2-3 TAHUN
18 Januari 2019

Makanan yang Mengandung Lebih Banyak Vitamin C dibanding Jeruk

Ada banyak alternatif untuk mendapatkan kandungan vitamin C
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Prita
Disunting oleh Prita


Vitamin C merupakan salah satu nutrisi paling penting dalam tubuh kita untuk mendapatkan kesehatan secara menyeluruh. Manfaatnya adalah menciptakan sistem kekebalan yang lebih kuat dan tingkat radikal bebas perusak yang lebih rendah dalam tubuh, hingga membuat antioksidan penting untuk pencegahan penyakit.

Setidaknya, tubuh harus mendapatkan 75 miligram vitamin C setiap hari dan idealnya vitamin ini diperoleh dari makanan. Jeruk memang dikenal kaya akan vitamin C karena sebuah jeruk saja memiliki 70 miligram kandungan vitamin C. Namun tahukah Moms, bahwa ada makanan yang mengandung Vitamin C lebih banyak dibanding jeruk, lho:


Pepaya

screen shot 2019 01 16 at 3.36.05 am

Foto : pixabay

Buah papaya rupanya dapat memberikan 88 miligram vitamin C untuk tubuh. Tak hanya itu, pepaya juga merupakan sumber vitamin A dan serat yang baik. Pepaya mengandung kalori, karbohidrat, gula, serat hingga protein. Lengkap sekali bukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh?

Baca juga : 6 Buah yang Mengandung Banyak Air untuk Dimakan di Bulan Puasa


Jambu Biji

screen shot 2019 01 16 at 3.49.58 am

Foto : freepik

Berikutnya ada buah yang juga sangat nikmat saat dijadikan jus, yaitu jambu biji. Buah ini mengandung 377 miligram vitamin C, jelas lima kali lipat dari asupan harian yang Moms butuhkan untuk tubuh. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung jumlah kalori yang besar lengkap dengan karbohidrat, serat hingga protein.

Baca juga : 4 Bahan Alami Ini Bisa Menjadi Obat Diare, Patut Dicoba!


Stroberi

screen shot 2019 01 16 at 3.34.58 am

Foto : pixabay

Memang cukup jarang yang menyukai buah asam satu ini, tetapi tentu bila sudah diolah menjadi es krim rasanya sangat menggiurkan, bukan? Dan ternyata sebuah stroberi yang telah diiris memiliki kandungan 98 miligram Vitamin C, lho Moms.

Baca juga : Makan Stroberi, Salah Satu Cara Agar Cepat Hamil?

Brokoli

screen shot 2019 01 16 at 3.37.52 am

Foto : pixabay

Vitamin C tak hanya terdapat dalam buah saja, bisa terkandung dalam sayuran seperti brokoli salah satunya. Kandungan vitamin C hingga 81 miligram dalam brokoli membuatnya menjadi hijau. Tak hanya itu, sayuran ini juga merupakan sumber protein yang mengejutkan bahkan hampir 3 gram, kandungannya.

Baca juga : Resep Tumis Daging Brokoli

Paprika Merah

screen shot 2019 01 16 at 3.40.08 am

Foto : freepik

Mencari sayuran yang rendah kalori dan kaya akan vitamin C? Paprika merah jawabannya. Sayuran ini mengandung 95 miligram vitamin C dan juga merupakan campuran tepat pada masakan Moms.

Baca juga : 5 Makanan yang Tidak Disukai Selebriti Hollywood


Cabai Hijau

screen shot 2019 01 16 at 3.40.56 am

Foto : freepik

Siapa sangka cabai hijau yang pedas justru punya kandungan Vitamin C yang tinggi? Setiap butir cabai hijau mengandung 109 miligram Vitamin C. Tak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa membumbui makanan dengan cabai hijau ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, lho.

Baca juga : Resep Teri Sambal Hijau

Nah, ada banyak kan alternatif untuk mendapat vitamin C selain jeruk, bahkan beberapa lebih besar kandungannya. Bagi Moms yang tak suka jeruk atau punya anak yang mudah bosan pada satu jenis makanan, kini sudah tahu bukan dimana dapat menemukan sumber vitamin C yang lain?

Artikel Terkait