BALITA DAN ANAK
4 Juli 2019

Jangan Bingung Lagi, Ini 6 Makanan untuk Anak Pemilih

Ada camilan yang pasti akan disukai anak-anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Si Kecil yang suka memilih-milih makanan adalah hal yang sering dihadapi para ibu seiring dengan tumbuh kembang anak. Sudah bukan hal yang mengejutkan lagi, jika anak tidak mau mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur dan buah.

Bahkan tidak jarang, Si Kecil juga tidak suka mengonsumsi daging. Lalu apa yang mereka makan? Biasanya anak akan lebih suka makanan-makanan seperti kerupuk atau kuah-kuahan saja.

Misalnya ibu memasak sop ayam, ia hanya akan mengambil kuahnya, sayur dan daging ayam di dalamnya tidak disentuh.

Menghadapi hal ini tentu ibu akan bingung. Nah, untuk membantu Moms, berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan untuk anak pemilih. Simak, yuk.

Baca Juga: 5 Cara Mengajarkan Anak Pentingnya Menghargai Makanan

1. Tumis Brokoli

makanan untuk anak yang pemilih, anak yang pemilih

Foto: mooimom.id/

Makanan untuk anak pemilih yang pertama adalah tumis brokoli. Meskipun brokoli bisa menjadi sayur lembek dan berbau bagi sebagian anak-anak, Dr. Marcia Pelchat, ilmuwan di Monell Chemical Senses Center di Philadelphia, menunjukkan bahwa brokoli yang ditumis dan digoreng ringan, akan memberikan rasa yang enak.

Tumis brokoli dengan ¼ sendok teh garam jika anak menyukai makanan asin, untuk menambah nafsu makan tanpa menambahkan banyak natrium.

2. Sup Tomat

makanan untuk anak yang pemilih, anak yang pemilih

Foto: resepkoki.com

Makanan untuk anak pemilih yang selanjutnya adalah sup tomat. Bagi anak yang pemilih, rasa tomat yang mengandung vitamin C tetap disukai, namun tidak secara mentah ya.

Makanya, Moms harus mengolahnya menjadi makanan yang akan membuat Si Kecil tertarik, sup tomat misalnya. Tomat yang sudah dijadikan sup, tentu sudah bebas dari biji dan gumpalan yang tidak disukai anak.

Baca Juga: Cegah Kerusakan Gigi Anak Dengan Makanan Tinggi Serat

3. Calamari Goreng

calamari.jpg

Foto: Readersdigest.ca

Makanan untuk anak pemilih yang selanjutnya adalah calamari goreng. “Saat saya memesan sepiring cumi goreng dan onion rings, putra saya yang berusia 5 tahun menukar piring saya dan berkata bahwa itu adalah cumi goreng terbaik yang pernah ia makan,” kenang Dr Pelchat.

Moms bisa coba menggorengnya sendiri di rumah untuk mengurangi jumlah kalori dan lemak dalam makanan.

4. Sate Ayam

sate ayam.jpg

Foto: Thespruceeats.com

Makanan untuk anak pemilih yang selanjutnya adalah sate ayam. Menurut Dr Pelchat, daging-dagingan biasanya merupakan jenis makanan yang paling bisa diterima oleh anak yang pemilih.

Jika Moms merasa kesulitan untuk meyakinkan buah hati untuk mencoba ayam panggang, coba potong kecil-kecil daging tersebut, lalu tusuk dalam tusukan, untuk dijadikan sate.

Pastikan Moms sudah memotong bagian tusukan yang runcing dan pangganglah di atas alat panggang.

Baca Juga: Resep: Sate Lilit Ayam

5. Buncis

makanan untuk anak yang pemilih, anak yang pemilih

Foto: cookpad.com

Makanan untuk anak pemilih yang selanjutnya adalah buncis goreng. Menurut Sara Haas, konsultan, ahli diet kuliner, dan penulis yang berbasis di Chicago, bahkan untuk orang dewasa, bentuk buncis tidaklah menarik.

Makanya ini menjadi tantangan bagi Moms untuk membuatnya menarik di mata anak-anak.coba goreng dengan minyak zaitun, lalu tambahkan garam dan merica sebagai penyedap rasa.

Makanan untuk anak pemilih berupa camilan buncis panggang yang renyah pun siap disantap. Siapapun pasti akan menyukai camilan ringan ini.

6. Ubi Manis Goreng

makanan untuk anak yang pemilih, anak yang pemilih

Foto: shutterstock.com

Makanan untuk anak pemilih yang selanjutnya adalah ubi manis goreng. “Ubi manis goreng bisa dijadikan sebagai camilan yang mengenyangkan untuk anak yang pemilih,” kata Michelle Hagen, flavorist (pencipta rasa) untuk perusahaan pengembangan makanan yang besar.

Panggang kumpulan ubi ini dan sajikan dengan saus tomat di sampingnya. Mengapa? Anak-anak akan mencoba makanan baru ketika disajikan dengan sesuatu yang mereka sukai.

Sekarang Moms sudah tidak bingung kan apa saja makanan untuk anak pemilih. Cara membuat makanan-makanan di atas sangat sederhana, Moms bisa mencobanya di rumah lho. Selamat mencoba!

Artikel Terkait