RUPA-RUPA
11 September 2017

Mama Ingin Melanjutkan Pendidikan? 5 Hal Ini Wajib Jadi Pertimbangan

Sudah menikah, punya anak, tapi ingin sekolah lagi. Yakin, Ma?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Memiliki cita-cita memang hak semua orang. Tidak pandang usia, muda maupun tua. Bahkan saat Mama sudah menikah dan memiliki anak, menempuh pendidikan setinggi-tingginyapun bisa Mama lakukan.

Tapi, memang perlu ada pertimbangan matang saat Mama ingin sekolah lagi. Pertimbangan ini untuk mengukur sejauh mana persiapan Mama untuk mewujudkan niat Mama kembali ke sekolah.

Baca juga: Kuliah Sambil Kerja? Anda Pasti Bisa!
  1. Waktu

Tentu banyak perubahan yang Mama rasakan setelah berumah tangga dan saat masih single. Mengurus pekerjaan rumah, mendidik anak, sampai dengan mengurus keperluan rumah tangga saja rasanya 24 jam dalam sehari tidaklah cukup. Kalau Mama termasuk orang yang disiplin dan cerdas membagi waktu, sepertinya melanjutkan pendidikan bisa Mama lalui dengan baik. Coba nilai dulu, sejauh mana Mama disiplin dalam mengatur waktu?

  1. Biaya

Semakin hari, biaya pendidikan semakin mahal. Oleh karena itu, hitung dulu pengeluaran dan pendapatan setiap bulannya. Jika memang ada yang harus dikorbankan, seperti persentase untuk tabungan atau memotong biaya liburan, alangkah baiknya diskusikan dahulu dengan suami dan anak-anak.

  1. Tenaga

Belajar di kampus, mengerjakan tugas, dan juga mengurus rumah tangga pasti akan menjadi hal yang sangat melelahkan. Coba pikirkan lagi, apakah Mama bisa melakukan itu semua? Jika memang memungkinkan untuk menggunakan jasa PRT di rumah, pastikan peran-peran vital Mama sebagai orang tua akan tetap dijalankan dengan baik.

  1. Komitmen

Memulai untuk kembali sekolah memang mudah. Tapi apakah Mama bisa berkomitmen dengan diri Mama sendiri untuk menyelesaikan pendidikan sampai tuntas? Jika Mama masih ragu-ragu, coba konsultasikan dengan orang-orang terdekat. Biasanya mereka cukup paham dengan karakter diri Mama. Jangan sampai hanya membuang-buang waktu dan biaya saja, sementara kuliah berhenti di tengah jalan karena Mama justru merasa kerepotan dan menyerah begitu saja.

  1. Mengubah Kebiasaan

Saat Mama menjadi ibu rumah tangga full time, tentu banyak waktu yang Mama gunakan untuk mengurus anak meski ada pula sedikit ‘me time’. Kalau Mama sudah memutuskan kembali sekolah, apakah Mama siap mengurangi kebiasaan me time seperti jalan-jalan ke mall, datang ke acara reuni, atau hal-hal lainnya dan digantikan dengan membaca buku kuliah dan mengerjakan tugas? Jika Mama merasa tidak keberatan, berarti memang tekad Mama sudah mantap!

Apakah Mama berniat melanjutkan pendidikan? Hal apa yang sering menghambat niat tersebut? Yuk, coba share dengan Mama lainnya, siapa tahu bisa saling memberi solusi.

(LMF)

Artikel Terkait