PROGRAM HAMIL
21 Maret 2019

Air Kelapa Bermanfaat Untuk Ibu Hamil, Benarkah?

Air kelapa bisa mengurangi dehidrasi akibat mual
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Saat hamil pastinya Moms sangat memikirkan perihal asupan untuk menjaga kesehatan Moms dan janin dalam kandungan.

Selain dari pengetahuan akan makanan dan minuman yang baik untuk Moms dan pasangan, Moms juga wajib kontrol ke dokter kandungan. Ada banyak minuman yang dipercaya baik untuk ibu hamil salah satunya air kelapa.

Apakah air kelapa untuk ibu hamil itu aman? “Air kelapa adalah air berisotonik yang sangat baik untuk menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang,” ujar ahli nutrisi kehamilan, Rebecca Malachi.

Air kelapa mengandung vitamin dan mineral alami yang tidak dimiliki pada minuman manapun. Saat hamil khususnya pada trimester pertama di mana rasa mual dan ingin buang air terus menerus hadir. Maka, alangkah baiknya Moms mengonsumsi air kelapa.

Air kelapa juga bisa mengurangi dehidrasi akibat mual. Saat terbaik minum air kelapa adalah saat pagi hari, karena elektrolit dan nutrisi dengan mudah diserap saat perut Moms sedang dalam keadaan kosong.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut beberapa manfaat minum air kelapa untuk ibu hamil!

Baca Juga: Benarkah Ibu Hamil Harus Makan Dua Kali Lipat?

1. Air Kelapa Merupakan Diuretik Alami

1 kelapa

Faktanya air kelapa bisa menurunkan risiko kelahiran prematur. Mengapa? Air kelapa kaya akan potasium, magnesium, dan mineral yang bisa membuat Moms lebih sering buang air kecil.

Buang air kecil sering bisa membantu Moms membuang racun yang ada dalam tubuh. Selain itu, air kelapa mengandung elektrolit esensial. Saat hamil Moms butuh energi dan ketenangan dalam berpikir.

Untuk itu, air kelapa juga baik dikonsumsi karena mengandung lima elektrolit yang diperlukan tubuh.

Selain itu, elektrolit yang dihasilkan air kelapa juga akan menstimulasi aliran listrik dalam tubuh dan merangsang fungsi otot Moms.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Gorengan?

2. Meredakan Mulas dan Sembelit

2 kelapa

Air kelapa dipercaya bisa meredakan mulas dan sembelit, karena air kelapa merupakan penetral asam alami untuk tubuh.

Menjaga stabilitas tubuh dan mendetoksifikasi tubuh juga menjadi manfaat yang baik untuk ibu hamil.

Air kelapa kaya akan vitamin, antioksidan, dan pada akhirnya menyebabkan kekebalan tubuh Moms yang meningkat.

Tentunya jika kesehatan Moms terjaga, begitu juga dengan kesehatan bayi dalam kandungan.

Menariknya air kelapa juga bisa menangkal bakteri berbahaya mulai dari flu gingga HIV. Tak sampai di situ, air kelapa juga berfungsi mempertahankan bakteri baik dalam tubuh dan fungsinya.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

3 kelapa

Air kelapa berfungsi menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Moms disarankan mengonsumsinya khusus saat trimester akhir dimana saat itu banyak sekali pikiran dan beban sebelum kehamilan.

Konsumsi itu sehari sekali dengan begitu Moms akan mendapatkan tekanan darah yang stabil. Vitamin yang terkandung dalam air kelapa bisa memerangi kolesterol jahat dan menjaga kolesterol baik.

Banyak minuman yang mengandung pengawet dan rasa buatan yang tidak baik untuk tubuh.

Air kelapa adalah minuman tanpa rasa buatan dan satupun komponen yang dapat merusak tubuh Moms selama mengkonsumsi dalam batas wajar.

Baca Juga: Catat! Ini 7 Vitamin yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

4. Baik untuk Diet

4 kelapa

Air kelapa baik untuk Moms yang sedang diet ataupun menjaga berat badan. Air kelapa tidak mengandung lemak dan rendah kalori.

Janin yang sedang tumbuh tetap membutuhkan gula dan air kelapa memiliki kandungan gula yang cukup dan tidak membuat kamu gemuk dan mendapatkan berat badan berlebihan.

Selain menghilangkan dehidrasi, air kelapa juga mengandung gula yang bisa menggantikan energi terbuang setelah olahraga, terutama bila berolahraga ketika hamil.

Hebat sekali ya manfaat air kelapa untuk ibu hamil? Makanya, yuk minum air kelapa untuk menjaga kesehatan saat hamil!

(GSA)

Artikel Terkait