KESEHATAN
24 Agustus 2020

21 Jenis Makanan untuk Meredakan Radang Tenggorokan, Ayo Dicoba!

Pilih makanan bertekstur lembur agat tenggorokan tidak mengalami iritasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Ketika salah satu anggota keluarga Moms atau bahkan Moms sendiri menderita radang tenggorokan, maka rasa terbakar dan perasaan tidak nyaman yang ditimbulkannya dapat membuat sulit untuk minum atau makan.

Makanan yang lunak dan sangat mudah ditelan biasanya aman dikonsumsi ketika Moms radang tenggorokan.

Tekstur yang lembut akan membantu membatasi jumlah iritasi pada tenggorokan Moms. Makanan dan minuman hangat juga dapat membantu menenangkan tenggorokan Moms.

Dr. Nathan Favini, Dokter Penyakit Dalam di San Francisco, California, mengatakan bahwa penyebab paling umum dari radang tenggorokan adalah infeksi virus.

"Virus dan respons imun Anda terhadap menyebabkan lapisan tenggorokan Anda meradang dan akhirnya menyebabkan rasa sakit," kata Nathan yang juga merupakan kepala medis di Forward, sebuah startup yang bergerak dibidang layanan kesehatan.

Baca Juga: 7 Obat Alami untuk Atasi Sakit Tenggorokan

Meredakan Radang Tenggorokan

Ketika tubuh Moms berada dalam pergolakan infeksi, sangat penting untuk menjaga perut agar tetap kenyang. Tidak banyak yang dapat Moms lakukan tentang infeksi virus, kecuali mengatasinya dan tetap terhidrasi.

Cynthia Li , MD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus penulis Brave New Medicine, menambahkan bahwa makanan padat nutrisi adalah resep makanan dengan minim atau rendah resiko.

Pada dasarnya, jika Moms dapat membangkitkan nafsu makan, cobalah untuk mengumpulkan nutrisi sebanyak mungkin.

Lantas bagaimana mengatasi hal ini? Makanan dan minuman apa yang baik atau boleh dikonsumsi untuk meredakan radang tenggorokan?

1. Sup Ayam

sup-ayam.jpg

Foto: againstallgrain.com

Dr. Li menjelaskan bahwa sakit radang tenggorokan adalah akibat dari peradangan dan dehidrasi.

Cairan seperti kaldu dalam sup ayam tidak hanya mengisi kembali air yang hilang, tetapi kandungan garamnya membantu tubuh Moms menahan cairan agar tetap berada di dalam jaringan.

Dilansir dari jurnal American College of Chest Physicians, sup ayam berguna untuk mengurangi radang tenggorokan dan gejala flu lainnya.

Manfaat yang sama berlaku untuk hampir semua kaldu sup. Selain itu, konsumsi sayur akan sangat bermanfaat jika Moms adalah bagian dari vegetarian.

2. Yoghurt

Yogurt

Foto: getthegloss.com

Yogurt adalah sumber protein, karbohidrat, dan lemak sehat, serta mengandung bakteri probiotik atau kuman baik yang mendukung fungsi kekebalan tubuh dan menjaga kuman berbahaya agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Dr. Li mengatakan ada hubungan antara konsumsi yogurt dan penurunan tingkat infeksi pernapasan dan sakit telinga.

“Lebih dari itu, tekstur yogurt yang dingin dan lembut membuatnya menjadi makanan yang mudah untuk ditelan ketika tidak ada hal lain yang mampu menenangkan,” kata Dr. Li.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Radang Tenggorokan dan Infeksi Tenggorokan

3. Telur Orak Arik

telor-orak-arik.jpeg

Foto: foodnetwork.com

Tidak hanya mudah untuk ditelan oleh penderita radang tenggorokan, telur orak-arik juga sarat dengan protein dan asam lemak omega-6 yang dapat membantu melawan peradangan pada tenggorokan Moms.

"Telur kaya akan mineral seperti zat besi, dan selenium, serta vitamin D dan B12, yang dapat membantu menangkal infeksi buruk yang menyebabkan sakit radang tenggorokan Anda," kata Dr. Li.

4. Puding

puding.jpg

Foto: tornadoughalli.com

Puding direkomendasikan untuk meredakan radang tenggorokan, karena teksturnya yang lembut tidak akan menyebabkan iritasi lebih lanjut.

"Puding adalah pilihan yang layak ketika Anda memiliki radang tenggorokan. Tetap awasi kandungan gulanya, karena camilan yang memiliki gula tinggi dapat menekan sistem kekebalan agar tidak melawan infeksi atau memperbaiki jaringan yang rusak," kata Dr. Li seperti dikutip dari womenshealthmag.com.

5. Es Krim

ice-cream.jpg

Foto: taste.com.au

Makanan dingin seperti es krim bisa sangat baik bagi penderita radang tenggorokan karena makanan ini membantu meredakan sakit dan bahkan mengurangi peradangan.

Namun, ingatlah untuk tidak terlalu membabi buta dengan gula. Jika Moms tidak ingin menikmati es krim yang sarat gula, pilihlah versi vegan atau buatan rumah yang lebih sehat.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Ibu Menyusui

6. Smoothie

smoothies.jpg

Foto: kutv.com

Smoothie adalah cara yang bagus untuk mengemas produk salad sehingga menjadi segelas jus yang bisa dinikmati menjadi beberapa tegukan.

Dr. Li menyarankan untuk tetap berpegang pada bahan-bahan seperti kangkung, seledri dan beri yang rendah gula dan tinggi antioksidan sebagai penangkal penyakit.

7. Mashed Potato

mashed-potato.jpeg

Foto: pillsbury.com

Buang kulit pada kentang dan tumbuk agar menjadi mashed potato. Makanan ini mengandung sumber magnesium, vitamin C, dan antioksidan yang kaya, dimana semuanya mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Pastikan kentang tumbuk yang Moms buat tidak terlalu panas, karena itu bisa membuat tenggorokan Moms semakin teriritasi.

"Mashed potato mudah ditelan dan cukup mengenyangkan jika Anda tidak memiliki selera makan. Anda juga dapat dengan mudah menambahkan bawang putih yang sangat bermanfaat bagi penderita radang tenggorokan," kata Dr. Mia Finkelston, MD, Dokter Spesialis Kesehatan Keluarga, Maryland, Amerika Serikat.

Baca Juga: Mengenal Penyebab dan Cara Atasi Radang Amandel pada Anak

8. Mac and Cheese

macaroni.jpeg

Foto: divascancook.com

Selain mashed potato, Finkelston juga merekomendasikan makaroni dan keju untuk alasan yang sama seperti mashed potato.

Rasa makaroni dan keju juga cukup mengenyangkan dan mudah ditelan jika Moms sakit radang tenggorokan.

9. Teh Kamomil dengan lemon

Makanan untuk Radang Tenggorokan

Foto: Orami Photo Stock

Selain menyediakan senyawa anti-inflamasi, kamomil juga telah terbukti dapat membantu kita tertidur lebih cepat; dan tidur tentu sangat penting saat tubuh sedang tidak sehat. Jika Moms mengalami radang tenggorokan yang disertai juga dengan batuk, manfaat antispasmodik pada kamomil dapat membantu mengatasinya. Tambahkan lemon segar untuk meningkatkan vitamin C dan bonus antioksidan ya Moms.

10. Teh Madu

pilih madu manuka untuk radang tenggorokan

Foto: Orami Photo Stock

Jika radang tenggorokan Moms disertai dengan batuk, madu juga bisa membantu. Makanan manis tidak hanya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, tetapi juga terbukti efektif sebagai obat penekan batuk.

Carilah madu organik mentah atau madu Manuka, sejenis madu yang berasal dari Selandia Baru dengan kualitas antibiotik yang sangat manjur.Penelitian dalam Archives of Medical Research, menemukan bahwa madu Manuka menghambat replikasi virus flu.

Tambahkan madu ke dalam teh atau oatmeal Moms , tabur dengan ubi sedikit, kocok ke dalam smoothie atau cukup minum langsung dari sendok.

Baca Juga: 11 Ciri Madu Asli, Jangan Terkecoh dengan yang Palsu ya!

11. Oatmeal

oatmeal memiliki tekstur yang lembut

Foto: Orami Photo Stock

“Secara umum, makanan terbaik untuk dimakan saat kita mengalami radang tenggorokan adalah makanan dengan tekstur lembut, yang tidak akan semakin mengiritasi tenggorokan kita saat ditelan,” kata Dr. Favini. Jadi ya, oatmeal pasti memenuhi syarat.

Dr. Li menambahkan juga bahwa oatmeal kaya akan magnesium, seng, dan antioksidan, yang memulai proses detoksifikasi tubuh, kemudian membersihkan tubuh dari limbah dan infeksi.

12. Oatmeal dengan Pisang Tumbuk

oatmeal dan pisang memiliki tekstur lembut

Foto: cookingclassy.com

Oatmeal dengan pisang tumbuk mampu membantu mengatasi peradangan, sedangkan zinc mendukung kekebalan dan penyembuhan. Terlebih lagi, biji-bijian mudah untuk dicerna. Seperti kaldu, oat juga menawarkan bahan dasar yang dapat dicampur dengan bahan sehat lainnya.

Dalam hal ini, pisang tumbuk adalah bahan tambahan yang hebat, karena teksturnya yang lembut, kandungan vitamin C, dan antioksidannya. Moms juga bisa menambahkan sedikit madu, jahe, dan kayu manis. Nikmati oat hangat, dicampur dengan air panas, atau rendam semalaman dalam susu almond dengan bubur buah dan rempah-rempah dan makanlah dalam keadaan dingin.

13. Jahe

campurkan jahe dan teh untuk mengatasi sakit tenggorokan

Foto: Orami Photo Stock

Akar jahe segar adalah obat anti-inflamasi yang manjur. Bahan ini juga mampu melawan rasa mual, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan memiliki sifat anti virus dan anti bakteri.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Nutrition Journal, kombinasi jahe dan madu terbukti lebih efektif daripada menggunakannya masih-masing.

Dr. Li menambahkan bahwa karena banyak radang tenggorokan yang disertai dengan postnasal drip, yang dapat mengiritasi perut dan menyebabkan mual, khasiat terbaik jahe yang mampu menangkis mual, adalah alasan kuat lainnya untuk mencobanya minuman ini.

Kupas, parut halus, dan tambahkan pada pops buah buatan kita, teh dengan madu, oatmeal, ubi tumbuk, atau smoothie juga enak.

Baca Juga: Amankah Minum Jahe Merah Saat Hamil? Simak Penjelasannya di Sini

14. Sayuran yang Dimasak

makanan radang tenggorokan

Foto: foodnetwork.ca

Sayangnya bagi mereka yang tidak menyukai sayuran hijau, sakit bukanlah alasan untuk melewatkan konsumsi sayuran. Saat tenggorokan kita gatal, masak sayuran umbi favorit sampai empuk agar lebih mudah untuk ditelan dan dicerna tenggorokan yang sakit adalah langkah tepat. Selain itu, mereka penuh dengan nutrisi penambah kekebalan tubuh.

15. Sup Wortel

mengatasi radang tenggorokan

Foto: pinchofyum.com

Sementara wortel mentah dapat memperparah iritasi pada tenggorokan, sup wortel adalah cara yang sangat menenangkan untuk mencerna semua nutrisi penyembuhan yang kita perlukan dalam wortel, termasuk vitamin A, C, dan kalium.

16. Kubis

kubisa untuk radang tenggorokan

Foto: tasteofhome.com

Dulu, pengobatan tradisional untuk sakit tenggorokan adalah membungkus leher seseorang dengan daun kubis. Saat ini, kita tahu bahwa hanya dengan makan kubis saja, juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang sama, karena kubis mengandung antioksidan, vitamin C, sulfur dan nutrisi penting lainnya yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sakit tenggorokan.

17. Sage

radang tenggorokan

Foto: foodnetwork.ca

Sage tidak hanya menambah rasa lezat pada resep masakan, tetapi juga menawarkan kualitas astringent, antiseptik, dan antibakteri, itulah sebabnya ramuan wangi ini telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk radang tenggorokan.

18. Cuka Apel

cuka apel

Foto: Orami Photo Stock

Cuka apel memiliki sifat antibakteri, sehingga menjadikannya bahan pokok dapur yang diperlukan selama musim dingin dan flu.

Berkumurlah dengan air yang dicampur dengan satu sendok teh dengan madu dan air hangat, atau tambahkan ke salad, bisa menjadi salah satu pilihan lezat yang akan mencerahkan makanan musim dingin kita.

Baca Juga: Inilah 6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh

19. Kayu manis

mengatasi radang tenggorokan

Foto: foodnetwork.ca

Bumbu masakan yang harum ini enak dan akan menghangatkan hati. Selain itu, dapat membantu melawan flu dan radang tenggorokan. Itu karena kayu manis mengandung sifat antibakteri dan antioksidan.

20. Ubi Manis Tumbuk dengan Kayu Manis

makanan lunak untuk radang

Foto: bigoven.com

Ubi jalar menyediakan dua nutrisi penunjang kekebalan tubuh utama, yaitu vitamin A dan C. Mereka juga kaya akan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, dan tekstur tumbuknya menenangkan untuk sakit tenggorokan.

Kayu manis menambah rasa, tetapi juga merupakan sumber antioksidan yang kuat dan mendukung kekebalan dengan membantu menangkis virus, bakteri, dan jamur. Campur bumbu ini dengan sedikit sirup maple atau madu, dan masukkan ke dalam adonan, atau campur keduanya dengan sedikit kurma yang direndam air, tepung almond, dan sirup maple untuk membuat "puding" lezat yang bergizi.

21. Cengkeh

terserang sakit tenggorokan

Foto: foodnetwork.ca

Teh sederhana yang terbuat dari campuran cengkeh bisa sangat efektif saat menderita radang tenggorokan, karena cengkih bersifat antijamur dan juga memiliki sifat anestesi yang dapat meredakan rasa gatal dan nyeri.

Selain makanan-makanan di atas, National Institutes of Health mengingatkan agar Moms terus menjaga tenggorokan tetap lembap dengan minum banyak cairan, terutama air putih. Kondisi yang kering akan memperparah rasa gatal dan sakit di tenggorokan.

Artikel Terkait