KESEHATAN
23 November 2020

Air Kapur Sirih, Ini 7 Manfaat Baiknya untuk Keluarga

Ternyata banyak manfaatnya, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Kapur yang kita kenal, dipergunakan sebagai sarana menulis di sekolah dulu. Selain batu kapur dan kapur tulis, bentuk lainnya yaitu kapur sirih sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Pernahkah Moms bertanya, kapur sirih itu didapat dari mana?

Kapur sirih adalah endapan yang dihasilkan dari proses merendam batu. Pada hakekatnya, sama seperti jenis kapur lainnya, bahan ini juga berasal dari bebatuan jenis gamping yang diperoleh dari gunung kapur.

Meski demikian, jenis batu kapur sirih tidak sama dengan kapur bahan bangunan. Bahan ini merupakan jenis yang aman untuk dikonsumsi.

Manfaat bahan ini cukup beragam, mulai dari sebagai campuran pinang dan daun sirih hingga pengusir kutil dan kanker pada kulit.

Bahkan bahan ini juga bisa kita buat dalam larutan air menjadi air kapur sirih. Apa itu? Yuk kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Apa Penyebab Keputihan, dan Apakah Bisa Diatasi Dengan Air Rebusan Sirih?

Proses Pembuatan Air Kapur Sirih

kapur sirih

Foto: Orami Photo Stock

Air kapur sirih adalah air larutan bubuk kapur sirih yang didiamkan semalaman. Bubuk ini bisa kita dapatkan dengan mudah di mana saja, kok!

Dalam Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, larutan kapur sirih ini mengandung ion Ca+2 yang diperoleh dengan melarutkan CaCO3 (kapur sirih).

Lalu bubuk kapur sirih ini kita campurkan dengan air untuk memperoleh larutan yang juga memiliki banyak khasiat terutama dalam bidang kuliner. Air ini sudah lazim digunakan dalam industri makanan sebab secara klinis aman untuk dikonsumsi.

Bahan yang Moms butuhkan untuk membuatnya tentunya sejumlah kapur sirih dan air bersih. Siapkan pula wadah untuk mencampur kedua bahan ini.

Langkah pertama adalah menaruh kapur sirih dalam wadah, bisa mangkuk atau gelas.

Selanjutnya, tuangkan sedikit demi sedikit air. Takaran air harus dua kali dari takaran kapur sirih. Jadi jika kapur sebanyak 250 gram, sebaiknya airnya sebanyak 500ml.

Setelah air dituang, aduklah hingga benar-benar merata. Jangan sampai ada bubuk kapur yang menggumpal.

Setelah itu diamkan campuran air dan kapur sirih tersebit hingga beberapa waktu. Biasanya dalam jangka waktu kurang lebih 30 menit akan tercipta endapan kapur. Endapat tersebut mengumpul di lapisan paling bawah wadah.

Sementara itu, lapisan atas adalah air. Lapisan atas tersebutlah yang disebut dengan air kapur sirih. Jika Moms menginginkan kualitas air yang lebih bening dan bersih, sebaiknya diamkan sampai sehari semalam.

Dengan demikian, kuliner yang kita akan racik terbebas dari rasa pahit dan getir yang khas.

Baca Juga: 14 Manfaat Buah Kolang-kaling untuk Kesehatan, Bisa Menguatkan Tulang

Manfaat Air Kapur Sirih

air kapur sirih

Foto: sajiansedap.grid.id

Kapur sirih sejak dulu memang terkenal memiliki banyak manfaat, khususnya dalam memasak. Yang digunakan adalah larutan hasil campuran air dan kapur, yang kita sebut air kapur sirih. Apa saja kegunaannya? Yuk kita tengok, Moms.

1. Membuat Makanan Lebih Garing

Manfaat air kapur sirih cukup beragam. Dalam dunia kuliner, air ini sering digunakan sebagai bahan yang membuat makanan lebih garing. Untuk keripik, Moms bisa membuatnya lebih istimewa dengan cara merendamnya dengan air kapur sirih.

Sementara itu, agar gorengan lebih nikmat, Moms bisa menambahkan beberapa sendok makan air kapur sirih pada adonan terigu gorengan tersebut. Dengan demikian, terigu akan lebih garing dan gurih.

2. Membuat Potongan Buah Lebih Kesat

Selain itu, air kapur sirih juga populer digunakan orang-orang untuk merendam buah yang akan digunakan sebagai bahan es campur atau sup buah pun manisan buah.

Dengan merendam buah di air kapur sirih, akan membuat permukaan buah jauh lebih keras dan sedikit garing saat dimakan.

Selain itu, untuk membuat adonan makanan lebih keset dan kental, misalnya kuliner seperti klepon, Moms bisa menambahkan beberapa sendok air kapur sirih.

3. Membuat Makanan Lebih Kenyal dan Tidak Mudah Hancur

Saat mengolah adonan yang lengket, seperti klepon atau cendol misalnya, menambahkan beberapa sendok air kapur sirih untuk bikin adonan bisa membuat tekstur adonan lebih kesat dan kenyal.

Klepon dan cendol yang dihasilkan pun akan lebih enak dan nggak mudah hancur begitu kita makan.

Baca Juga: Jadwal Makan Bayi 9 Bulan, Ketahui Porsi dan Tekstur Makanannya yang Baik Di Sini!

4. Membuat Tekstur Kulit Makanan Lebih Kuat

Jika Moms senang membuat camilan yang dibungkus-bungkus atau membutuhkan kulit, seperti piscok, lumpia, dan sebagainya, biasanya pasti akan kesal jika kulitnya rapuh dan mudah sobek saat diisi isian.

Nah, tips untuk Moms agar kulit makanan yang kita buat tidak mudah sobek, bertekstur baik, dan kuat saat harus ditarik-tarik, cobalah untuk menambahkan sedikit air kapur sirih pada adonan kulit makanan tersebut.

5. Membuat Tekstur Makanan Lebih Padat

Jika Moms senang membuat masakan Betawi seperti ketupat atau lontong, yang perlu diperhatikan tentu adalah tekstur nasinya. Tekstur nasi yang baik adalah padat dan tidak mudah hancur.

Solusinya, Moms bisa menambahkan sedikit campuran air kapur ke dalam beras yang akan dibuat menjadi ketupat atau lontong.

Sebelum direbus, ketupat yang terlebih dahulu direndam di dalam air kapur sirih akan membuat tekstur ketupat menjadi lebih padat.

Hal ini juga berlaku pada beras yang akan dijadikan lontong, jika direndam sebentar dalam air kapur sirih akan membuat hasil lontong menjadi lebih padat.

Diamkan beras yang sudah diberi air kapur selama kurang lebih 60 menit sebelum dibungkus.

Air kapur dapat membuat tekstur ketupat atau lontong jadi lebih kenyal dan tahan lama. Jadi Moms tidak butuh tambahan bahan pengawet lagi deh.

6. Gorengan Bisa Jadi Lebih Renyah

Agar kacang goreng yang Moms buat bisa lebih renyah dan gurih, Moms tidak perlu menggorengnya berulang kali.

Cukup dengan merendam kacang tanah kupas dengan garam, sedikit air kapur sirih, dan bawang putih semalaman sebelum digoreng dapat membantu.

Jangan lupa untuk sering mengaduk kacang saat digoreng agar warnanya cokelat muda merata.

Sedangkan pada rempeyek, adonan yang ditambahkan dengan air kapur sirih akan membuat rempeyek menjadi lebih renyah.

Gunakan 1/4 bagian kapur sirih yang dilarutkan dengan segelas air lalu tunggu hingga mengendap, ambil air bagian beningnya saja, dan campurkan ke dalam adonan rempeyek yang kita buat. Cukup mudah kan Moms?

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Gorengan?

7. Berkhasiat bagi Pengobatan

Selain dalam bidang kuliner, ternyata air kapur sirih juga bermanfaat dalam bidang pengobatan. Misalnya saja penyakit diare. Penyakit ini bisa diatasi dengan meminum air rebusan potongan kunyit bersih yang ditambah dengan 1 sendok air kapur sirih.

Minum ramuan ini sebanyak 3 kali dalam sehari hingga diare lenyap. Selain penyakit, air kapur dari sirih juga ampuh mengobati luka bakar di kulit.

Caranya cukup mudah, Campurkan sejumput air kapur sirih dengan bubuk kunyit dan air kelapa. Takarannya semua seimbang agar terbentuk pasta yang digunakan untuk membaluri luka bakar.

Itu dia Moms beragam manfaat yang bisa kita dapatkan dari air kapur sirih untuk makanan. Namun ingat, saat menggunakan air kapur dari sirih dalam masak, jangan berlebihan ya. Moms perlu perhatikan takarannya yang tepat.

Karena penggunaan kapur sirih yang berlebihan justru akan membuat rasa makanan terasa pahit dan getir khas kapur. Selamat bereksperimen di rumah!

Artikel Terkait