BALITA DAN ANAK
15 Agustus 2019

Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung pada Anak

Stres dan makan makanan sembarangan bisa menjadi pemicu asam lambung pada anak
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Selama ini banyak yang mengira asam lambung hanya dialami oleh orang dewasa, padahal ternyata anak kecil juga bisa mengalami hal ini.

Pada orang dewasa asam lambung terjadi karena infeksi bakteri dari bakteri H.pylori atau dari penggunaan aspirin. Sedangkan pada anak kecil justru rentan dengan kondisi medis tertentu.

Stres dan makan makanan sembarangan juga tidak menjadi penyebab asam lambung, tapi kondisi dan makanan tersebut justru bisa mengiritasi lambung dan membuat luka dari asam lambung menyebar.

Jika Si Kecil mengalaminya, Moms pasti bingung sendiri. Tapi, tahukah Moms, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa meredakan asam lambung pada anak. Berikut daftarnya!

Baca Juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Asam Lambung Naik

1. Sayuran

asam lambung sayuran hijau.jpg

Sayuran dengan kandungan rendah lemak dan gula, secara alami bisa membantu mengurangi asam lambung.

Moms bisa memilih kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran berdaun hijau, kentang, dan mentimun baik untuk penderita asam lambung dan sistem pencernaan.

Selain itu, sayuran hijau merupakan sayuran dengan rendah lemak dan gula, sehingga bisa membantu mengurangi asam lambung.

2. Oatmeal

asam lambung oat.jpg

Oatmeal merupakan salah satu sarapan favorit, gandum utuh, dan sumber serat yang sangat baik terkandung di dalamnya.

Oatmeal bisa menyerap asam di lambung dan mengurangi gejala refluks. Pilihlah makanan berserat lainnya termasuk roti gandum dan beras gandum.

3. Pisang

asam lambung p.jpg

Buah rendah asam ini bisa membantu anak yang mengalami asam lambung bisa menghilangkan ketidaknyamanan karena lapisan kerongkongan yang teriritasi.

Dikarenakan memiliki kandungan serat yang tinggi, pisang juga dapat membantu memperkuat sistem pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan. Pisang juga mengandung serat larut bernama pektin, serat ini membantu memindahkan isi lambung melalui saluran pencernaan kita.

Sehingga tidak akan ada makanan yang tertinggal, karena makanan yang tertinggal kemudian menempel justru hanya akan terus menghasilkan asam.

Baca Juga: Bagaimana Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil?

4. Melon

asam lambung melon.jpg

Seperti pisang, melon juga merupakan buah yang sangat basa. Keduanya mengandung sumber magnesium yang baik, yang juga terkandung dalam banyak obat untuk asam lambung.

5. Yogurt

asam lambung yogurt.jpg

Seperti pisang, yogurt memiliki efek yang membantu menghilangkan ketidaknyamanan perut.

Yogurt juga mengandung probiotik, sejenis bakteri baik yang ditemukan di saluran pencernaan yang bisa membentuk sistem kekebalan tubuh, sumber protein, memperbaiki proses mencerna makanan dengan benar.

Hal ini dibenarkan oleh Lisa Hugh seorang Ahli Gizi atau Dietitian dari Southern Maryland Dietitian. Ia membenarkan, bahwa makanan dengan bakteri sehat bisa membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi frekuensi asam lambung.

6. Putih Telur

asam lambung putih telur.jpg

Moms, Si Kecil menyukai telur? Jika iya maka putih telur adalah pilihan yang tepat, karena kuning telur justru memiliki kandungan lemak tinggi yang dapat memicu asam lambung.

Jadi, pastikan hanya memberikan putih telurnya saja, Moms bisa mengolahnya menjadi camilan atau makanan olahan ringan lainnya.

Baca Juga: 4 Penyakit Ini Ternyata Muncul karena Gangguan Asam Lambung

7. Daging tanpa Lemak dan Makanan Laut

asam lambung dag.jpg

Ayam, ikan, dan makanan laut merupakan daging rendah lemak yang bisa mengurangi gejala asam lambung. Moms bisa mengolahnya untuk Si Kecil dengan cara dipanggang atau direbus.

Bagi penderita asam lambung gaya hidup dan pola makan sangatlah penting diperhatikan, hindari makanan dengan kandungan asam tinggi yang justru akan memicu naiknya asam lambung.

Selain makanan di atas, Moms bisa berkonsultasi dengan dokter. Jangan sepelekan jika asam lambung pada Si Kecil tiba-tiba menjadi semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter karena dikhawatirkan timbulnya gejala lain, seperti yang dikatakan oleh Rebecca Fitzgerald, Ahli Gastroesophageal di Inggris, mulas yang terjadi sekali dua kali itu normal.

Tapi jika terjadi berkali-kali, dan asam terus naik dari perut, artinya tubuh kita sedang melindungi kerongkongan dan membuat jaringan baru.

Kondisi ini disebut Barrette Oesophagus (alias Kerongkongan Barrette). Parahnya, jaringan baru itu merupakan jaringan abnormal dan cenderung bersifat kanker.

Jadi, jangan anggap remeh urusan asam lambung ini ya Moms.

(PSF/ERN)

Artikel Terkait