FASHION & BEAUTY
28 Februari 2020

Manfaat Bawang Putih untuk Mengatasi Jerawat

Lelah dengan jerawat? Coba pakai bawang putih, yuk!
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Jerawat memang menjadi masalah kulit sejuta umat. Saking umumnya masalah ini, ada banyak sekali pengobatan dan bahan alami yang katanya bisa menuntaskan jerawat.

Nah, pernahkah Moms mendengar soal manfaat bawang putih untuk jerawat?

Ya, bumbu dapur yang satu ini digadang dapat mengatasi jerawat dengan ampuh. Akan tetapi, apakah bawang putih aman digunakan untuk kulit?

Untuk menjawabnya, yuk, simak pertimbangan para ahli dalam ulasan berikut ini!

Bagaimana Jerawat Bisa Muncul?

Perawatan Kulit Berjerawat

Sebelum mencari tahu manfaat bawang putih untuk jerawat, mari tengok dulu bagaimana jerawat bisa terbentuk. Jerawat muncul karena adanya peradangan.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, peradangan terjadi saat pori-pori kulit Moms tersumbat oleh minyak alami yang diproduksi kulit (sebum), kotoran, bakteri, jamur, atau sel kulit mati.

Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Yang paling sering yaitu pada kulit wajah, leher, bahu, atau punggung.

Pemicu kondisi kulit ini ada banyak, Moms. Mulai dari perubahan hormon, kondisi pikiran stres berlebihan, tidak cocok dengan produk yang Moms pakai di kulit, efek samping obat-obatan tertentu, hingga akibat kurang menjaga kebersihan kulit.

Untuk mengatasi jerawat, Moms harus meredakan peradangan akibat penyebab infeksi seperti bakteri dan jamur.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lidah Buaya

Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat

khasiat bawang putih untuk kolesterol 1.jpg

Kabar baiknya, Moms bisa meraup manfaat bawang putih untuk membantu menghilangkan jerawat.

Spesialis kulit asal New York, Amerika Serikat, dr. Doris Day, bawang putih memang memiliki potensi untuk mengobati jerawat. “Bawang putih memiliki fungsi antioksidan dan antiradang. Keduanya bisa membantu mengurangi jerawat,” papar dr. Doris Day kepada SELF.

Sebuah penelitian dalam jurnal Applied and Environmental Microbiology tahun 2011 juga mengungkapkan hal yang senada dengan apa yang disampaikan dr. Doris Day.

Bawang putih bersifat antioksidan dan antiradang berkat kandungan aktif yang bernama allicin. Allicin bisa membantu membunuh bakteri penyebab peradangan dan jerawat.

Kandungan ini juga bertanggung jawab untuk mengurangi pembengkakan sekaligus melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik ke area timbulnya jerawat sangat baik untuk mempercepat pemulihan dari radang.

Di samping itu, bawang putih juga diketahui memiliki berbagai kandungan yang bisa membantu meredakan jerawat. Misalnya vitamin C, vitamin B6, selenium, serta zat tembaga untuk mengurangi minyak.

Baca Juga: 5 Perawatan untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Cara Menggunakan Bawang Putih untuk Jerawat

2 garlic

Menurut sebuah studi dalam Dermatology Reports tahun 2011, manfaat bawang putih untuk jerawat bisa didapatkan dengan berbagai cara. Misalnya dengan bubuk bawang putih atau memblender bawang putih dicampur air.

Bawang putih juga bisa langsung dioleskan pada kulit yang berjerawat. Caranya cukup mudah:

  • Lumatkan 3-4 siung bawah putih sampai lembut
  • Oleskan pada area yang berjerawat
  • Diamkan selama beberapa menit
  • Bilas bersih dengan air

Kalau Moms belum mau mengoleskan bawang putih langsung ke kulit, Moms bisa mencoba mengonsumsi beberapa siung bawang putih mentah secara rutin tiap hari.

Baca Juga: 7 Masker Wajah Alami dari Alpukat untuk Kulit Sehat Bersinar

Efek Samping Bawang Putih untuk Jerawat

Bahan Dapur untuk Obat Kolesterol - Bawang Putih.jpg

Meskipun Moms bisa mendapatkan manfaat bawang putih untuk kulit berjerawat, hati-hati dengan efek sampingnya. Menurut spesialis kulit dr. Marie Leger, Ph.D. dari New York University, Amerika Serikat, bawang putih bisa menimbulkan reaksi negatif pada kulit orang yang alergi terhadap bawang.

Reaksi yang perlu Moms perhatikan yaitu iritasi, kulit kemerahan, perih, atau gatal-gatal. Bila hal ini terjadi, segera hentikan pemakaian bawang putih untuk kulit ya, Moms.

(IA/ERW)

Artikel Terkait