KESEHATAN
3 Maret 2020

China Sedang Uji Coba Antivirus Corona dari Vitamin C!

Walaupun belum ada hasilnya, namun tetap penuhi kebutuhan vitamin C harian dengan baik ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Prita Apresianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sejumlah ilmuwan dan dokter di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan sedang melakukan uji coba vitamin C dosis tinggi pada 120 pasien yang positif virus corona.

Dasar penelitian ini diawali pada keyakinan bahwa vitamin C dapat mencegah pilek. Sebuah teori yang pertama kali ditetapkan pada tahun 1970 oleh ilmuwan pemenang Hadiah Nobel, Linus Pauling.

Dokter di China yakin akan manfaatnya dan secara pribadi mengonsumsinya sebanyak 3gr sehari, meskipun banyak penelitiannya tentang vitamin itu yang kemudian didiskreditkan.

Tentu saja, ketika datang infeksi atau virus seperti flu, dapat dilihat bahwa vitamin C adalah bagian dari respon imun dan dengan cepat menjadi terkuras.

Vitamin C dapat membantu dengan mendorong produksi sel darah putih yang melawan penyakit, menempel pada, dan membunuh, menyerang mikroba.

Vitamin C untuk Cegah Corona Virus sedang Di Uji Coba di China

Di China, sebuah penelitian sedang dilakukan untuk melihat apakah vitamin C dosis tinggi dapat membantu melawan virus corona (secara resmi dikenal sebagai COVID-19).

Para ilmuwan di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan sedang menguji dampaknya pada 120 pasien yang memiliki virus, memberi mereka infus 24gr vitamin C setiap hari selama tujuh hari, namun hasilnya memang belum dipublikasikan.

"Dalam tes uji coba ini, vitamin C mampu bekerja melawan setiap virus jika diberikan dalam konsentrasi yang cukup", kata Dr Levy.

Dr Mike Skinner, ahli virus di Imperial College London, mengatakan kami tidak akan tahu apakah vitamin C benar-benar punya value untuk mengatasi corona virus dan mengatakan dosis vitamin C yang diuji adalah 'masif'.

"Mereka melakukan uji coba, mari kita lihat apakah ada manfaatnya", kata Dr Skinner.

Dapatkan Vitamin C untuk Cegah Corona Virus dari Bahan Alami

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi paling penting dalam tubuh kita untuk mendapatkan kesehatan secara menyeluruh.

Manfaatnya adalah menciptakan sistem kekebalan yang lebih kuat dan tingkat radikal bebas perusak yang lebih rendah dalam tubuh, hingga membuat antioksidan penting untuk pencegahan penyakit.

Setidaknya, tubuh harus mendapatkan 75 miligram vitamin C setiap hari dan idealnya vitamin ini diperoleh dari makanan. Jeruk memang dikenal kaya akan vitamin C karena sebuah jeruk saja memiliki 70 miligram kandungan vitamin C.

Nah, Moms simak yuk sumber vitamin C untuk cegah corona virus di bawah ini:

1. Pepaya

screen shot 2019 01 16 at 3.36.05 am

Foto : pixabay

Buah papaya rupanya dapat memberikan 88 miligram vitamin C untuk tubuh. Tak hanya itu, pepaya juga merupakan sumber vitamin A dan serat yang baik. Pepaya mengandung kalori, karbohidrat, gula, serat hingga protein. Lengkap sekali bukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan untuk cegah corona virus?

Baca Juga : 6 Buah yang Mengandung Banyak Air untuk Dimakan di Bulan Puasa

2. Jambu Biji

screen shot 2019 01 16 at 3.49.58 am

Foto : freepik

Berikutnya ada buah yang juga sangat nikmat saat dijadikan jus, yaitu jambu biji. Buah ini mengandung 377 miligram vitamin C, jelas lima kali lipat dari asupan harian yang Moms butuhkan untuk tubuh. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung jumlah kalori yang besar lengkap dengan karbohidrat, serat hingga protein.

Baca Juga : 4 Bahan Alami Ini Bisa Menjadi Obat Diare, Patut Dicoba!

3. Stroberi

screen shot 2019 01 16 at 3.34.58 am

Foto : pixabay

Memang cukup jarang yang menyukai buah asam satu ini, tetapi tentu bila sudah diolah menjadi es krim rasanya sangat menggiurkan, bukan? Dan ternyata sebuah stroberi yang telah diiris memiliki kandungan 98 miligram Vitamin C, lho Moms. Cocok banget sebagai sumber vitamin C untuk cegah corona virus.

Baca Juga : Makan Stroberi, Salah Satu Cara Agar Cepat Hamil?

4. Brokoli

screen shot 2019 01 16 at 3.37.52 am

Foto : pixabay

Vitamin C tak hanya terdapat dalam buah saja, bisa terkandung dalam sayuran seperti brokoli salah satunya. Kandungan vitamin C hingga 81 miligram dalam brokoli membuatnya menjadi hijau. Tak hanya itu, sayuran ini juga merupakan sumber protein yang mengejutkan bahkan hampir 3 gram, kandungannya.

Baca Juga : Resep Tumis Daging Brokoli

5. Paprika Merah

screen shot 2019 01 16 at 3.40.08 am

Foto : freepik

Mencari sayuran yang rendah kalori dan kaya akan vitamin C untuk cegah corona virus? Paprika merah jawabannya. Sayuran ini mengandung 95 miligram vitamin C dan juga merupakan campuran tepat pada masakan Moms.

Baca Juga : 5 Makanan yang Tidak Disukai Selebriti Hollywood

6. Cabai Hijau

screen shot 2019 01 16 at 3.40.56 am

Foto : freepik

Siapa sangka cabai hijau yang pedas justru punya kandungan vitamin C yang tinggi? Setiap butir cabai hijau mengandung 109 miligram vitamin C. Tak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa membumbui makanan dengan cabai hijau ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, lho.

Baca Juga : Resep Teri Sambal Hijau

Nah, ada banyak kan alternatif untuk mendapat vitamin C untuk cegah corona virus, walaupun memang penelitian di China belum mengeluarkan hasilnya. Tetapi, Moms juga tetap harus hidup sehat dan bersih ya untuk cegah corona virus.

Artikel Terkait