KESEHATAN
9 Januari 2020

9 Makanan Penyebab Asam Lambung yang Harus Dihindari

Apa yang Moms dan Dads makan akan berdampak pada naiknya asam lambung
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Moms dan Dads, yang memiliki riwayat sakit maag maupun gastroesophageal reflux (GERD) tentunya perlu menghindari beberapa makanan yang mampu menaikkan asam lambung.

Makanan yang mudah memancing produksi asam lambung tentu tidak membuat nyaman sehingga menimbulkan keluhan nyeri ulu hati, serta rasa seperti terbakar pada bagian bawah dada.

“Naiknya asam lambung terjadi ketika sfingter atau otot yang berfungsi menutup jalur atau bukaan pada tubuh di pangkal kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Sehingga, cairan dari perut masuk ke kerongkongan dan menimbulkan asam lambung. Makanan yang memicu dapat memperburuk penyakit tersebut,” kata ahli bedah gastrointestinal, Leena Khaitan, MD.

Sehingga, menurut Leena, dibutuhkan perubahan pola makan secara signifikan agar tidak lagi terjadi ,termasuk menghindari beberapa makanan penyebab asam lambung.

Baca Juga: 7 Gejala Asam Lambung yang Wajib Diketahui

Makanan Penyebab Asam Lambung

Berikut ini merupakan makanan penyebab asam lambung yang harus dihindari oleh Moms dan Dads bila memiliki penyakit yang memicu maag maupun GERD:

1. Kopi

Kopi

Kafein adalah makanan penyebab asam lambung yang paling umum diketahui. Kandungan kafein dalam minum tersebut mampu memicu asam lambung.

Sehingga ada baiknya untuk menghindari konsumsi rutin minuman tersebut. Beberapa studi menunjukkan kandungan kafein mengendurkan esofagus atau kerongkongan.

2. Susu

Susu

Terdapat studi yang dipublikasikan di Gut and Liver antara alergi susu dan gejala GERD pada anak.

Para peneliti menemukan bahwa anak yang memiliki alergi susu lebih sering mengalami gejala GERD setelah mengonsumsi susu sapi.

Kemudian, penelitian pun tengah menyelidiki apakah hal ini berlaku untuk orang dewasa.

Tapi, apabila Moms dan Dads teratur mengalami ketidaknyamanan atau kembung setelah makan produk susu maka tidak ada salahnya menghindari terlebih dulu produk-produk yang berkaitan dengan susu untuk mengurangi gejala tersebut.

3. Cokelat

dark-chocolate-and-cocoa-beans-on-a-table.jpg

Maaf ya kepada Moms atau Dads yang merupakan pecinta cokelat. Ada baiknya, cokelat dihindari karena merupakan makanan penyebab asam lambung.

Menurut Dr. Jamie Koufman, penulis Dr. Koufman’s Acid Reflux Diet, tiga alasan harus menghindari cokelat karena mengandung cocoa, banyak lemat serta kafein yang akan mendatangkan asam lambung.

Secara teoritis, menurut Koufman, cokelat hitam seharusnya tidak bermasalah dibanding cokelat dengan kandungan susu serta lemak, "Tapi, mari kita kesampingkan, semua cokelat buruk untuk asam lambung,” terangnya.

Baca Juga: Gangguan Asam Lambung Saat Hamil, Bagaimana Mengatasinya?

4. Minuman Bersoda

Minuman Bersoda

Menurut Dr. Jamie Koufman, gelembung dalam soda mampu mengembang di dalam lambung. Sehingga, terjadi tekanan yang berkontribusi terhadap refluks,

"Hal ini berlaku untuk minuman seperti jus buah yang dibeli di toko, minuman olahraga, minuman berenergi, air vitamin, dan tentu saja soda. Jadi ada baiknya menghentikan itu semua," katanya.

5. Peppermint

Mint-Leaves_HEADER.jpg

Moms dan Dads, ada baiknya tidak tertipu dengan reputasi peppermint yang mampu menenangkan saluran pencernaan.

Karena, bisa saja malah terjadi hal yang sebaliknya pada mereka yang memiliki penyakit yang berhubungan dengan asam lambung.

Penulis dari Read It Before You Eat It, Bonnie Taub-Dix, R.D.N, mengatakan ada baiknya memilih teh chamomile atau teh jahe yang dapat mengurangi gas serta kembung tanpa menekan tombol refluks.

6. Jeruk

Anggur dan Jeruk

Tingginya tingkat asam dari buah-buahan citrus akan mengendurkan sfingter esofagus serta memperburuk gejala dari asam lambung.

Oleh sebab itu, makanan penyebab asam lambung berikutnya adalah jeruk, lemon, dan anggur yang asam.

7. Tomat

tomato 3520004 1920

Tidak ada yang menyangka tomat pun mampu memicu asam lambung naik.

Hal ini dikarenakan buah ini secara natural tinggi kadar asamnya. Tak hanya itu, hindari juga tomat yang dimarinasi, saus tomat, serta sup tomat.

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan

8. Alkohol

Minuman Beralkohol

Alkohol akan melemaskan katup sfingter juga merangsang produksi asam dalam lambung. Makanya jangan minum alkohol kalau Moms dan Dads menderita penyakit asam lambung ya!

9. Makanan yang Digoreng

Makanan yang Digoreng

Sebuah studi yang dipublikasikan di Alimentary Pharmacology and Therapeutics menemukan hubungan antara kolesterol yang bisa berasal dari makanan yang digoreng dengan kondisi GERD.

Hasilnya, orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung kolesterol dan asam lemak jenuh, dan persentase kalori yang tinggi dari lemak lebih mungkin mengalami gejala GERD.

Itu dia makanan penyebab asam lambung yang harus Moms hindari. Orang yang memiliki asam lambung harus mencoba menghilangkan jenis makanan di atas dari asupan sehari-hari untuk melihat apakah gejala asam lambung membaik atau tidak.

(WAR/ERW)

Artikel Terkait