KESEHATAN
27 Februari 2019

Manfaat Air Hangat untuk Tubuh Setelah Beraktivitas

Simak yuk Moms, apa saja sih manfaat air hangat untuk tubuh yang dapat kita rasakan setelah seharian beraktivitas.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky
Disunting oleh Ikhda Rizky

Setelah Moms beraktivitas seharian penuh, terkadang rasa lelah sering menghampiri. Apalagi badan terasa kotor karena polusi, minyak, dan kuman. Mandi menjadi cara terbaik untuk membersihkannya.

Namun, terkadang karena suhu udara di malam hari yang dingin, Moms jadi malas untuk mandi. Nah, saat inilah mandi air hangat jadi solusi terbaiknya.

“Mandi air hangat akan memberimu kombinasi yang indah dari ketenangan dan kenyamanan,” ujar dr. John Harcup, chairman of the Medical Advisory Committee for The British Spa Foundation.

Selain itu, apalagi, sih manfaat air hangat untuk tubuh yang dapat dirasakan setelah seharian beraktivitas? Berikut penjelasannya

1. Mengendurkan Otot

hot water units

Mandi air hangat dapat mengendurkan otot-otot yang tegang, nyeri, dan kaku. Memijat ringan tubuh pada bagian lengan dan kaki juga bisa Moms lakukan. Awalnya mungkin sedikit terasa panas, namun setelah tubuh beradaptasi, maka tubuh pun akan terasa rileks.

Baca Juga: 7 Tanaman yang Cocok untuk Kamar Mandi, Hadirkan Suasana Segar!

2. Mengatasi Susah Tidur

cannabis for insomnia

Mandi air hangat juga dapat mencegah Moms dari ancaman insomnia. Berendam dalam bak mandi berisi air hangat dan membiarkan tubuh relaks sampai suhu tubuh perlahan turun. Perubahan suhu inilah yang akan memicu Moms menjadi mengantuk dan bisa tertidur pulas.

Baca juga : 4 Rahasia Tidur Nyenyak Saat Perjalanan Jauh

3. Melancarkan Peredaran Darah

bca0c70e ed26 48be 85cb b939f1d69c42 fotolia 51324674 subscription monthly m 1

“Suhu air hangat saat mandi sebaiknya tidak lebih dari 44 derajat celsius,” menurut dr. Melissa Piliang, Dermatologist dari Cleveland Clinic. Mandi air hangat dengan suhu yang tepat, maka akan membuat jantung bekerja lebih cepat, akibat pembuluh darah melebar, dan aliran darah pun menjadi lebih banyak dan lancar.

Baca Juga: 4 Cara Menangani Varises, Jangan Dianggap Remeh!

4. Penghilang Stres

a2c18e6c 4105 4570 9638 0f3f3b21394d fotolia 107321597 subscription monthly m 1

Mandi air hangat dengan cara berdiri di bawah pancuran air hangat selama kurang lebih 5-10 menit sudah cukup untuk merelaksasi penatnya pikiran. Uap yang Moms hirup dari air hangat selama mandi akan menjadi dekongestan alami yang membuat Moms lebih mudah bernapas.

Itulah beberapa manfaat air hangat untuk tubuh setelah beraktivitas seharian. Namun, sebaiknya mandi air hangat ini harus diselingi juga dengan mandi air dingin atau air dengan suhu normal setiap minggunya.

Lalu adakah dampak buruk dari mandi dengan air hangat? Menurut dr. Joshua Zeicher, dokter kulit Mount Sinai Hospital, New York, disarankan jangan mandi air hangat lebih dari 15 menit dan sebaiknya hanya satu atau dua kali dalam satu minggu. Terlalu sering mandi air hangat juga dapat membuat tekanan darah turun, suhu tubuh tidak seimbang, mual, muntah, dan rusaknya lapisan kulit.

Nah, sekarang Moms paham kan, manfaat dan apa yang harus dihindari dari mandi dengan air hangat.

(IRN)

Artikel Terkait