PROGRAM HAMIL
23 Desember 2017

Makanan yang Dapat Membuat Janin Anda Tumbuh Cerdas

Dukung tumbuh kembang otak janin.
Artikel ditulis oleh (serenata.rosalia)
Disunting oleh (serenata.rosalia)
rambut bayi cvr

Saat hamil, makanan yang Moms konsumsi akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan janin. Buah, sayur, makanan berprotein, serta produk olahan susu yang rendah lemak adalah contoh makanan sehat untuk pekembangan janin, terutama otaknya.

Meskipun begitu, untuk mendukung perkembangan janin secara spesifik diperlukan beberapa jenis makanan tertentu yang akan meningkatkan kecerdasannya. Penasaran? Simak daftar makanan yang meningkatkan perkembangan otak janin berikut ini:

Sereal “fortified

Fortified cereal adalah sereal dengan tambahan mikronutrisi yang akan berpengaruh signifikan terhadap perkembangan otak janin, seperti folic aciddan kolin. Zat besi dalam sereal ini juga mampu meningkatkan perkembangan otak janin. Untuk mendapatkan manfaat dari makanan sehat ini, pilihlah sereal dengan kandungan gula yang rendah.

Ikan

Ikan mengandung lemak Omega-3 docosahexaenoic acid atau DHA yang penting untuk mengoptimalkan perkembangan janin. Ibu hamil dengan asupan DHA yang tinggi terbukti melahirkan anak yang lebih unggul dalam tes verbal, kemampuan sosial, dan juga komunikasi.

Satu atau dua porsi ikan per minggu adalah konsumsi yang ideal untuk menambah asupan DHA pada saat hamil. Akan tetapi, Moms harus menghindari ikan yang tinggi kandungan merkuri karena tak baik untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Rumput laut

Rumput laut adalah sumber iodin yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak dan mencegah si kecil mengalami gangguan mental. Selain itu, rumput laut juga mengandung folic acid, kolin, dan Omega-3 yang dapat meningkatkan perkembangan otak janin.

Kacang dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung lemak Omega-3 dan vitamin B6 yang baik untuk perkembangan janin, terutama dalam pertumbuhan sel otaknya. Moms bisa menambahkan kacang dan biji-bijian pada makanan yang disantap setiap harinya, seperti salad atau sereal untuk mendapatkan manfaat luar biasa bagi kecerdasan si kecil.

Buah dan sayur

Buah dan sayur seperti tomat, sawi, serta bayam kaya akan aktioksidan yang mampu mengoptimalkan perkembangan janin. Akan tetapi, pastikan untuk memilih buah dan sayur yang segar serta berkualitas agar Moms mendapatkan manfaat optimal darinya. Jangan lupa juga untuk mencuci buah dan sayur sebelum diolah menjadi aneka makanan yang lezat dan sehat.

Nah, sekarang saatnya Moms memperbanyak konsumsi aneka bahan sehat yang baik untuk perkembangan janin tersebut. Dengan menyantap makanan sehat yang mengandung nutrisi tepat akan membantu bayi Moms cerdas sejak dalam kandungan. Selamat mencoba!

Artikel Terkait