KESEHATAN
29 Januari 2020

7 Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

Bagi penyuka makanan berlemak, kolesterol merupakan penyakit yang patut diwaspadai
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Kolesterol adalah molekul sejenis lipid atau yang biasa dikenal dengan lemak yang berguna dalam tubuh manusia.

National Heart, Lung and Blood Institute memaparkan bahwa kolesterol merupakan zat berlemak yang baik dalam membantu proses pencernaan, membentuk asam empedu, memproduksi hormon, dan vitamin D.

Namun, bila kadarnya berlebih, kolesterol akan menumpuk dan menghambat aliran darah. Menurut Center for Disease Control and Prevention ada dua jenis kolesterol yaitu HDL atau high-density lipoprotein dan LDL atau low-density lipoprotein.

HDL merupakan koresterol baik dengan fungsi mengangkat kolesterol ke organ hati, agar tubuh bersih dari kelebihan kolesterol, sedangkan LDL mengandung lebih banyak lemak yang tidak baik bagi tubuh.

Kolesterol yang berlebih dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung.

Baca Juga: Catat, Ini Cara Menurunkan Kolesterol tanpa Obat

Menurunkan Kolesterol dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Seseorang yang ingin menurunkan kolesterol dalam tubuhnya dapat mengatasinya dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

Berikut makanan-makanan yang mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh:

1. Kacang-kacangan

makanan penurun kolesterol

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang bisa menurunkan kolesterol secara alami.

Hasil terbaru di Kanada membuktikan bahwa kacang-kacangan dapat menurunkan kadar kolesterol setelah rutin memakan kacang-kacangan.

Kandungan serat larut pada yang tinggi dapat mengurangi kadar kolesterol. Salah satunya dengan mengonsumsi buncis, kacang merah, kacang panjang, almond selama 6 minggu dengan pengolahan yang tepat akan memberikan efek yang baik.

2. Oatmeal

Makanan Penurun Kolesterol

Oatmeal merupakan salah satu pengganti nasi yang cukup banyak digemari. Bahan pangan ini terbuat dari gandum yang banyak mengandung serat dan berbagai vitamin.

Oatmeal lebih sering dikenal dengan makanan diet. Selain praktis, kandungan serat larut dalam oatmeal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

3. Kuaci Tawar

Makanan Penurun Kolesterol 4

Kuaci merupakan camilan yang berasal dari biji bunga matahari. Tak disangka-sangka, camilan ini malah memiliki zat tembaga yang baik bagi tubuh.

Zat tembaga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Camilan ini akan lebih baik jika memiliki rasa yang tawar tanpa tambahan rasa atau garam.

4. Minyak Zaitun

makanan yang menurunkan kolesterol zai

Minyak zaitun yang mengandung asam lemak tak jenuh dan vitamin E yang dapat menurunkan kolesterol jahat.

Bahan ini bisa diaplikasikan dalam berbagai olahan makanan, seperti salad atau tumisan.

5. Avokad

makanan penurun kolesterol

Avokad dengan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dengan beta-sistosterol atau sejenis lemak nabati yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Namun, konsumsi buah ini harus tetap dalam batasan untuk menghindari kadar kalori dan lemak yang tinggi.

Baca Juga: 7 Masker Wajah Alami dari Alpukat untuk Kulit Sehat Bersinar

6. Jambu Biji

makanan penurun kolesterol

Jambu Biji merupakan salah satu makanan yang ampuh menurunkan kolesterol. Buah ini mengandung serat dan kalium yang dapat menurunkan LDL, sedangkan vitamiin dan mineralnya dapat meningkatkan kadar HDL untuk mencegah penyakit jantung.

7. Apel

makanan penurun kolesterol ap

Bagi yang sering mengupas apel ketika akan memakannya, coba hentikan kebiasaan itu ya!

Dilansir dari Harvard Health Publishing, kulit apel mengandung pektin atau sejenis serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Serat larut ini akan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan yang akan dikeluarkan melalui urine atau feses.

Pada dasarnya pola makan dan gaya hidup menjadi faktor utama dalam mengindari kolesterol. Kontrol makanan berminyak dan perbanyak konsumsi buah-buahan, cegah kolesterol sebelum terlambat.

(PSF/ERW)

Artikel Terkait