BAYI
13 Desember 2019

Mandi ASI Untuk Bayi, Ketahui 5 Manfaat Ini

Ternyata ini manfaatnya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

ASI kaya akan nutrisi dan nutrisi yang memberikan antibodi alami bagi tubuh bayi. Tetapi tahukah Moms bahwa ASI juga dapat digunakan lebih dari sekedar makanan untuk bayi?

Ya. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam ASI membuat banyak orang tua memanfaatkannya untuk memandikan bayi.

5 Manfaat Mandi ASI untuk Bayi

Meskipun mungkin masih terdengar aneh bagi Moms, setidaknya mandi ASI untuk bayi memiliki beberapa manfaat seperti yang ada di bawah ini.

Baca Juga: Hindari 7 Hal Ini Saat Memandikan Bayi Baru Lahir

1. Menjaga kelembapan kulit bayi

mandi ASI untuk bayi

Foto: bundoo.com

ASI mengandung asam lemak seperti asam oleat, asam palmitat, dan asam linoleat, menurut United Nations University. Di mana asam lemak ini dapat bekerja sebagai pelindung kulit dan mengunci kelembaban untuk mencegah kulit kering.

Oleh karena itu, ASI sangat baik digunakan untuk memandikan bayi, khususnya bayi dengan kulit kering.

2. Membantu mengatasi eksim

mandi ASI untuk bayi

Foto: madeof.com

ASI memberikan nutrisi bagi bayi dan menawarkan perlindungan terhadap serangan infeksi. Menurut Metro.co.uk, agen antimikroba alami di dalam ASI mampu membantu mengatasi eksim pada bayi.

Adapun beberapa agen antimikroba di dalam ASI termasuk antibodi, lisozim, dan leukosit polimorfonuklear, yang dapat mengobati infeksi kulit dengan membunuh bakteri serta memiliki sifat inflamasi. Maka dari itu, mandi ASI untuk bayi sangat cocok dilakukan oleh Moms di rumah.

Baca Juga: Cara Menstimulasi Indra Bayi Saat Mandi dengan Menyenangkan

3. Menyembuhkan luka

mandi ASI untuk bayi

Foto: babygooroo.com

Pernahkah Moms berpikir bahwa mandi ASI untuk bayi dapat membantu menyembuhkan luka kecil di permukaan kulitnya?

MomJunction mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 di dalam ASI meningkatkan fungsi perbaikan luka sehingga dapat memberikan rasa nyaman dan membantu proses penyembuhan luka ringan pada kulit bayi.

4. Melindungi kulit dan tubuh terhadap patogen

mandi ASI untuk bayi

Foto: erinsweet.net

ASI mengandung beberapa antibodi dan memiliki sifat anti-infeksi yang kuat. Oleh karena itu, mandi ASI untuk bayi dipercaya dapat membantu mencegah penyebaran patogen pada luka dan memar kecil pada tubuh bayi.

Asam lemak yang ada dalam ASI, seperti asam oleat juga berperan dalam menghilangkan bakteri. Asam lemak ini dapat membunuh bakteri yang disebut Staphylococcus aureus, yang umumnya terdapat pada kulit dan dapat menyebabkan keracunan makanan saat tertelan.

Baca Juga: Trik Mengatasi Balita yang Susah Mandi dengan 4 Cara Menyenangkan

5. Mengatasi ruam popok

mandi ASI untuk bayi

Foto: momsanity.com

Karena ASI mengandung antibodi, mandi ASI untuk bayi dapat dengan cepat menyerang dan menghancurkan bakteri yang menyebabkan ruam popok. Sebuah studi pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Pediatri Dermatology menemukan bahwa ASI sama efektifnya dengan hidrokortison dalam mengatasi ruam popok pada bayi.

Sudah pernahkah Moms mencoba melakukan mandi ASI untuk bayi? Jangan lupa bagikan pengalaman Moms melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.

RGW

Artikel Terkait