KESEHATAN
4 Maret 2020

Meredakan Radang Tenggorokan, Coba 8 Makanan Ini!

Beberapa makanan bisa membuat tenggorokan menjadi lebih gatal dan memperburuk radang tenggorokan
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Ketika salah satu anggota keluarga Moms atau bahkan Moms sendiri menderita radang tenggorokan, maka rasa terbakar dan perasaan tidak nyaman yang ditimbulkannya dapat membuat sulit untuk minum atau makan.

Makanan yang lunak dan sangat mudah ditelan biasanya aman dikonsumsi ketika Moms radang tenggorokan.

Tekstur yang lembut akan membantu membatasi jumlah iritasi pada tenggorokan Moms. Makanan dan minuman hangat juga dapat membantu menenangkan tenggorokan Moms.

Dr. Nathan Favini, Dokter Penyakit Dalam di San Francisco, California, mengatakan bahwa penyebab paling umum dari radang tenggorokan adalah infeksi virus.

"Virus dan respons imun Anda terhadap menyebabkan lapisan tenggorokan Anda meradang dan akhirnya menyebabkan rasa sakit," kata Nathan yang juga merupakan kepala medis di Forward, sebuah startup yang bergerak dibidang layanan kesehatan.

Baca Juga: 7 Obat Alami untuk Atasi Sakit Tenggorokan

Meredakan Radang Tenggorokan

Ketika tubuh Moms berada dalam pergolakan infeksi, sangat penting untuk menjaga perut agar tetap kenyang. Tidak banyak yang dapat Moms lakukan tentang infeksi virus, kecuali mengatasinya dan tetap terhidrasi.

Cynthia Li , MD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus penulis Brave New Medicine, menambahkan bahwa makanan padat nutrisi adalah resep makanan dengan minim atau rendah resiko.

Pada dasarnya, jika Moms dapat membangkitkan nafsu makan, cobalah untuk mengumpulkan nutrisi sebanyak mungkin.

Lantas bagaimana mengatasi hal ini? Makanan dan minuman apa yang baik atau boleh dikonsumsi untuk meredakan radang tenggorokan?

1. Sup Ayam

sup-ayam.jpg

Foto: againstallgrain.com

Dr. Li menjelaskan bahwa sakit radang tenggorokan adalah akibat dari peradangan dan dehidrasi.

Cairan seperti kaldu dalam sup ayam tidak hanya mengisi kembali air yang hilang, tetapi kandungan garamnya membantu tubuh Moms menahan cairan agar tetap berada di dalam jaringan.

Dilansir dari jurnal American College of Chest Physicians, sup ayam berguna untuk mengurangi radang tenggorokan dan gejala flu lainnya.

Manfaat yang sama berlaku untuk hampir semua kaldu sup. Selain itu, konsumsi sayur akan sangat bermanfaat jika Moms adalah bagian dari vegetarian.

2. Yoghurt

Yogurt

Foto: getthegloss.com

Yogurt adalah sumber protein, karbohidrat, dan lemak sehat, serta mengandung bakteri probiotik atau kuman baik yang mendukung fungsi kekebalan tubuh dan menjaga kuman berbahaya agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Dr. Li mengatakan ada hubungan antara konsumsi yogurt dan penurunan tingkat infeksi pernapasan dan sakit telinga.

“Lebih dari itu, tekstur yogurt yang dingin dan lembut membuatnya menjadi makanan yang mudah untuk ditelan ketika tidak ada hal lain yang mampu menenangkan,” kata Dr. Li.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Radang Tenggorokan dan Infeksi Tenggorokan

3. Telur Orak Arik

telor-orak-arik.jpeg

Foto: foodnetwork.com

Tidak hanya mudah untuk ditelan oleh penderita radang tenggorokan, telur orak-arik juga sarat dengan protein dan asam lemak omega-6 yang dapat membantu melawan peradangan pada tenggorokan Moms.

"Telur kaya akan mineral seperti zat besi, dan selenium, serta vitamin D dan B12, yang dapat membantu menangkal infeksi buruk yang menyebabkan sakit radang tenggorokan Anda," kata Dr. Li.

4. Puding

puding.jpg

Foto: tornadoughalli.com

Puding direkomendasikan untuk meredakan radang tenggorokan, karena teksturnya yang lembut tidak akan menyebabkan iritasi lebih lanjut.

"Puding adalah pilihan yang layak ketika Anda memiliki radang tenggorokan. Tetap awasi kandungan gulanya, karena camilan yang memiliki gula tinggi dapat menekan sistem kekebalan agar tidak melawan infeksi atau memperbaiki jaringan yang rusak," kata Dr. Li seperti dikutip dari womenshealthmag.com.

5. Es Krim

ice-cream.jpg

Foto: taste.com.au

Makanan dingin seperti es krim bisa sangat baik bagi penderita radang tenggorokan karena makanan ini membantu meredakan sakit dan bahkan mengurangi peradangan.

Namun, ingatlah untuk tidak terlalu membabi buta dengan gula. Jika Moms tidak ingin menikmati es krim yang sarat gula, pilihlah versi vegan atau buatan rumah yang lebih sehat.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Ibu Menyusui

6. Smoothie

smoothies.jpg

Foto: kutv.com

Smoothie adalah cara yang bagus untuk mengemas produk salad sehingga menjadi segelas jus yang bisa dinikmati menjadi beberapa tegukan.

Dr. Li menyarankan untuk tetap berpegang pada bahan-bahan seperti kangkung, seledri dan beri yang rendah gula dan tinggi antioksidan sebagai penangkal penyakit.

7. Mashed Potato

mashed-potato.jpeg

Foto: pillsbury.com

Buang kulit pada kentang dan tumbuk agar menjadi mashed potato. Makanan ini mengandung sumber magnesium, vitamin C, dan antioksidan yang kaya, dimana semuanya mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Pastikan kentang tumbuk yang Moms buat tidak terlalu panas, karena itu bisa membuat tenggorokan Moms semakin teriritasi.

"Mashed potato mudah ditelan dan cukup mengenyangkan jika Anda tidak memiliki selera makan. Anda juga dapat dengan mudah menambahkan bawang putih yang sangat bermanfaat bagi penderita radang tenggorokan," kata Dr. Mia Finkelston, MD, Dokter Spesialis Kesehatan Keluarga, Maryland, Amerika Serikat.

Baca Juga: Mengenal Penyebab dan Cara Atasi Radang Amandel pada Anak

8. Mac and Cheese

macaroni.jpeg

Foto: divascancook.com

Selain mashed potato, Finkelston juga merekomendasikan makaroni dan keju untuk alasan yang sama seperti mashed potato.

Rasa makaroni dan keju juga cukup mengenyangkan dan mudah ditelan jika Moms sakit radang tenggorokan.

Selain makanan-makanan di atas, National Institutes of Health mengingatkan agar Moms terus menjaga tenggorokan tetap lembap dengan minum banyak cairan, terutama air putih. Kondisi yang kering akan memperparah rasa gatal dan sakit di tenggorokan.

(RIE/ERW)

Artikel Terkait