat, protein, vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh.

Kacang brazil adalah salah satu makanan terkaya dalam mineral selenium yang bertanggung jawab untuk menjaga suasana hati dan mencegah depresi. Penelitian bahkan telah menemukan bahwa orang yang kekurangan mineral ini memiliki kecenderungan lebih mudah marah dan bermusuhan bahkan lebih cenderung sering merasa cemas.

Selain itu, kacang lainnya seperti kacang kenari juga merupakan alternatif makanan mengandung omega-3 yang bagus untuk Moms yang tidak mengkonsumsi ikan.

Baca Juga: Hamil Ketika Menderita Talasemia, Berbahayakah?

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu Moms mengatasi baby blues. Selamat mencoba!

(RIE/ERN)

Artikel Terkait