FASHION & BEAUTY
16 Oktober 2019

Konsumsi 8 Makanan Ini Agar Rambut Kuat

Ada beberapa makanan yang bisa Moms konsumsi untuk memperkuat akar rambut
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, pasti setuju kalau rambut yang sehat dan berkilau adalah impian setiap wanita? Tidak mengherankan banyak wanita yang melakukan berbagai perawatan, mulai dari perawatan rumahan hingga mengeluarkan budget khusus untuk perawatan rambut di salon. Rambut yang sehat memang yang berkilau, lembap, halus, dan memiliki akar yang kuat.

Mungkin menjadi pertanyaan Moms pula, berapa waktu yang dibutuhkan untuk rambut dapat tumbuh dengan sehat?

Konsumsi 8 Makanan Ini agar Memperkuat Rambut-1.jpg

The American Academy of Dermatology mengungkapkan rambut yang sehat dan kuat umumnya akan tumbuh sekitar 1 cm per bulannya dan kira-kira tumbuh 15 cm dalam setahun.

Namun, semua itu dapat berubah dan berbeda-beda bagi setiap orang. Ada beberapa faktor yang memengaruhinya seperti usia, jenis rambut, kesehatan tubuh, dan perawatan rambut yang dilakukan.

Perawatan rambut yang tepat nyatanya bukan berdasarkan seberapa banyak yang dipakai atau seberapa mahal produk tersebut, melainkan khasiatnya untuk rambut kita, Moms.

Produk rambut yang mahal namun tidak sesuai dengan jenis rambut, maka tidak akan berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 6 Obat Kutu Rambut yang Ampuh untuk Anak

Makanan untuk Memperkuat Rambut

Kulit Kepala Berminyak, Ini Perawatan Rambut yang Tepat-2.jpg

Perawatan rambut tidak hanya dilakukan dari luar saja melainkan juga dari dalam tubuh. Makanan yang Moms konsumsi ternyata berpengaruh pada tubuh hingga kesehatan rambut. Ini beberapa jenis makanan yang bisa memperkuat rambut, di antaranya adalah:

1. Protein

Kandungan ini sangat penting untuk menjadikan rambut kuat dan sehat. Kurang mengonsumsi protein bisa sebabkan rambut kering, rapuh, dan mudah rontok.

Untuk itu, Moms bisa mendapatkan asupan protein dari berbagai jenis makanan seperti ikan, telur, kacang-kacangan, susu, ubi, bayam, dan brokoli untuk memperkuat rambut.

2. Zat Besi

Zat besi adalah mineral penting agar rambut kuat dan menutrisi folikel rambut.

Konsumsi sayuran hijau dengan zat besi yang tinggi seperti brokoli, kangkung, dan bayam untuk memperkuat rambut.

3. Zinc

Konsumsi makanan yang mengandung zinc dan selenium agar mencegah rambut rontok.

Makanan yang menjadi sumber zinc dan selenium terbaik seperti daging sapi, telur, oatmeal, salmon, dan tuna.

Baca Juga: 5 Manfaat Madu untuk Rambut

4. Biotin

Makanan yang kaya biotin untuk mencegah rambut rapuh, seperti gandum, kuning telur, tepung kedelai, dan ragi.

5. Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah lemak penting untuk tubuh yang bisa didapatkan dari beberapa jenis ikan seperti salmon, sarden, makerel. Selain itu, bisa Moms dapatkan juga dari alpukat, biji labu, dan kacang walnut.

6. Vitamin C

Konsumsi juga buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, kiwi, pepaya, stroberi untuk menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh.

Vitamin C juga membantu dalam produksi kolagen yang dapat memperkuat rambut.

7. Vitamin A

Bagi Moms yang memiliki rambut kering dan rapuh, coba konsumsi makanan kaya vitamin A karena bisa merangsang sebum pada kulit kepala.

Konsumsi produk hewani dan sayuran berwarna oranye yang tinggi beta karoten seperti wortel, labu, dan ubi jalar.

Baca Juga: Ini 5 Masalah Kesehatan yang Jadi Penyebab Rambut Rontok Setiap Hari

8. Vitamin D

Konsumsi makanan mengandung vitamin D yang ada di dalam minuman kacang kedelai, keju, ikan, jamur, yogurt untuk menjaga rambut agar tetap kuat dan sehat.

Ternyata, pola makan yang sehat juga dapat menyebabkan kondisi rambut tidak sehat, lho. Ketika mengonsumsi makanan tidak sehat, maka tubuh akan mengeluarkan racun yang juga bisa berada pada rambut.

Untuk itu, pentingnya mencegah hal tersebut dengan makanan sehat menjaga kondisi tubuh termasuk kekuatan rambut.

Jangan lupa juga untuk mengatur waktu keramas agar tidak terlalu sering dan Moms bisa memakai hair tonic sebagai penguat rambut dari luar. Selamat mencoba, ya, Moms!

(DG)

Artikel Terkait