2-3 TAHUN
26 Juli 2019

Apa Saja Manfaat Anak Main di Luar Rumah?

Jangan melulu biarkan anak bermain dengan gadget di dalam ruangan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Tahukah Moms kalau bermain di luar rumah akan bermanfaat bagi Si Kecil? Sayangnya ada banyak perbedaan yang terjadi di antara anak-anak generasi kini dan generasi sebelumnya, terutama dalam masalah bermain. Kebanyakan anak zaman sekarang lebih senang bermain di dalam ruangan, daripada di luar.

Alasannya mungkin karena Si Kecil terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain dengan perangkat elektroniknya. Selain itu banyaknya kegiatan dan pekerjaan yang harus diselesaikan juga bisa menjadi salah satu alasan.

Padahal anak perlu bermain di luar atau tempat yang terbuka. Bukan hanya anak-anak saja, orang dewasa juga kini menghabiskan sedikit waktu untuk bermain di luar rumah. Agar Moms bisa lebih memahaminya, berikut ini beberapa manfaat anak main di luar rumah!

Baca Juga: Keluarga Cambridge Lakukan Aktivitas Outdoor, Ini 5 Potret Keseruannya

1. Mendapatkan Sinar Matahari

anak perlu bermain di luar

Manfaat anak main di luar rumah yang pertama adalah paparan sinar matahari. Dokter anak di Boston Children's Hospital, Claire McCarthy, MD, menyampaikan bahwa kita membutuhkan sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D.

Vitamin ini memainkan peran penting dalam banyak proses tubuh, mulai dari perkembangan tulang hingga sistem kekebalan tubuh kita.

Selain itu, paparan sinar matahari juga membantu dalam membuat kita tidur lebih nyenyak dan suasana hati lebih baik. Maka dari itu, orang tua maupun anak perlu bermain di luar.

2. Olahraga

anak perlu bermain di luar

Anak-anak harus aktif selama satu jam setiap hari, dan keluar rumah untuk bermain adalah salah satu hal yang harus Moms pastikan.

"Anak-anak dapat berolahraga di dalam ruangan, tetapi berolahraga di luar, seperti bermain sepak bola atau bersepeda, akan membantu Si Kecil bermain lebih aktif, serta sebenarnya merupakan olahraga terbaik untuk anak-anak," ujar Claire.

Baca Juga: Trik agar Anak Tidak Malas Olahraga

3. Menyelesaikan Masalah

kids-freeplay-989x660.jpg

Manfaat anak main di luar rumah yang selanjutnya adalah mempertajam kemampuan menyelesaikan masalah. Keterampilan ini juga berupa perencanaan, kreativitas, dan bernegosiasi.

"Berada di luar memberi mereka kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan hidup yang penting ini," lanjut Claire.

4. Mengambil Risiko

KidsOutside_1.jpg

Anak-anak perlu mengambil risiko. Sebagai orang tua, hal ini akan membuat kita cemas. Namun jika tidak pernah membiarkan mereka mengambil risiko apa pun, mereka tidak akan tahu apa yang bisa mereka lakukan.

Anak mungkin tidak memiliki kepercayaan diri dan keberanian untuk menghadapi risiko kehidupan yang tak terhindarkan.

Baca Juga: Beraktivitas di Bawah Sinar Matahari, Siapa Takut?

5. Sosialisasi

anak perlu bermain di luar

Anak-anak perlu belajar bagaimana bersosialisasi. Si Kecil perlu belajar berteman, berbagi, dan bekerja sama, bagaimana memperlakukan orang lain.

Jika mereka hanya berinteraksi dalam pengaturan yang sangat terstruktur, seperti sekolah, anak tidak akan bisa mempelajari semua yang perlu mereka ketahui saat bersama dengan orang banyak.

Itulah beberapa manfaat anak bermain di luar. Dari manfaat kesehatan dan tumbuh kembang anak semuanya bisa didapatkan dari bermain di luar ruangan! Yuk taruh gadget dan ajak anak main di luar!

Artikel Terkait