KESEHATAN
23 April 2020

Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi saat Sahur dan Buka Puasa

Makan sembarang saat sahur dan berbuka merugikan kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Bulan Ramadan adalah saat di mana para umat Muslim di seluruh dunia perlu menahan lapar, haus, dan hawa nafsu selama 30 hari.

Tak makan hingga belasan jam membuat Moms perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi selama sahur dan berbuka puasa.

"Di bulan Ramadan, pola makan kita diubah secara radikal, karena kita hanya makan selama sahur dan berbuka puasa. Dengan demikian, kedua makanan ini merupakan bagian penting dari puasa," jelas Rahma Ali, ahli diet klinis di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi, dikutip dari Khaleej Times.

Ia menambahkan, "Penting bahwa makanan yang kita konsumsi membuat kita tetap terhidrasi, jadi perhatikan baik-baik pemilihan makanan-makanan selama sahur."

Agar Moms bisa menjalani ibadah puasa tanpa ada risiko yang merugikan kesehatan, berikut makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka puasa!

Baca Juga: 3 Cara Mengajarkan Konsep Puasa pada Anak

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Sahur

louis hansel 1389796 unsplash

1. Karbohirat Sederhana atau Olahan

Karbohidrat sederhana atau olahan merupakan makanan yang hanya bertahan 3 sampai 4 jam dan rendah nutrisi penting.

Contoh makanannya yaitu seperti mengonsumsi gula, tepung putih, mie, pasta, kue kering, donat, juga croissant.

Selain tidak memberikan sumber nutrisi yang cukup, mengonsumsi makanan olahan ini hanya akan memberikan rasa kenyang yang semu.

2. Makanan Asin

Ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh saat mengonsumsi makanan asin membuat Moms akan jadi sangat haus saat berpuasa. Tentunya hal ini bisa mengganggu ibadah berpuasa di bulan Ramadan.

Jadi, cobalah agar Moms tidak menyajikan makanan asin seperti kacang asin, mie instan, acar, keripik dan makanan yang mengandung saus. Sehingga tidak memicu rasa haus.

3. Minuman Berkafein

Dilansir dari American Psychological Association, kopi mengandung kafein yang bisa menimbulkan asam lambung naik, insomnia, dan penuh rasa gelisah.

Selain itu, mengonsumi kopi dapat membuat Moms merasa tidak terhidrasi sehingga akan merasakan haus sepanjang hari.

Minum banyak air putih saat sahur membantu tubuh tidak kekurangan cairan tubuh saat berjam-jam tidak minum.

Baca Juga: 4 Tips Persiapan Puasa Ramadan di Tengah Pandemi COVID-19

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Berbuka Puasa

blake wisz 549110 unsplash

1. Minuman Berkarbonasi

Hindari minuman olahan dan minuman berkarbonasi. Gunakan air biasa dan atau air kelapa untuk menenangkan dahaga saat berbuka puasa.

Minum minuman berkarbonasi memiliki kandungan gula yang tinggi, selain menyebabkan kenyang semu, minuman ini juga dapat menambah berat badan. Tentu Moms tidak mau kan usai berpuasa justru berat badan naik?

2. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula seperti permen dan cokelat harus dihindari untuk berbuka puasa.

Makanan ini sumber kenaikan berat badan instan dan dapat menyebabkan kompleksitas jika dikonsumsi setiap hari.

Lebih baik, ganti konsumsi cokelat dan gula dengan buah-buahan favorit, yang mengandung sumber gula alami yang baik untuk tubuh.

3. Makanan yang Digoreng

Makanan yang berminyak dan digoreng seperti pangsit goreng dan gorengan harus dihindari.

Hindari juga kari berminyak dan kue kering berminyak untuk menjauhkan Moms dari risiko penyakit yang bisa merugikan kesehatan.

Bulan Ramadan memang banyak santapan lezat yang membuat Moms bisa tergiur untuk memakannya.

Namun, makna dari puasa itu sendiri adalah bagaimana Moms menahan hasrat untuk tidak makan makanan yang tidak sehat demi menjaga kesehatan.

Baca Juga: Resep Nasi Mandhi yang Aromatik untuk Berbuka Puasa

Nah, selain memerhatikan makanan, masih banyak keperluan bulan puasa lain yang harus jadi perhatian. Tapi tenang saja Moms, sebab ada banyak promo Ramadhan 2020 menarik dari Orami. Jadi Moms tidak perlu lagi bingung untuk belanja kebutuhan bulan puasa. Yuk serbu!

Artikel Terkait