GAYA HIDUP
14 Juli 2020

Mengapa Sehabis Makan Tidak Boleh Langsung Mandi?

Cari tahu alasannya yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memang sangat penting untuk mempertahankan gaya hidup yang baik agar tubuh kita tetap bugar dan sehat. Sama seperti sarapan adalah makanan harian yang penting, makan malam juga merupakan kunci penting.

Makan malam memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi saat kita tidur. Makan malam yang sehat dan ringan juga membantu kita menikmati tidur yang nyenyak dan nyenyak.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat, Mandi Pakai Air Dingin atau Air Hangat?

Pakar kesehatan merekomendasikan makan malam setidaknya 2 jam sebelum tidur. Makan secukupnya dan hindari minuman berkafein atau minuman beralkohol saat makan malam.

Selain itu ada beberapa aktivitas juga yang harus kita hindari setelah makan, seperti tidak boleh langsung mandi misalnya. Mengapa seperti itu? Simak penjelasannya di bawah ini yuk.

Bahaya Mandi setelah Makan

mandi setelah makan

Foto: Orami Photo Stock

Mandi setelah makan adalah ide yang buruk. Mengapa? Karena akan mengurangi sirkulasi darah dalam tubuh kita.

Ketika kita tidak memiliki sirkulasi darah yang baik, sistem pencernaan dalam melakukan pekerjaannya pun akan melambat. Dan apa yang terjadi jika kita membiarkan makanan tidak dicerna dengan baik setelah makan?

Sederhananya, makanan tersebut akan berfermentasi atau membusuk di usus besar kita, membuat tubuh merasa lelah, lamban, sembelit, bahkan mual.

Baca Juga: Benarkah Makan Karbohidrat Ketika Malam Hari Bikin Gemuk?

Lalu Kapan Waktu yang Tepat untuk Mandi?

mandi setelah makan

Foto: Orami Photo Stock

Ada beragam pendapat tentang kapan waktu yang direkomendasikan. Beberapa merekomendasikan menunggu setidaknya 35 menit untuk mandi setelah makan. Lalu ada ahli Ayurveda menyarankan menunggu setidaknya 2 jam.

Untuk ini, disarankan Moms menunggu selama 2 jam minimal, terutama jika Moms tidak yakin dengan metabolisme tubuh atau seberapa cepat pencernaan dapat bekerja. Mengonsumsi makanan ringan juga dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

Hindari buah-buahan dan tidur siang segera setelah makan karena dapat mempengaruhi pencernaan.

Yang bisa Moms pertimbangkan adalah mandi sebelum duduk di meja makan. Ini adalah cara terbaik untuk memulai pencernaan bekerja karena tubuh meningkatkan sirkulasi darah untuk mencerna makanan lebih cepat. Jadi, jika Moms tidak ingin menunggu, sebaiknya mandi terlebih dahulu.

Baca Juga: Catat! Makanan Yang Harus Dihindari Saat Anak Mengalami Gangguan Pencernaan

Sebagian besar kita pasti banyak yang mandi setelah makan. Jika Moms sering melakukannya dan merasa lesu, sembelit, atau sulit tidur setelahnya, sekarang Moms sudah tahu penyebabnya kan.

Pastikan kita tetap makan dengan sehat dan membuang makanan olahan karena akan jauh lebih sulit dicerna. Makanlah tepat waktu dan berikan perut waktu yang dibutuhkan untuk mencerna makanan dengan benar.

Artikel Terkait