KESEHATAN
18 November 2019

Makanan untuk Penderita Wasir: Apa yang Boleh dan Tidak Boleh?

Buah, sayuran, dan gandum baik untuk dikonsumsi
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms sedang atau pernah mengalami wasir? Wasir memang membuat aktivitas jadi tidak nyaman ya Moms. Mau duduk sakit, mau berdiri, lama-lama pegal juga. Pekerjaan yang harus dilakukan sambil duduk pun jadi terhambat. Belum lagi saat buang air, duh, rasanya pasti sakit sekali.

Selain mengobati wasir dengan salep, Moms juga penting lho untuk menjaga asupan makanan. Ternyata, makanan untuk penderita wasir itu memang harus diperhatikan. Jika tidak, bukan tidak mungkin wasir jadi semakin parah bahkan sampai harus disembuhkan melalui tindakan operasi wasir.

Tapi, kira-kira apa makanan untuk penderita wasir yang aman dan tidak? Yuks simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Wasir, Mudah Kok!

Makanan untuk Penderita Wasir yang Harus Dikonsumsi

makanan wasir

Foto: well-beingsecrets.com

Para peneliti di National Institutes of Health menyarankan cara terbaik untuk mengobati wasir adalah konsumsi makanan tinggi serat.

Tujuannya, agar tidak mengalami sembelit. Setidaknya perlu mengonsumsi serat sebanyak 25-30 gram setiap hari.

Makanan kaya akan serat di antaranya buah-buahan dan sayuran segar serta biji-bijian seperti quinoa, beras merah dan gandum.

Misalnya, dengan mengonsumsi sekitar 20 almond berarti sudah mencukupi 3 gram serat. Selain sebagai cemilan, bisa pula tambahkan kacang seperti kacang polong ke dalam sup atau konsumsi kacang-kacangan bersamaan dengan salad.

Selain itu, jika terbiasa sarapan dengan roti putih sebaiknya ganti dengan roti gandum. Oatmeal juga memiliki kandungan serat yang baik dikonsumsi.

Untuk buah-buahan, Moms bisa memilih apel, pir, prem, kentang, pisang, atau anggur yang mengandung flavonoid untuk membantu mengendalikan perdarahan wasir.

Satu porsi buah memenuhi 10 persen serat harian atau 3 hingga 4 gram. Sedangkan untuk sayuran, kangkung dan sayuran bewarna gelap lainnya kaya akan flavonoid. Usahakan dalam proses memasaknya tidak merusak kulit atau daun, hindari memasak sampai warnanya memudar.

Beberapa sayuran dan buah-buahan juga memiliki serat plus banyak kandungan air yang baik untuk penderita wasir. Misalnya, mentimun, seledri, paprika, dan semangka.

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele, Ini 6 Cara Mengobati Wasir

Makanan untuk Penderita Wasir yang Harus Dihindari

belanja makanan untuk wasir.jpg

Foto: crhsystem.com

Para ahli Pacific College of Oriental Medicine menyarankan untuk menghindari makanan berlemak, seperti burger cepat saji dan mengurangi konsumsi alkohol seminimal mungkin, bahkan stop konsumsi alkohol.

Hindari pula susu dan produk olahannya seperti makanan susu es krim dan keju karena dapat menyebabkan sembelit, yang dapat mengiritasi wasir. Daging berlemak dan makanan olahan seperti makanan beku dan makanan cepat saji juga sebaiknya dihindari.

Sedangkan untuk makanan pedas tidak memiliki efek, baik positif maupun negatif terhadap pada wasir, akan tetapi dapat menyebabkan diare yang mungkin membuat wasir terasa lebih buruk.

Perhatikan pula jumlah garam yang dikonsumsi. Suplemen zat besi juga dapat menyebabkan konstipasi dan masalah pencernaan lainnya, jadi sebaiknya bicarakan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen zat besi.

Baca Juga: 4 Penyebab Wasir yang Tidak Boleh Disepelekan

Jadi, sudah tahu kan Moms minuman dan makanan untuk penderita wasir yang aman dan tidak? Jangan lupa dimasukkan ke keranjang belanjaan ya!

(SWN)

Artikel Terkait