BALITA DAN ANAK
1 Juli 2020

6 Manfaat Ajaib Air Kelapa Bagi Anak-Anak

Air kelapa punya banyak manfaat kesehatan bagi anak-anak, salah satunya mencegah dehidrasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pernahkah Moms memberikan air kelapa kepada Si Kecil? Jika belum, Moms harus mencobanya, nih. Selain memiliki banyak manfaat untuk orang dewasa, manfaat air kelapa bagi anak-anak juga banyak, lho.

Pohon kelapa dikenal sebagai pohon kehidupan karena setiap bagiannya memiliki manfaat. Air kelapa dapat dikonsumsi untuk mengurangi dehidrasi pada cuaca panas dan sebagai isotonic setelah melakukan olahraga.

Bahkan dalam jurnal Coconut Water -Properties, Uses, Nutritional Benefits in Health and Wealth and in Health and Disease, dikatakan bahwa air kelapa diklaim sebagai pesaing utama produk minuman olahraga karena kekhasan yang dimiliki air kelapa seperti aroma, rasa, dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Dalam jurnal yang sama juga dikatakan air kelapa pun dapat digunakan untuk mengobati kolera, disentri, influenza, dan penyakit menular yang disebabkan dehidrasi.

Manfaat Air Kelapa bagi Anak

Air kelapa mengandung beberapa nutrisi penting seperti kalium, sodium, vitamin C, kalsium, magnesium dan lain-lain. Karena kaya nutrisi dan berbahan alami, air kelapa pun dapat dikonsumsi oleh bayi berusia di atas 6 bulan.

Hal ini dikarenakan kandungan elektrolit, karbohidrat, dan asam aminonya sangat baik untuk pertumbuhan bayi.

Lalu, apa manfaat air kelapa bagi anak-anak yang lainnya?

1. Mencegah Dehidrasi

manfaat air kelapa bagi anak 1.jpg

Foto: Freepik.com

Manfaat air kelapa bagi anak yang pertama adalah dapat mencegah dehidrasi. Air kelapa menghidrasi tubuh anak-anak karena jumlah kandungan potasium, sodium, dan gula alami yang tinggi dalam air kelapa.

Apabila cuaca sedang panas-panasnya, air kelapa sangat cocok diberikan sebagai pelepas dahaga untuk Si Kecil, Moms. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan elektrolit pada bayi yang mengalami diare.

Baca Juga: Ketahui Tanda Kulit Dehidrasi, Beda dengan Jenis Kulit Kering

2. Menguatkan Tulang dan Mencegah Kram Otot

manfaat air kelapa bagi anak 2.jpeg

Foto: Pexels.com

Jumlah kandungan kalsium yang tinggi yakni 24 mg/100 gram pada air kepala dapat membantu menguatkan tulang anak-anak. Wujud air kelapa yang cair juga bisa dialirkan melalui darah dengan sangat mudah sehingga membantu kalsium lebih cepat mencapai tulang.

Selain itu kandungan kalium pada air kelapa dapat membantu mencegah kram otot. Aktifnya anak-anak saat bermain memungkinkan mereka untuk mengalami kram otot. Memberikan air kelapa secara rutin dapat membantu pencegahan.

3. Menambah Energi

manfaat air kelapa bagi anak 3.jpeg

Foto: Unsplash.com

Beberapa nutrisi yang dibutuhkan anak-anak untuk menambah dan menaikkan energi adalah karbohidrat, natrium, fosfor, dan kalium.

Semua nutrisi ini terkandung dalam air kelapa, lho. Air kelapa juga mengandung kadar gula yang rendah. Setelah Moms dan Dads memberikan air Si Kecil, ia akan merasa segar kembali.

Baca Juga: Si Kecil Senang Jungkir Balik? Salurkan Energinya Lewat 4 Cara Ini

4. Meningkatkan Sirkulasi Oksigen dan Darah Pada Tubuh

manfaat air kelapa bagi anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Konsumsi air kelapa dapat membantu asupan oksigen anak-anak lebih baik sehingga meningkatkan sirkulasi darah.

Dengan sirkulasi darah yang meningkat, penyerapan oksigen pun jadi lebih banyak sehingga anak-anak bisa lebih berkonsentrasi dan fokus.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

manfaat air kelapa bagi anak 5.jpeg

Foto: Pexels.com

Sifat air kelapa sebagai antibakteri, antimikroba, dan antivirus dapat menyembuhkan infeksi pada kulit. Air kelapa juga dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi kelebihan minyak. Dengan rajin mengonsumsi air kelapa, kulit Si Kecil akan jadi lebih bersih, jernih, dan sehat.

Baca Juga: Kenali 6 Gejala Kulit Sensitif Pada Anak

6. Mengatasi Masalah Terkait Saluran Kemih

manfaat air kelapa bagi anak 6.jpg

Foto: Freepik.com

Terkadang anak-anak tidak dapat buang air kecil dengan baik karena kandungan air dalam tubuh yang kurang. Nah, air kelapa dapat membantu mengeluarkan air seni dan dapat mencegah masalah ekskresi lainnya seperti infeksi atau iritasi pada saluran kemih. Untuk hasil optimal, Moms dan Dads dapat memberikan segelas air kelapa setiap hari pada Si Kecil.

Itulah beberapa manfaat ajaib air kelapa bagi anak-anak. Moms dan Dads dapat menambahkan air kelapa dalam konsumsi harian anak-anak karena manfaat air kelapa bagi anak yang begitu banyak. Selamat mencoba!

Artikel Terkait