KESEHATAN
18 September 2020

15 Manfaat Almond untuk Kesehatan, Simak Moms!

Wah ternyata banyak manfaatnya lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Amelia Puteri

Almond terkenal dengan manfaat kesehatannya yang luar biasa karena mengandung serat, mineral, dan asam lemak esensial. Almond juga memiliki rasa yang lezat sehingga disukai oleh semua kalangan usia.

Moms mungkin penasaran tentang manfaat almond, baik untuk bayi, ibu hamil, dan manfaat kesehatan secara keseluruhan. Jika tidak memiliki alergi kacang, almond menjadi pilihan camilan sehat yang direkomendasikan.

Yuk, cari tahu manfaat almond berikut ini.

Baca Juga: Manfaat Makan Kacang Rebus untuk Ibu Hamil

Manfaat Almond untuk Kesehatan Bayi

manfaat almond untuk bayi

Foto: source.wustl.edu

Dalam pedoman terbaru dari American Academy of Pediatrcs (AAP), almond termasuk salah satu kacang-kacangan yang boleh diberikan pada bayi yang berusia lebih dari 6 bulan.

Lalu, apa saja manfaat almond untuk bayi?

1. Mendukung Perkembangan Otak

Dalam laman MomJunction dikatakan bahwa manfaat almond mengandung berbagai nutrisi yang membantu menjaga kesehatan dan mendukung perkembangan otak bayi.

Mengonsumsi almond sebagai MPASI juga disebutkan dapat meningkatkan kecerdasan bayi.

Selain itu, almond mengandung riboflavin dan L-carnitine yang akan membantu meningkatkan aktivitas otak bayi, termasuk mencegah terjadinya Alzheimer saat bayi tumbuh dewasa.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Mencegah Diabetes

“Almond telah diteliti secara luas mengenai manfaatnya terhadap kesehatan jantung, diabetes dan manajemen berat badan,” kata Jenny Heap, ahli diet terdaftar di Almond Board of California, seperti dikutip dari Live Science.

Menurut Heap, kombinasi nutrisi sebagai manfaat almond yang unik seperti nabati, serat, dan lemak tak jenuh tunggal, vitamin E dan magnesium dapat membantu menjadikannya makanan yang sehat untuk jantung bayi.

3. Memperkuat Tulang dan Gigi Bayi

FirstCry Parenting menyebutkan bahwa manfaat almond untuk bayi yang tidak kalah penting untuk Moms ketahui adalah kemampuannya untuk memperkuat tulang dan gigi bayi.

Kehadiran fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi pada almond diketahui dapat memperkuat tulang dan gigi bayi selama masa pertumbuhannya. Manfaat ini sekaligus membantu mencegah dan menurunkan risiko osteoporosis di kemudian hari.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Bayi

Manfaat almond untuk bayi lainnya adalah untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh bayi.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dan sifat basa pada almond yang dipercaya mampu membersihkan tubuh dari racun, yang pada waktunya akan semakin meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi secara signifikan.

5. Melindungi Sel-sel Tubuh dan Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Mata

Dikutip dari situs kesehatan Healthline, almond adalah sumber vitamin E yang sangat baik, yang merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin E di dalam almond juga berfungsi menjaga dan meningkatkan kesehatan mata serta kulit bayi.

6. Menjaga Kesehatan Usus dan Melancarkan Pencernaan Bayi

Lamanhsph.harvard.edu menyebutkan, bahwa almond mengandung fitonutrien yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus bayi. Ini menjadi manfaat almond selanjutnya.

Bahkan uji coba terkontrol telah menunjukkan bahwa mengonsumsi almond sebagai MPASI dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan pembuluh darah, dan mengurangi resistensi insulin.

Baca Juga: 4 Manfaat Kacang Edamame untuk Kesehatan

Manfaat Almond untuk Kesehatan Ibu Hamil

manfaat almond untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin pernah mendengar kabar bahwa makan kacang-kacangan saat hamil bisa bikin anak jadi alergi saat lahir nanti. Tetapi, ini hanya menjadi mitos, dan bahkan telah dibantah dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology.

Kacang-kacangan justru menjadi camilan sehat bagi ibu hamil. Salah satu jenis kacang yang bisa Moms pilih adalah kacang almond. Ketahui apa saja manfaat almond untuk ibu hamil berikut ini.

7. Membuat Si Kecil Tumbuh Lebih Cerdas

Studi yang dilakukan oleh Barcelona Institute for Global Health mengungkapkan, wanita hamil yang makan kacang di trimester awal akan melahirkan anak-anak yang lebih cerdas. Ini menjadi manfaat almond bagi ibu hamil.

Anak juga akan memiliki daya ingat yang lebih baik, tingkat perhatian yang lebih tinggi, dan lebih banyak keterampilan dalam berpikir.

Selain kacang almond, Moms bisa mendapatkan nutrisi yang sama dengan mengonsumsi jenis kacang-kacangan lain, seperti kenari, kacang tanah, dan hazelnut dengan kandungan asam lemak sehat untuk tubuh.

8. Memberikan Asupan untuk Zat Besi

Moms, tahukah bahwa zat besi dibutuhkan selama kehamilan? Nah, 1 ons kacang almond mengandung 1,1 mg zat besi yang memenuhi 6 persen dari kebutuhan zat besi harian ibu hamil.

Kebutuhan zat besi akan sangat tinggi terutama pada trimester pertama. Oleh sebab itu, manfaat almond dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan zat besi tersebut.

9. Mengandung Asam Folat

Kacang almond adalah salah satu sumber asam folat terbaik yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Menurut studi dalam jurnal The Lancet, folat dapat membantu dalam perkembangan otak dan sistem neurologis bayi.

Asam folat juga penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Selama kehamilan, Moms membutuhkan sekitar 400 mcg asam folat. Ini menjadi manfaat almond bagi ibu hamil yang selanjutnya.

“Makanan yang kaya dengan asam folat, yaitu sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan kubis, kacang-kacangan, dan buah jeruk. Makanan lainnya seperti roti, sereal, dan pasta juga diperkaya dengan asam folat. Jika diperlukan, suplemen asam folat juga bisa dikonsumsi,” ungkap Dr. Diane Ashton, wakil direktur medis untuk March of Dimes.

10. Memiliki Kandungan Kalsium

Manfaat almond tidak hanya mengandung zat besi, tetapi juga kalsium. Makan satu ons almond menyediakan sekitar 75 mg kalsium.

Nah, manfaat almond yang satu ini dapat membantu menurunkan risiko preeklamsia dan membantu pembentukan tulang dan gigi pada bayi yang belum lahir.

Ketika kebutuhan kalsium saat hamil berkurang, maka nantinya akan mengambil dari tulang Moms, sehingga dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

11. Mencegah Kenaikan Berat Badan yang Berlebihan

Berat badan ibu hamil memang pasti akan naik, namun pastikan tidak berlebihan, ya Moms! Ini karena kenaikan berat badan yang berlebih dapat mengakibatkan diabetes gestasional dan berbahaya untuk kesehatan Moms dan janin.

Karena itu, jika Moms ingin makan camilan, bisa mengonsumsi kacang almond sebagai alternatif di masa kehamilan sehingga tidak perlu khawatir berat badan naik dengan cepat.

Manfaat almond bagi ibu hamil jika dikonsumsi setiap hari akan membuat rasa kenyang lebih lama dan meningkatkan hormon leptin yang mengurangi nafsu makan. Tetapi, selalu ingat agar tidak mengonsumsi secara berlebihan, ya.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Minyak Wijen untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Manfaat Almond untuk Kesehatan Wanita

manfaat almond untuk kesehatan wanita

Foto: Orami Photo Stock

Kacang almond adalah camilan yang menyehatkan. Bahkan dalam penyajiannya, Moms bisa memasukkannya ke dalam makanan, smoothie, taburkan di atas oat, atau digunakan sebagai saus buah segar.

Ada juga manfaat almond lain untuk kesehatan wanita yang mungkin belum Moms ketahui. Berikut ini daftarnya.

12. Padat Akan Kandungan Antioksidan

Almond adalah sumber antioksidan yang penting, yang sebagian besar terkonsentrasi di lapisan coklat kulitnya, menurut Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition. Ini menjadi manfaat almond untu kesehatan wanita yang pertama.

Satu studi (sebagian didanai oleh Almond Board of California), menemukan bahwa pada pria dan wanita yang mengonsumsi 2,5 ons almond setiap hari, kadar biomarker dalam darah untuk stres oksidatif menurun sebanyak 27% selama satu bulan.

Stres oksidatif adalah ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahaya mereka. Para ilmuwan percaya bahwa antioksidan dalam almond bertanggung jawab atas dampak perlindungan.

13. Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat almond mentah dan panggang terbukti bertindak sebagai prebiotik, yang berfungsi sebagai makanan bagi bakteri menguntungkan di usus yang terkait dengan kekebalan, anti-inflamasi, dan kesehatan mental.

Dalam sebuah penelitian pada Current Developments in Nutrition, seorang mahasiswa secara acak ditugaskan untuk mengemil almond atau biskuit graham.

Setelah delapan minggu, para peneliti mengamati bahwa pemakan almond mengalami perubahan penting dalam susunan mikrobioma usus mereka, termasuk penurunan bakteri patogen, dan peningkatan keragaman bakteri yang terkait dengan hasil positif, termasuk pengelolaan berat badan, fungsi insulin, pengaturan kolesterol, dan anti peradangan.

14. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat almond selanjutnya dapat melindungi kesehatan jantung dengan beberapa cara. Kacang-kacangan telah terbukti mempertahankan atau meningkatkan kolesterol HDL pelindung jantung yang "baik", sekaligus menurunkan kadar LDL "buruk".

Mengutip Health, kacang almond dan kacang-kacangan lainnya juga membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah, yang berarti membantu pembuluh darah rileks dan mengurangi kekakuan arteri.

15. Bagus untuk Kulit

Lemak baik mendukung kesehatan kulit, tetapi manfaat almond sebenarnya dapat membantu membalikkan waktu dalam hal penuaan kulit. Dalam studi terkontrol acak tahun 2019 pada jurnal Phytotherapy Research.

Dalam studi tersebut, wanita pascamenopause yang sehat dibagi menjadi dua kelompok. Selama 16 minggu, satu kelompok mengonsumsi 20% kalori harian mereka sebagai almond, dan kelompok lainnya mengonsumsi persentase yang sama dengan makanan non-almond.

Foto wajah dan sistem analisis gambar digunakan untuk menilai lebar dan keparahan kerutan pada awal penelitian, dan delapan dan 16 minggu kemudian.

Para peneliti menemukan bahwa kelompok pemakan almond secara signifikan mengurangi keparahan dan lebar kerutan dibandingkan dengan kelompok non-almond.

Itu dia Moms, ragam manfaat almond untuk bayi, ibu hamil, dan kesehatan kulit. Jangan lupa untuk selalu konsumsi sayur dan buah lainnya sebagai pola makan gizi seimbang, ya!

Artikel Terkait