BALITA DAN ANAK
10 Juli 2020

5 Makanan yang Harus Dihindari jika Anak Alergi Telur

Makanan berbahan dasar telur pun patut dihindari anak yang alergi telur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Telur ada di mana-mana. Tidak hanya disajikan untuk sarapan, ice cream, dan pancake, telur juga terdapat di dalam berbagai jenis makanan, Moms. Tapi bagaimana jika Si Kecil mengalami alergi terhadap telur?

Telur merupakan makanan yang dapat menyebabkan reaksi sensitivitas makanan, salah satunya alergi. Jika Si Kecil memiliki alergi telur, tentunya Moms perlu lebih hati-hati mengawasi asupan makanan Si Kecil.

Makanan untuk yang Alergi Telur

Dilansir dari Kids Health, anak yang memiliki alergi telur biasanya bereaksi berlebihan terhadap protein di dalamnya.

Saat ia minum atau makan produk yang mengandung telur, tubuhnya akan mengira protein ini berbahaya sehingga sistem kekebalan akan merespon dengan berusaha melawannya. Hal inilah yang menyebabkan reaksi alergi.

Lalu, apa saja makanan yang harus dihindari jika anak alergi telur, ya? Berikut 5 makanan untuk yang alergi telur dan harus dihindari.

1. Roti

makanan untuk yang alergi telur 1.jpeg

Foto: Unsplash.com

Roti umumnya disukai anak-anak. Namun, roti merupakan makanan yang mengandung banyak telur. Menurut studi dari University of Rochester Medical Center, roti perlu dihindari oleh Si Kecil yang memiliki alergi telur.

Moms bisa mengganti roti dengan makanan-makanan lain yang tidak mengandung telur sebagai bahan dasarnya, seperti membuat muffin tanpa telur.

Baca Juga: Alergi Telur pada Anak: Gejala dan Cara Mengatasinya

2. Ice Cream

makanan untuk yang alergi telur 2.jpeg

Foto: Unsplash.com

Moms, siapa anak-anak yang tidak menyukai ice cream? Sulit untuk menghapus ice cream dari daftar makanan favorit Si Kecil. Sayangnya, hal serupa juga terjadi pada mereka yang alergi telur, karena sebagian besar ice cream mengandung telur.

Namun, tidak perlu khawatir karena Moms bisa mencoba membuat ice cream tanpa telur di rumah, nih. Cek bahan-bahan dan cara membuatnya berikut ini, ya.

Bahan:

  • 1 kaleng susu kental manis
  • 5 gelas air matang
  • 10 sdm gula pasir
  • 6 sdm tepung maizena, dilarutkan dengan air
  • Buah yang sudah dipotong-potong kecil (sesuai selera)

Cara Membuat:

Masukkan susu kental, gula, air, dan tepung maizena yang sudah dilarutkan tadi. Rebus hingga mendidih, setelah itu diamkan hingga dingin. Tuang dalam wadah dan jangan lupa juga masukkan potongan buah. Terakhir, simpan di freezer semalaman. Selain mudah dibuat, makanan untuk yang alergi telur satu ini juga sangat menyehatkan, lho.

3. Pasta

makanan untuk yang alergi telur 3.jpeg

Foto: Unsplash.com

Moms, tahukah kalau ternyata pasta yang dijual dipasaran kebanyakan mengandung telur?

Untuk itu, pasta menjadi salah satu makanan untuk yang alergi telur dan patutu dihindari. Sebagai pengganti, Moms bisa memberikannya sereal, karena lebih sehat dan bebas telur.

Baca Juga: 3 Ide Mengolah Pasta Untuk Anak Agar Gizinya Tetap Terpenuhi

4. Kue & Biskuit

makanan untuk yang alergi telur 4.jpeg

Foto: Unsplash.com

Si Kecil pasti menyukai kue. Bukan hanya karena rasanya yang enak, tetapi juga karena berbagai bentuknya yang unik dan lucu. Sebagian besar kue dan biskuit mengandung telur, sehingga Si Kecil yang memiliki alergi telur tentu perlu menghindarinya.

Namun Moms tidak perlu bingung, beberapa kue bisa dibuat tanpa menggunakan telur seperti pancake, croissant, pie, donat dan brownies. Meski dibuat tanpa telur, kue-kue tersebut juga tetap sangat nikmat. Jadi, jangan malas berkreasi ya, Moms!

5. Mayonnaise

makanan untuk yang alergi telur 5.jpg

Foto: Pixabay.com

Tidak heran jika mayonnaise harus dihindari Si Kecil yang memiliki alergi telur. Sebab, mayonnaise menggunakan banyak telur dan minyak sebagai bahan dasarnya.

Biasanya mayonnaise digunakan sebagai saus untuk memakan salad sayur atau buah. Hindari menyediakan bahan yang satu ini bagi Si Kecil dan ganti dengan salad dressing atau tartar sauces.

Baca Juga: Waspadai 5 Gejala Anak Alergi Makanan Berikut Ini

Menurut data dari Food Allergy Research & Education, alergi telur merupakan salah satu alergi yang paling umum menyerang anak-anak, kedua setelah alergi susu. Cara terbaik untuk mengobati alergi telur adalah menghindari makanan yang mengandung telur.

Orang tua tentu harus membantu anak agar bisa menghindarinya. Ajari anak untuk mengatasi alergi telurnya dengan menyediakan bahan-bahan makanan yang bebas telur dan gaya hidup lebih sehat. Semangat ya, Moms!

Artikel Terkait