KESEHATAN
11 Oktober 2020

11 Manfaat Bawang Merah yang Perlu Diketahui

Moms, berikut ini manfaat bawang merah untuk kesehatan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, rasanya tidak perlu diragukan lagi kalau manfaat bawang merah mampu menambah rasa lezat pada masakan. Bawang merah kerap digunakan sebagai bumbu tumisan, sayuran acar, hingga yang paling terkenal adalah bawang goreng. Nah, pernahkah Moms menyadari bahwa manfaat bawang merah untuk jauh lebih banyak dari yang kita kira?

Bawang merah dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh hingga rambut. Makan bawang merah secara mentah juga dapat mendatangkan manfaat untuk tubuh. Mau tahu ulasan selengkapnya? Simak penjelasan berikut ini, ya!

Kandungan Nutrisi dalam Bawang Merah

kandungan nutrisi dalam bawang merah

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat bawang merah bisa didapatkan karena kaya kandungan nutrisi di dalamnya, di antaranya:

1. Vitamin dan Mineral

Dilansir dari Journal of Medicinal Plants Research, bawang merah merupakan sumber karbohidrat, vitamin A, B, dan C. Bawang merah juga terkenal mengandung protein dan zat besi yang tentunya baik untuk menambah nutrisi dalam tubuh.

2. Allicin

Sama seperti bawang putih, bawang merah juga mengandung allicin dan quercetin, yang bersifat antioksidan dan baik untuk kesehatan tubuh.

3. Flavonoid

Masih seputar antioksidan, bawang merah juga mengandung flavonoid. Flavonoid ini memiliki manfaat untuk tubuh, seperti memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas.

4. Polifenol

Polifenol adalah senyawa alami dari sayuran dan buah yang masuk ke dalam tubuh kita dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Nah, bisa dikatakan kalau polifenol ini berguna sebagai antioksidan dalam tubuh.

Masih menurut jurnal sebelumnya, ekstrak bawang merah mengandung beberapa polifenol seperti apigenin, asam galat, katekin, quercetin, kaempferol, dan asam tanat yang memiliki senyawa terkenal aktivitas antijamur.

5. Kalori

Jika Moms bertanya-tanya tentang kalori dalam bawang merah, sepertinya tidak perlu khawatir karena kalorinya cukup rendah. Setiap 28 gram bawang merah hanya mengandung 11 kalori saja.

6. Serat

Makanan yang tinggi serat biasanya dapat ditemui pada buah-buahan dan sayuran. Nah, ternyata bawang merah juga mengandung serat yang cukup menjadi asupan nutrisi dalam tubuh.

7. Asam Lemak Esensial

Bawang merah juga memiliki kandungan asam lemak esensial dan dianjurkan untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh. Asam lemak esensial menjadi penting karena tidak bisa diproduksi oleh tubuh, melainkan harus didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kekurangan asam lemak esensial bisa mengalami kulit kasar, rambut kering dan berketombe, hingga mata terasa kering.

Melihat penjelasan di atas, bisa dikatakan bawang merah mengandung banyak sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Hal ini juga yang membuat kita bisa mendapatkan manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 8 Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Bawang merah tidak hanya mampu membuat makanan semakin lezat dan harum, namun juga membawa manfaat untuk tubuh secara keseluruhan, yaitu:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

meningkatkan kesehatan jantung

Foto: Orami Photo Stock

Menurut studi akademis dari Phytotherapy Research, dua antioksidan terpenting dalam bawang merah, yaitu allicin dan quercetin dianggap memiliki sifat anti-hipertensi. Allicin mampu melindungi jantung dengan meningkatkan status antioksidan. Bawang merah juga mampu mencegah penumpukan plak di arteri.

Selain itu, kandungan ini juga dapat menurunkan tingkat spesies oksigen reaktif. Lebih penting lagi, allicin merangsang produksi glutathione, antioksidan utama yang memiliki beberapa efek positif untuk kesehatan.

Bawang merah juga dapat menghambat produksi enzim tertentu yang dapat membuat kolesterol tinggi. Khasiat bawang merah ini melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kesehatan jantung.

Tak hanya sampai di situ, bawang merah juga merupakan sumber kalium yang baik sehingga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kalium memperkuat kapiler darah dan mengatur tekanan darah. Jadi, tidak ada salahnya untuk menambahkan bawang merah sebagai bumbu masakan untuk menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah.

2. Mampu Mengontrol Diabetes

mampu mengontrol diabetes

Foto: Orami Photo Stock
Bagi Moms atau anggota keluarga yang saat ini mengidap diabetes, harus benar-benar menjaga pola makan agar tetap sehat. Nah, tahukah Moms bahwa flavonoid dalam bawang merah membantu mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah diabetes.

Mengapa demikian? Ditemukan bahwa ada efek menguntungkan dari bawang merah dan bawang bombay pada insulin dan cara mereka membantu mengontrol penambahan berat badan terkait diabetes. Sifat tertentu bawang merah membantu merangsang sekresi insulin, yang akhirnya mampu menurunkan respons peradangan yang terkait dengan diabetes.

“Bawang merah atau bawang merah dalam jumlah besar dapat menurunkan kadar gula pada penderita diabetes karena dapat memblokir pemecahan insulin di hati. Hal ini meningkatkan jumlah insulin dalam darah dan menurunkan kadar glukosa darah,” ungkap Alexandra Dusenberry, ahli gizi terdaftar dari San Diego, California.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bawang Merah, Mujarab!

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

meningkatkan kesehatan otak

Foto: Orami Photo Stock

Nutrisi yang masuk melalui makanan ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan otak. Nah, alasan bawang merah dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan otak adalah adanya folat. Folat menjadi salah satu dari delapan vitamin B, yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak dengan berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional. Folat juga melindungi DNA dan RNA tubuh.

Selain folat, bawang merah juga mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan otak. Senyawa lainnya dalam bawang merah yang disebut pyrithione mampu melawan peradangan otak dan meningkatkan aktivitas neurologis. Hal ini dapat dihubungkan dengan pencegahan penyakit Alzheimer.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

menjaga kesehatan tulang

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat bawang merah lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Moms, studi dari jurnal Menopause berhasil menarik pernyataan yang menarik. Studi tersebut menunjukkan ada hubungannya antara wanita pra dan pasca menopause yang rutin mengonsumsi bawang merah. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi bawang merah atau bawang bombay satu kali sehari atau lebih memiliki kepadatan tulang 5 persen lebih besar dibandingkan yang tidak.

Meski begitu, memang dibutuhkan lebih banyak penelitian terkait hal ini. Namun, dapat dikatakan bahwa bawang merah mampu meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang pinggul sebanyak 20 persen. Bawang merah juga membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan kesehatan gigi.

Baca Juga: Rawan Cedera Setelah Usia 35 Tahun, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

5. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

mengurangi risiko terkena kanker

Foto: Orami Photo Stock

Kanker masih menjadi penyakit yang mengkhawatirkan karena bisa berakibat fatal. Mungkin Moms banyak mendengar bahwa pola hidup yang sehat mampu mengurangi risiko terkena kanker. Ya, salah satunya bisa dengan mengonsumsi bawang merah. Mengapa demikian?

Bawang merah termasuk ke dalam sayuran allium yang dikenal dengan kemampuannya untuk menyebabkan kematian sel kanker dan mengurangi risiko kanker. Dilansir dari Asian Pacific Journal of Cancer Prevention, ekstrak etil asetat yang terdapat pada bawang merah dan bawang bombay lainnya membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Asupan sayuran allium juga mampu mengurangi risiko kanker perut. Bawang merah juga dikaitkan dengan efek antikanker dan antiinflamasi, yang bisa dimanfaatkan dengan baik dalam bidang pengobatan kanker.

Namun, meskipun Moms sudah mengetahui manfaat bawang merah untuk menurunkan risiko kanker, sebaiknya tetap lakukan pemeriksaan rutin kesehatan untuk mendeteksi dini terjadinya kanker. Tujuannya agar penanganan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

6. Dapat Menjaga Kesehatan Mata

menjaga kesehatan mata

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu kandungan vitamin yang terdapat dalam bawang merah adalah vitamin A. Meskipun masih sedikit penelitian tentang hal ini, namun vitamin A dalam bawang merah berkontribusi pada kesehatan penglihatan. Tingkat vitamin yang memadai juga mencegah rabun senja dan mengurangi risiko katarak atau degenerasi makula.

7. Mencegah Infeksi Penyakit

mencegah infeksi penyakit

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan protein yang terdapat dalam bawang merah ternyata mampu meningkatkan kekebalan tubuh lebih baik. Lalu, banyaknya efek antioksidan dari bawang merah juga membantu melawan penyakit dan infeksi umum. Beberapa penyakit ini di antaranya seperti pilek, flu, demam, dan bronkitis.

Bawang merah juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus, yang dapat mengobati sejumlah alergi dan infeksi, seperti batuk berdahak dan sakit tenggorokan. Bawang merah juga dikenal untuk mengobati beberapa alergi makanan dan dapat meredakan sakit kepala.

Namun, tentunya bawang merah tidak menjadi pengobatan utama, ya, Moms. Tetap disarankan untuk berobat ke dokter apabila penanganan rumah tidak meredakan gejala yang muncul.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

8. Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Rambut

menjaga kesehatan rambut

Foto: Orami Photo Stock

Apakah Moms sudah tahu kalau manfaat bawang merah tidak hanya untuk tubuh melainkan juga mampu menjaga kesehatan rambut? Kandungan sulfur dalam bawang merah dianggap mampu meningkatkan kesehatan rambut.

Pertama, bawang merah membantu produksi jaringan kolagen yang mendukung pertumbuhan rambut. Caranya mudah saja, cukup oleskan jus bawang merah ke kulit kepala dan biarkan selama 15 menit. Setelahnya, Moms dapat membilas dengan sampo ringan.

Kedua, bawang merah juga membantu mengatasi kerontokan rambut. Bahan yang perlu disediakan yaitu merica bubuk, sedikit bawang merah, dan sedikit garam. Nah, giling semua untuk mendapatkan pasta yang halus. Lalu, oleskan ke area yang terkena empat hingga lima kali seminggu. Setelah didiamkan selama 15 menit, Moms dapat mencuci rambut sampai benar-benar bersih.

Cara-cara tersebut merupakan cara sederhana yang bisa Moms coba di rumah. Namun, apabila kulit kepala Moms bereaksi setelah menggunakan cara tersebut, sebaiknya segera hentikan, ya.

Baca Juga: 4 Bumbu Pedas yang Baik bagi Kesehatan

Manfaat Makan Bawang Merah Mentah untuk Kesehatan

manfaat makan bawang merah mentah

Foto: Orami Photo Stock

Bawang merah biasanya dijadikan bumbu masakan atau bisa dikonsumsi secara mentah. Jika Moms menyukai acar, pasti sudah akrab dengan bawang merah mentah ini. Lantas, apa manfaat makan bawang merah untuk kesehatan? Ini beberapa ulasannya:

1. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Bagi seseorang yang punya tekanan darah tinggi atau hipertensi, penting sekali untuk mengatur pola makan yang sehat. Kementerian Kesehatan Indonesia sudah mengungkapkan, bawang merah menjadi salah satu makanan yang aman dan dianjurkan untuk diet pada hipertensi.

Adapun beberapa makanan lainnya yang dianjurkan seperti ubi, kacang-kacangan, tempe, dan tahu. Bumbu-bumbu seperti jahe, kemiri, kunyit, kencur, salam, sereh, dan laos juga sebaiknya dimasukkan ke dalam diet untuk pengidap hipertensi.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Bawang merah mampu meningkatkan kadar insulin dan membantu proses glikolisis. Hal ini dapat menyebabkan turunnya kadar gula darah pada pengidap diabetes. Nah, cobalah untuk makan bawang merah mentah agar meningkatkan dan menormalkan gula darah dalam tubuh.

3. Meningkatkan Produksi ASI

Bawang merah ternyata juga bermanfaat untuk ibu menyusui agar dapat meningkatkan produksi ASI. Hal ini karena kandungan folat yang terdapat dalam bawang merah mampu menjaga agar produksi ASI semakin lancar.

Nah, Moms itulah deretan informasi tentang manfaat bawang merah untuk kesehatan. Mulai dari sekarang, jangan lewatkan mengonsumsi bawang merah, ya!

Artikel Terkait