PROGRAM HAMIL
18 Januari 2019

4 Jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Menjalani Program Hamil

Ubah gaya hidup sebelum program hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Mengonsumsi makanan sehat sangat penting untuk kehamilan dan bayi yang sehat. Nutrisi yang Moms masukkan ke dalam tubuh secara langsung memengaruhi berat dan kesehatan janin bahkan setelah mereka lahir.

Khususnya bagi Moms yang akan menjalani program hamil, mengubah gaya hidup untuk menjadi lebih sehat adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya Moms konsumsi untuk memiliki gaya hidup sehat dan siap untuk menjalani program hamil.

Karbohidrat

shutterstock 709355575

Setengah porsi dari apa yang Moms makan seharusnya adalah karbohidrat.

Cobalah untuk mendapatkan sebagian besar karbohidrat dari biji-bijian utuh, seperti beras merah, gandum, jagung, dan roti gandum utuh.

Batasi karbohidrat yang diproses, serta hindari karboridrat manis, seperti kue, kue, kue kering, dan roti putih.

Baca Juga: Makan Kentang Goreng Setelah Bercinta Bisa Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

Protein

shutterstock 359619131

Protein membantu pertumbuhan janin. Moms bisa mendapatkan protein dari daging, susu, dan tahu.

Juga dari kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang polong, serta sayuran hijau gelap seperti bayam dan brokoli.

Jika Moms seorang vegetarian, tentu masih dapat memiliki kehamilan yang sehat dan mendapatkan banyak protein dari sumber non-hewani.

Namun, sebaiknya Moms memberi tahu dokter tentang kondisi sekarang, sehingga dokter dapat memastikan Moms mendapatkan cukup protein.

Lemak

shutterstock 232348276

Lemak tertentu sehat dan membantu menyerap vitamin. Misalnya, lemak dalam kacang, ikan, dan sayuran sangat baik untuk Moms, terutama selama kehamilan.

Batasi lemak yang lebih tidak sehat yang ditemukan dalam susu, daging merah, dan makanan yang digoreng. Carilah makanan rendah lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol.

Baca Juga: Moms, Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kembali Hamil Setelah Operasi Caesar

Serat

shutterstock 264191045

Moms bisa mendapatkan serat dari buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Sebaiknya makan setidaknya 3–5 porsi serat per hari.

Batasi makanan dan minuman manis seperti permen, soda, dan es krim. Hindari makanan ringan dan olahan yang berlemak, seperti keripik, kentang goreng, serta ayam goreng.

Hampir tidak mungkin mengikuti pola makan yang sempurna dan tidak masalah untuk memanjakan perut sesekali. Tetapi cobalah makan sehat seperti yang Moms bisa sebelum dan selama kehamilan.

Jangan lupakan variasi makan berbagai jenis makanan sehat untuk membantu Moms memiliki nutrisi seimbang dan membuat Moms tidak bosan dengan makanan yang dikonsumsi.

Terlebih saat hamil, Moms harus ingat bahwa tubuh makan sekitar 100 - 300 kalori lebih banyak per hari.

(MDP)

Artikel Terkait