KESEHATAN
8 Mei 2020

5 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Intoleransi Gluten

Ada banyak makanan yang harus dihindari oleh penderita intoleransi gluten, termasuk biji-bijian
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Intoleransi gluten adalah ketidakmampuan tubuh untuk mencerna atau memecah protein gluten. Protein glueten ini biasanya ditemukan dalam gandum dan biji-bijian tertentu.

Dilansir oleh healthline.com, kondisi ini juga dikenal sebagai sensitivitas gluten. Karena, intoleransi gluten dapat berkisar dari sensitivitas ringan hingga penyakit seliaka.

Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal, sekitar 1 dari 141 orang Amerika memiliki penyakit seliaka. Penyakit seliaka adalah gangguan autoimun parah akibat mengonsumsi gluten.

Sehingga penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan pada usus kecil . Adapun makanan yang mengandung bahan-bahan gluten meliputi pasta, roti, biskuit, bumbu dan campuran rempah.

Diet bebas gluten tidak termasuk makanan yang mengandung protein gluten, termasuk gandum, gandum hitam dan gandum.

Sebagian besar penelitian tentang diet bebas gluten telah dilakukan pada orang dengan penyakit seliaka. Tetapi, ada kondisi lain yang disebut sensitivitas gluten.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Intoleransi Gluten

Jika seseorang tidak toleran terhadap gluten, maka seseorang harus menghindari sepenuhnya. Jika tidak, seseorang akan mengalami ketidaknyamanan parah dan efek kesehatan yang merugikan

Lalu, apakah orang intoleransi gluten harus menghindari konsumsi gandum? Berikut ini dilansir oleh glutenfreesociety.org, makanan yang harus dihindari oleh orang intoleransi gluten.

1. Biji-bijian

Intoleransi gluten-biji bijian.jpeg

Foto: shutterstock.com

Biji-bijian adalah makanan nomor satu yang harus dihindari orang dengan intoleransi gluten. Adapun makanan yang paling umum mengandung biji-bijian dan gluten, antara lain roti, pasta, sereal, muffin, bagel dan kue.

Saat ini sudah banyak produk makanan yang mengklaim bebas gluten. Masalahnya adalah produk itu mungkin tidak benar-benar bebas gluten. Biasanya biji-bijian seperti jagung dan beras digunakan sebagai pengganti yang aman.

Baca Juga: Konsumsi Gluten Bisa Bikin Susah Hamil?

2. Alkohol

Intoleransi gluten-alkohol.jpeg

Foto: shutterstock.com

Sebagian besar minuman alkohol terbuat dari biji-bijian. Karena itu, orang yang intoleran gluten disarankan menjauhi minuman alkohol berbasis biji-bijian seperti wiski, vodka tertentu dan gin.

Banyak orang yang mengklaim bahwa minuman ini tak jadi masalah karena disuling. Tetapi secara klinis, pasien terus mengalami reaksi alergi ketika konsumsi minuman alkohol berbasis biji-bijian.

Selain itu, alkohol juga memperlambat proses penyembuhan yang berkontribusi pada masalah kesehatan. Pada intinya, berhenti minum alkohol pilihan terbaik bagi orang yang intoleran gluten.

Baca Juga: Ibu Hamil Mengonsumsi Gluten? Ini yang Mungkin Terjadi

3. Daging Olahan

Intoleransi gluten-daging olahan-a.jpeg

Foto: shutterstock.com

Produk daging olahan bisa mengandung pengawet yang menyebabkan kanker. Adapun daging olahan termasuk liverwurst, hot dog, sosis, bologna, pepperoni dan salami yang mengandung gluten tinggi. Karena, pembuatannya juga melibatkan biji-bijian.

Tetapi, masih belun diketahui hewan yang mengonsumsi biji-bijian, dagingnya akan bereaksi pada orang intoleran gluten atau tidak.

Baca Juga: Ingin Coba Diet Bebas Gluten? Begini Caranya!

4. Permen dan Camilan Ringan

Intoleransi gluten-permen.jpeg

Foto: shutterstock.com

Permen dan camilan ringan yang terbuat dari tepung dan gluten juga harus dihindari penderita intoleran gluten. Makanan yang harus dihindari ini termasuk semua cokelat dan permen cokelat yang mengandung malt, es krim, permen yang mengandung ekstrak sereal, serbat, frosting kue dan root beer.

Karena itu, Moms perlu membaca kandungan dalam permen dan cemilan ringan untuk memastikannya bahwa itu bebas gluten.

5. Bumbu Instan

Intoleransi gluten-bumbu instan.jpeg

Foto: shutterstock.com

Banyak bumbu makanan yang harus dihindari orang dengan intoleransi gluten. Karena, bumbu instan makanan banyak mengandung gluten yang bisa menyebabkan masalah bagi penderita intoleran gluten.

Berikut ini bumbu makanan yang harus dihindari dari diet bebas gluten, kecuali jika labelnya menyatakan bebas gluten, seperti saus Worcestershire, MSG, produk malt, barley malt dan kecap.

Moms juga perlu hati-hati karena banyak saus salad yang berbahan dasar biji-bijian. Sehingga mengonsumsinya bisa menyebabkan masalah pada penderita intoleran gluten.

Nah, itulah aneka makanan yang harus dihindari penderita intoleransi gluten. Semoga Moms bisa lebih selektif, ya.

Baca Juga: Gluten Free, Berpengaruhkah pada Kebutuhan Gizi Anak?

Artikel Terkait