KESEHATAN
23 Juni 2019

Mana yang Lebih Sehat, Peanut Butter atau Almond Butter?

Cek ingredientsnya di dalam kemasan produk sebelum memutuskan membeli.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Peanut butter atau almond butter? Pasti banyak yang menjawab keduanya sama-sama lezat, apalagi jika disajikan sebagai olesan di atas roti sarapan keluarga Anda. Bukan hanya lezat, keduanya juga mengandung protein dan lemak sehat yang dicerna tubuh kita secara perlahan. Artinya, kita akan merasa kenyang dalam waktu lebih lama dibandingkan dengan makan makanan yang terbuat dari karbohidrat yang lebih cepat dicerna.

Mayoritas selai kacang mengandung lemak tak jenuh, yang merupakan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Ini menjadi pilihan oke buat Moms yang sedang berdiet. Mengetahui jenis selai kacang mana yang paling bergizi bisa jadi sulit. Mana yang lebih sehat ya di antara peanut butter dan almond butter?

Peanut Butter

Mana yang Lebih Sehat Peanut Butter atau Almond Butter -1.jpg

Foto: organicfacts.net

Peanut butter baik untuk Anda konsumsi,karena memiliki lemak dan protein yang sehat. Jika dibandingkan dengan almond butter, dia lebih tinggi protein, sedikit lebih rendah lemak, dan cenderung menjadi pilihan yang lebih murah.

Banyak orang yang khawatir tentang aflatoksin, karsinogen yang menyebabkan kanker hati dan diproduksi oleh jamur yang tumbuh pada tanaman kacang tanah. Pemerintah Amerika Serikat kemudian mengadakan penelitian, hingga akhirnya memutuskan untuk tidak meloloskannya dalam standar makanan jika berada di tingkat yang dianggap berbahaya.

Hasilnya, para produsen membuat takaran tertentu dalam produk mereka. Kemungkinan Moms masih akan ada aflatoksin tapi dengan kadar yang sangat rendah dalam peanut butter, sehingga tidak akan mempengaruhi kesehatan Moms.

Baca Juga: Selain Mozzarella, Ada 5 Jenis Keju Lain Yang Tak Kalah Lezat

Almond Butter

Mana yang Lebih Sehat Peanut Butter atau Almond Butter -2.jpg

Foto: Lifemadesweeter.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, almond butter memiliki protein sedikit lebih sedikit daripada kacang dan lebih banyak lemak, tetapi keduanya sudah terkenal sebagai sumber protein dan lemak. Keri Glasman, RD, seorang ahli gizi, mengatakan bahwa almond mengandung lebih banyak kalsium dan zat besi, dua nutrisi penting yang dibutuhkan dalam makanan.

Rasanya sedikit lebih kental daripada kacang. Meski tidak begitu gurih, namun beberapa orang menyukainya. Tapi jika Anda mengikuti diet paleo, yakni diet yang berfokus pada makanan yang dipercaya dikonsumsi oleh nenek moyang, almond butter adalah pilihannya.

Baca Juga: Yuk Coba Resep Selai Stroberi Buatan Rumah Ini!

Informasi Gizi

Natalie Butler, RD, LD, seorang ahli gizi dari Amerika Serikat, menjelaskan kandungan peanut butter dan almond butter dengan jumlah yang sama, yakni satu sendok makan (16 g).

- Protein : keduanya memiliki jumlah yang sama. Meskipun peanut butter merupakan sumber protein, namun bukan protein lengkap. Berarti tidak mengandung semua protein esensial atau asam amino yang dibutuhkan tubuh.

- Serat : almond butter memiliki dua kali lipat jumlah serat yang dimiliki peanut butter.

- Lemak: Kandungan lemak di antara keduanya bervariasi secara signifikan. Beberapa orang mungkin menganggap almond butter sebagai pilihan, karena mengandung lebih banyak lemak tak jenuh.

- Gula : almond butter memiliki gula sekitar 50 persen lebih sedikit daripada peanut butter. Saat hendak membeli selai, penting untuk memeriksa label nutrisi dan membeli produk tanpa tambahan gula atau garam bila memungkinkan.

- Mineral dan vitamin E : almond butter mengandung magnesium, fosfor, kalium, dan kalsium dalam jumlah yang lebih tinggi. Namun keduanya merupakan sumber vitamin E yang baik untuk mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung.

- Lemak tak jenuh : Lemak tak jenuh bermanfaat untuk kesehatan. Ada dua kelompok lemak tak jenuh yang berbeda: omega-3 dan omega-6s. almond butter memiliki jumlah lemak tak jenuh yang sedikit lebih tinggi.

Kecuali seseorang memiliki alergi, kacang-kacangan dapat menjadi bagian yang sehat untuk diet. Walaupun begitu, mengonsumsi banyak makanan berbeda, termasuk beragam kacang-kacangan, dapat membantu tubuh mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkannya.

Semua kacang adalah sumber antioksidan yang luar biasa. Apa pun kacang yang Anda pilih, ingatlah untuk memilih merek alami atau organik yang dibuat hanya dengan kacang dan garam.

Baca Juga: 5 Makanan Jepang Populer Selain Sushi Dan Ramen. Sudah Coba Semuanya?

Jadi, pilihlah selai kacang favorit berdasarkan selera dan kebutuhan nutrisi Moms.

(FAR)

Artikel Terkait