TRIMESTER 1
17 Oktober 2020

4 Makeup yang Aman Digunakan Saat Hamil

Apa ya yang bisa diaplikasikan ke wajah bumil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Kehamilan bisa terasa seperti sembilan bulan “puasa” dari dari hal-hal yang kita sukai, seperti makan junk food, minuman favorit yang tidak boleh diminum, juga dari merias diri.

Banyak yang bilang, mengaplikasikan produk kimia ke kulit dapat membahayakan janin di dalam kandungan.

Ibu hamil dan calon bayi di dalam kandungan menjadi lebih rentan terhadap efek samping negatif dari bahan kosmetik tertentu.

Karena sulit untuk mengetahui bagaimana bahan-bahan yang berpotensi berbahaya ini berdampak pada tubuh selama kehamilan.

Beberapa studi menunjukkan bahwa bahan kimia seperti paraben atau ftalat dapat menyebabkan kelahiran prematur, berat lahir rendah, atau cacat lahir.

Baca Juga: Mengenal Perubahan Warna Kulit Chloasma Pada Ibu Hamil

Makeup Aman saat Hamil

Meski begitu jangan khawatir Moms, ada makeup yang tidak aman, ada juga beberapa makeup yang aman digunakan selama kehamilan.

Moms bisa memilih dengan cara membaca bahan yang terkandung dalam produk makeup tersebut.

"Daftar jumlah bahan yang digunakan selalu diurutkan dari yang terbesar hingga yang terkecil," kata Mary Irwin, penata rias yang berbasis di New York.

Ia memberitahu agar para ibu hamil mengingat bahwa tiga bahan pertama dalam daftar adalah bahan yang paling aktif. Apa saja makeup yang aman digunakan saat hamil?

1. Sunscreen

make up aman saat hamil

Foto: globalnews.ca

Dilansir dari Arizona OBGYN Affiliates, sunscreen masuk dalam kategori produk makeup yang aman digunakan saat hamil.

Namun, disarankan agar Moms mengambil tindakan pencegahan ekstra, seperti menghindari matahari antara jam 10 pagi dan 2 siang.

Moms bisa mengenakan pakaian yang melindungi tubuh dari sinar matahari, dan mengaplikasikan kembali sunscreen setidaknya setiap dua jam sekali.

Baca Juga: Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Serupa tapi Tak Sama

2. Krim Wajah

make up aman saat hamil

Foto: romper.com

Makeup yang aman saat hamil selanjutnya adalah krim wajah. Selama kehamilan, Moms akan membutuhkan krim wajah yang baik untuk memanjakan kulit yang mungkin kering dan bermasalah.

Namun ingat, hindari produk yang mengandung bahan-bahan keras produk perawatan kulit seperti retinoid, asam salisilat yang dapat masuk ke aliran darah setelah diserap oleh kulit. Jadi, hindari produk-produk ini ya.

Sebagai gantinya, gunakan krim wajah dengan konsistensi yang kental dan tidak meninggalkan bercak dan bisa diiterima dengan baik di kulit wajah ibu hamil.

3. Blush On

make up aman saat hamil

Foto: medicalnewstoday.com

Saat membeli perona pipi selama kehamilan, inilah yang harus Moms hindari, yaitu perona yang mengandung paraben dan natrium sulfat, yang dapat membahayakan bayi. Jadi, periksa bahan-bahannya sebelum membeli.

Carilah produk yang ‘bebas pewangi’, bebas BPA ’, tidak ada paraben di palet blush on yang dibeli juga.

Wanita harus mencoba warna yang bisa menyatu dengan tekstur kulit mereka.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 4 Bahan Skincare yang Aman Digunakan Saat Hamil

4. Bedak Wajah

make up aman saat hamil

Foto: 100percentpure.com.my

Produk kosmetik yang aman saat hamil selanjutnya ada bedak wajah.

Ini merupakan bubuk transparan berpigmen yang biasanya digunakan oleh wanita untuk mengunci foundation yang sudah diaplikasikan.

Pilih bedak wajah dengan konsistensi yang baik akan membantu menyerap keringat. Ini adalah alternatif yang bagus untuk bedak wajah.

Moms harus hindari bedak wajah yang mengandung retinoid, tetrasiklin, dan hidrokuinon yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

Itu dia Moms beberapa makeup yang aman untuk digunakan saat hamil. Tetap cantik selama hamil, tentu bisa dong!

Artikel Terkait