NEWBORN
1 April 2020

Agar ASI Lancar, Ini 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui Saat Puasa

Lezat dan menyehatkan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Ramadan adalah momen yang sakral bagi para umat Muslim di dunia. Di bulan Ramadan, umat Muslim berpuasa selama 30 hari dari sebelum subuh hingga magrib tiba.

Dalam menjalani ibadah puasa, menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk ibu menyusui. Karena Moms harus tetap mendapatkan asupan nutrisi ASI yang penting, tetapi di saat yang bersamaan selama lebih dari 12 jam tak ada asupan makanan yang masuk ke tubuh.

"Ketika kita menyusui, tubuh mengambil lemak, karbohidrat, sel-sel kekebalan tubuh, dan ribuan komponen lain dari darah kita untuk membuat ASI," jelas Helen Anderson, RN, MSN, pakar laktasi untuk Fairhaven Health dan pencipta Milkies Milk Saver, dikutip dari Popsugar.

Sebenarnya, para ibu menyusui dibebaskan jika memang ingin ikut berpuasa. Mengutip MomKelly.com, ibu menyusui sebaiknya tidak berpuasa jika mereka merasa kesehatan bayi akan terpengaruh secara negatif oleh puasa.

Penting memastikan pada dokter jika tidak ada masalah saat menyusui dan hendak berpuasa selama bulan Ramadan.

Makanan Agar ASI Lancar saat Puasa

Agar tubuh tetap prima dan produksi ASI lancar, berikut ini makanan yang bisa dikonsumsi ibu menyusui selama bulan Ramadan!

Baca Juga: Yuk Ketahui Sejuta Manfaat ASI untuk Kesehatan Bayi

1. Oatmeal

bowl breakfast cereal 543730

Tidak mahal dan mudah dimasak, oatmeal menjadi daftar teratas. Moms bisa membuat sahur dengan menu oatmeal yang lezat.

"Oat, dikemas dengan serat gandum dan protein, membuat kita merasa kenyang untuk waktu yang lama. Mereka juga mencerna secara perlahan dan menjaga gula darah stabil, yang bisa memiliki pengaruh besar pada pasokan ASI," jelas Anderson.

2. Telur

boiled egg bread egg 160850

"Telur adalah protein lengkap, dengan semua asam amino yang dibutuhkan Anda dan bayi, dan dapat meningkatkan asupan kolin harian Anda, nutrisi penting yang membantu kesehatan serta perkembangan bayi," kata Elizabeth Shaw, MS, RDN, CLT, penulis Fertility Foods.

Mengutip Mayo Clinic, pilihlah makanan kaya protein, seperti telur, daging tanpa lemak, susu, kacang-kacangan, lentil, dan makanan laut yang rendah merkuri.

Moms bisa membuat ragam olahan telur mulai dari orak-arik, ceplok, sambal balado, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ketika Ibu Sakit, Dapatkah Tetap Memberi ASI pada Bayi?

3. Alpukat

000ca43e 1600

Alpukat menjadi sumber lemak nabati yang sehat untuk jantung, mengandung 75 persen lemak tak jenuh, alpukat adalah makanan alami yang luar biasa untuk dimakan saat menyusui.

"Ini pilihan kaya nutrisi yang mengandung serat, folat, dan protein. Alpukat bertindak sebagai 'penambah nutrisi' dengan membantu meningkatkan penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, K, dan E," jelas Shaw.

Dalam jurnal Nutrients, selama periode menyusui Moms harus mendapatkan beberapa nutrisi utama, seperti vitamin dan asam lemak, yang dapat memengaruhi nutrisi ASI yang dikonsumsi Si Kecil.

4. Yoghurt

close up cream creamy 357586

Semangkuk yoghurt Yunani sangat cocok untuk sahur, atau sebagai makanan penutup. Ketimbang Moms memliih makanan penutup dengan kandungan gula yang banyak, yoghurt bisa jadi pilihan nikmat.

"Dipenuhi dengan probiotik, bakteri ramah usus yang membantu memperkuat kekebalan ibu dan bayi, protein, kalsium, dan vitamin B-12, itu akan membuat bakteri baik mendukung kesehatan dan pencernaan," kata Shaw.

Baca Juga: Tak Sekadar untuk Bayi, Ini Dia 6 Manfaat ASI untuk Ibu

5. Nasi Merah

blur close up cuisine 723198

Anderson mengatakan bahwa selain kaya serat dan bisa menstabilkan gula darah, beras merah juga dapat meningkatkan kadar serotonin, yaitu hormon yang membantu mengelola stres.

Selain itu, serotonin juga terbukti meningkatkan kadar prolaktin, hormon utama dalam produksi susu. Moms bisa memakai nasi merah saat sahur jika bosan dengan nasi putih atau ingin mengganti asupan karbohidrat yang lebih sehat.

6. Kacang

almond almonds brazil nut 1295572

Dikemas dengan lemak yang baik, kacang-kacangan adalah makanan lain yang dapat membantu pasokan ASI.

"Kacang mengandung tryptophan, yang diubah menjadi serotonin, penstabil suasana hati alami yang membantu Anda mengelola stres, tidur lebih baik, dan meningkatkan prolaktin," kata Anderson.

Itu dia Moms, makanan yang baik dikonsumsi untuk ibu menyusui yang hendak berpuasa. Konsumsi makanan-makanan ini agar tubuh tetap fit selama berpuasa!

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar tips lancar ASI saat berpuasa, Moms bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

(AP/INT)

Artikel Terkait