KESEHATAN
5 November 2020

13+ Manfaat Baby Oil, Bukan Cuma untuk Si Kecil!

Walau diperuntukan bagi Si Kecil, Moms dan Dads boleh pakai juga kok!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Biasa dipakai sebagai perawatan pada kulit bayi, rupanya baby oil memiliki berbagai manfaat untuk orang dewasa.

Baby oil telah beredar selama 100 tahun di pasaran dan rasanya telah menjadi perlengkapan pokok yang harus dimiliki sebagai perawatan untuk kulit bayi.

Baby oil merupakan minyak yang aman digunakan pada kulit bayi karena memang penggunaannya ditujukan khusus untuk kenyamanan bayi dengan bahan yang aman.

Menurut salah satu produsen terbesar perlengkapan bayi, Johnson & Johnson, baby oil dapat membantu melembapkan kulit bayi, terutama jika dioleskan sehabis mandi.

Baby oil bekerja dengan membentuk pelindung semi-breathable di atas kulit yang mampu mengunci kelembapan yang ada pada permukaan kulit.

Baca Juga: Review Essential oil Belli To Baby Lavender oleh Moms Orami

Baby oil diformulasikan agar meminimalisir pemicu alergi (hipoalergenik) serta bebas paraben, ftalat, dan pewarna. Artinya, aman bagi kebanyakan orang untuk memakainya kulit tanpa takut reaksi alergi.

Tidak jarang pula orang dewasa ikut menggunakan baby oil di tubuh mereka untuk menghilangkan kulit kering.

Selain itu, rupanya baby oil juga memiliki banyak manfaat, terutama untuk wajah dan kecantikan. Karena kandungan mineral oil-nya yang mampu melembapkan kulit, baby oil sering digunakan sebagai perawatan alternatif bagi wajah dan kulit.

Manfaat Baby Oil untuk Wajah

Meskipun saat ini hanya ada sedikit penelitian ilmiah tentang bagaimana baby oil dapat bermanfaat untuk kulit dan sedikit penelitian tentang bagaimana baby oil mempengaruhi wajah, tapi amun secara umum penelitian menunjukkan baby oil aman untuk kulit maupun wajah. Apa saja manfaat baby oil untuk wajah?

1. Melembapkan Kulit

Baby oil dapat melembabkan wajah

Foto: freepik.com

Manfaat baby oil untuk wajah yang pertama adalah dapat digunakan sebagai pelembapada wajah. Baby oil bersifat noncomedogenic, artinya baby oil tidak menyumbat pori-pori.

Menggunakan baby oil untuk melembapkan wajah cocok digunakan untuk Moms yang memiliki jenis kulit kering hingga normal.

Dalam studi The influence of water, glycerin, paraffin oil and ethanol on skin mechanics pada tahun 1993, peneliti menguji empat bahan pelembap umum yang berbeda untuk melihat bagaimana bahan tersebut memengaruhi kulit manusia, salah satunya adalah mineral oil yang merupakan bahan utama baby oil.

Dibandingkan dengan etanol, gliserin, dan air, air dan baby oil nampaknya memiliki efek pelembap terbesar dari semua bahan saat dioleskan ke kulit.

Para peneliti menemukan bahwa mineral oil membantu mengencangkan kulit dan membuat kulit tampak lebih lembap.

2. Mengatasi Bibir Kering

Manfaat baby oil juga dipercaya mampu mengatasi masalah bibir kering. Bibir kering menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan akibat kurangnya hidrasi pada bibir.

Kandungan mineral oil pada baby oil mampu membuat bibir menjadi lembap kembali. '

Bibir yang kering biasanya akan menjadi pecah-pecah dan cukup mengganggu penampilan, terutama saat memoleskan produk pewarna bibir.

Cobalah menggunakan baby oil secara rutin saat bibir sedang pecah-pecah disertai minum air putih yang banyak.

3. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Mencegah penuaan dini dengan baby oil

Foto: freepik.com

Belum ada penelitian khusus yang membuktikan bahwa baby oil dapat mencegah penuaan dini.

Namun, menurut National Institutes of Health menyatakan bahwa penuaan kulit dikaitkan dengan hilangnya kelembapan kulit.

Penggunaan baby oil yang mampu melembapkan kulit dapat dikaitkan dengan pencegahan pada masalah-masalah kulit yang memicu penuaan dini.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Balsem Bayi untuk Menghangatkan Tubuh Si Kecil

4. Menyamarkan Kantung Mata

Selain masalah bibir kering yang dapat mengganggu penampilan, masalah bayangan hitam pada kantung mata juga menjadi penyebab wanita kurang percaya diri.

Baby oil dipercaya mampu mengurangi bahkan menghilangkan lingkaran hitam di mata.

Caranya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes baby oil dengan air, kemudian celupkan pada kapas dan tempelkan pada bagian kantung mata yang menghitam selama beberapa menit. Kompres ini bisa dilakukan beberapa kali saat menjelang tidur secara rutin.

5. Mengurangi Bekas Luka Pada Wajah

Baby oil membantu menyamarkan hingga menghilangkan bekas luka

Foto: freepik.com

Manfaat baby oil untuk wajah selanjutnya adalah baby oil dipercaya mampu mengurangi bekas luka pada wajah.

Meskipun belum ada penelitian langsung yang menunjukan manfaat ini, namun baby oil memang efektif digunakan sebagai pelembap.

Mengoleskan baby oil dapat mengurangi tampilan bekas luka dan stretch mark secara keseluruhan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Eugene R. Jolly dan Charles A Sloughfly menemukan bahwa efek baby oil hilang dalam waktu 48 jam setelah diaplikasikan ke kulit.

Jadi, untuk menjaga agar kulit tetap lembap ada baiknya untuk mengulangi pemakaian secara berkala.

Baca Juga: Memakai Baby Oil pada Bayi, Ini 8 Kesalahan Penggunannya

Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan

Baby oil dikenal sebagai minyak serbaguna yang diperuntukan bagi para bayi. Biasanya digunakan untuk memijat, membersihkan kulit dan melembapkan kulit bayi.

Karena baby oil terkenal sebagai produk yang hipoalergenik, orang dewasa juga dapat memanfaatkannya sebagai produk yang digunakan sehari-hari untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Terdapat berbagai macam manfaat baby oil untuk kecantikan, apa saja?

6. Menghapus Makeup

Baby oil dapat menjadi makeup remover

Foto: freepik.com

Manfaat baby oil untuk kecantikan yang pertama adalah baby oil sering dipergunakan sebagai alternatif untuk penghapus makeup terutama yang bersifat waterproof.

Membersihkan makeup menjadi sebuah rutinitas bagi wanita, karena jika terlalu lama berada di wajah atau bahkan digunakan ketika tidur, dapat menimbulkan berbagai masalah kulit terutama timbulnya jerawat di wajah.

Penggunaan baby oil sebagai penghapus make up juga dianjurkan bagi wanita yang memiliki kulit yang sensitif, karena sifat hipoalergenik-nya dapat mencegah iritasi pada kulit.

Kandungan mineral oil pada baby oil memiliki molekul besar sehingga dapat menembus kulit tanpa menyumbat pori-pori.

Meskipun begitu, mineral oil masih berpotensi menjebak kotoran atau sel kulit mati yang sudah terlanjur ada di pori-pori.

Disarankan segera membasuh muka dengan air dan sabun wajah setelah menggunakan baby oil sebagai makeup remover.

7. Merapikan Alis

Manfaat baby oil untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat digunakan untuk merapikan bulu alis yang tebal dan kurang rapi.

Tekstur baby oil yang licin dapat membantu membentuk alis sesuai yang diinginkan dan membuatnya terlihat lebih rapi.

Cara menggunakan baby oil untuk merapikan alis adalah dengan membasahi alis sedikit dengan baby oil, kemudian sisir menggunakan spoolie perlahan untuk merapikannya.

8. Membuat Kulit Berkilau

Baby oil membuat kulit terlihat sehat berkilau

Foto: freepik.com

Siapa yang tidak ingin memiliki wajah yang tampak berkilau sehat atau glowing? Dengan baby oil Moms bisa mendapatkan hasil kulit berkilau sehat.

Baby oil dapat digunakan sebagai pelembap sebelum menggunakan makeup, dengan begitu wajah akan terlihat berkilau.

Namun, jangan terlalu banyak mengaplikasikan baby oil ke wajah ya, karena alih-alih ingin membuat wajah glowing justru akan membuat wajah tampak berminyak dan makeup menjadi cakey.

Baca Juga: Ini 12 Manfaat Masker Kunyit, Yuk Coba!

9. Dapat Digunakan Sebagai Masker

Karena manfaatnya yang mampu melembapkan kulit, baby oil juga sering digunakan sebagai masker wajah.

Meskipun saat ini banyak masker yang dijual di pasaran, namun tidak semuanya cocok dengan kulit akibat bahan-bahan tertentu yang dapat memicu alergi di wajah.

Menggunakan baby oil untuk dijadikan masker pun cukup mudah. Selain mengoleskannya ke wajah begitu saja, Moms juga bisa mencampurkan baby oil ke dalam masker favorit.

Baby oil tidak hanya mampu melembapkan wajah, tetapi juga menjaga elastisitas, serta menenangkan kulit wajah yang meradang akibat jerawat.

10. Menghilangkan Komedo

Baby oil membantu membersihkan wajah dari komedo

Foto: freepik.com

Baby oil terkenal akan kandungannya yang noncomedogenic atau tidak mudah menimbulkan komedo. Ternyata baby oil juga mampu menghilangkan komedo.

Hal ini disebabkan baby oil memiliki kemampuan untuk mengeluarkan minyak yang tertimbun di dalam pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Baby oil juga mengandung Vitamin E yang kaya akan nutrisi serta pH di level normal yang mampu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi iritasi.

Manfaat Baby Oil untuk Orang Dewasa

Walau dirancang dan dipasarkan untuk bayi, kandungannya yang aman bagi kulit dan serba guna dapat dimanfaatkan untuk orang dewasa. Lalu, apa saja manfaat baby oil untuk orang dewasa?

11. Alternatif Krim Pencukur

Baby oil dapat menjadi pengganti krim cukur

Foto: freepik.com

Manfaat baby oil untuk orang dewasa yang pertama adalah dapat dimanfaatkan sebagai pengganti krim pencukur.

Bagi sebagian pria maupun wanita, mencukur merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan untuk menjaga penampilan.

Mencukur tanpa menggunakan krim pencukur dapat menyebabkan iritasi di kulit.

Namun, jika tidak mempunyai krim pencukur di rumah atau kebetulan habis, baby oil bisa menjadi salah satu alternatif untuk digunakan.

Pada dasarnya produk pencukur mengandung mineral oil yang sama dengan kandungan yang ada dalam baby oil.

Aplikasikan baby oil sebelum dan sesudah mencukur untuk mencegah kulit dari iritasi.

12. Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Manfaat baby oil untuk orang dewasa selanjutnya adalah membantu mengatasi kulit tumit yang kering dan pecah-pecah.

Baby oil mengandung vitamin E yang merupakan formula yang baik untuk kulit, termasuk mampu mengatasi kulit yang kering dan pecah-pecah, seperti yang sering terjadi pada tumit.

Mengoleskan baby oil pada tumit yang pecah-pecah secara teratur dapat membantu menjaga kaki tetap lembap.

13. Merawat Kutikula

Baby oil membantu merawat kesehatan kuku

Foto: freepik.com

Baby oil juga bermanfaat dalam membantu merawat kutikula kuku. Pekerjaan rumah seperti menyapu, mencuci baju, mengepel dan lainnya yang menggunakan tangan terkadang dapat membuat kutikula terasa sakit dan timbul sensasi terbakar.

Pada kasus ini baby oil dipercaya mampu memberikan nutrisi pada kutikula sehingga membuatnya lembap dan menghilangkan rasa sakit. Bonusnya, baby oil juga dapat menambahkan kilau alami pada kuku.

Baca Juga: Gunakan 5 Bahan Alami Ini untuk Perawatan Kuku Sehat

14. Meredakan Ketidaknyamanan Pada Kulit

Manfaat baby oil untuk orang dewasa selanjutnya adalah mampu meredakan ketidaknyaman yang sedang terjadi pada kulit.

Ketidaknyamanan pada kulit yang disebabkan oleh kulit kering biasanya menimbulkan rasa gatal.

Penelitian menemukan beberapa bukti bahwa baby oil dapat membantu meredakan ketidaknyamanan di kulit.

Dalam sebuah studi pada pasien-pasien yang menjalani cuci darah (hemodialisis), baby oil dapat membantu mengurangi rasa gatal secara signifikan saat dipijat ke bagian tubuh yang gatal setidaknya 15 menit per hari selama 3 minggu.

15. Mengatasi Eksim Ringan

Baby oil dapat mengurangi bahkan mengatasi eksim di kulit

Foto: Orami Photo Stock

Karena kandungan mineral oil-nya, manfaat baby oil untuk orang dewasa juga dapat mengatasi masalah eczema atau eksim ringan. Eksim adalah salah satu kondisi kulit paling umum yang ditemukan.

Mengaplikasikan baby oil pada kulit dapat mengurangi gejala eksim. Penggunaan baby oil ini dapat menjadi alternatif untuk menghindari penggunaan kortikosteroid.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Baby Cologne yang Aman dan Wangi untuk Si Kecil

Banyak sekali bukan manfaat baby oil? Jadi, meski Si Kecil sudah tidak bayi lagi, Moms dan Dads tetap bisa menyimpan baby oil untuk pemakaian pribadi maupun Si Kecil untuk menjaga kesehatan kulit.

Artikel Terkait