TRIMESTER 2
7 Februari 2020

Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil dan Janin

Penuhi nutrisi dengan baik selama kehamilan
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Ketika hamil, nutrisi yang Moms dapatkan dari makanan atau minuman setiap hari bukan lagi untuk diri sendiri melainkan juga untuk bayi dalam kandungan.

Bayi yang sedang bertumbuh membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang tepat agar perkembangannya terjaga.

Namun, bukan berarti Moms harus makan dua kali lipat lebih banyak. Hal ini bukan tentang kuantitas, melainkan juga kualitas.

Pola makan sehat memerhatikan nutrisi yang dikonsumsi bukan seberapa banyak makanan yang dilahap setiap harinya.

Sayuran menjadi nutrisi yang wajib Moms konsumsi selama kehamilan, salah satunya adalah bayam. Mengapa bayam bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil?

Baca Juga: Adakah Dampaknya Jika Ibu Hamil Tak Makan Sayur?

Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil

Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil-1.jpg

Foto: momjunction.com

1. Sumber Utama Zat Besi

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang sering diolah menjadi sup, dengan campuran bahan lainnya seperti jagung, wortel, dan tomat. Manfaat bayam yang utama adalah sebagai sumber zat besi.

Menurut World Health Organization, ibu hamil membutuhkan zat besi untuk membentuk sel darah merah bagi Moms dan janin di dalam kandungan. Zat besi ini membantu membawa oksigen dalam darah dari paru-paru ke jaringan.

Nyatanya, otak dan tubuh bayi juga membutuhkan zat besi dan oksigen agar tetap bertumbuh secara optimal.

Untuk itu, Moms membutuhkan bayam sebagai salah satu menu sayuran yang baik untuk dikonsumsi. Faktanya, 100 gram bayam mengandung 2,7 mg zat besi.

Dilansir dari WebMD, ibu hamil membutuhkan setidaknya 27 mg zat besi setiap harinya. Begitu pula ketika menyusui, asupan zat besi yang Moms membutuhkan adalah 9-10 mg setiap hari.

Selain bayam, sumber zat besi terbaik bisa Moms dapatkan dari daging tanpa lemak, kacang polong, buah-buah bervitamin C, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

Baca Juga: 5 Makanan yang Mengandung Asam Folat, Menyehatkan Janin!

2. Mengandung Asam Folat

Selain zat besi, bayam juga mengandung asam folat. Rasanya Moms pasti sering mendengar, asam folat menjadi nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan.

Asam folat penting untuk perkembangan bayi dan membantu mencegah kerusakan serius pada tulang belakang dan otak, serta mencegah terjadinya cacat lahir. Hebat sekali ya manfaat bayam untuk kesehatan ibu hamil?

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Ibu Hamil?

Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil-2.jpg

Foto: babycentre.co.uk

Memang benar, kalori yang dibutuhkan saat hamil tentunya akan bertambah dibandingkan sebelum hamil.

Namun, sebaiknya perhatikan kalori yang tepat agar tidak terjadi pertambahan berat badan yang tidak sehat saat hamil.

“Jika asupan kalori normal wanita adalah 1800 per hari, nah jumlah tersebut baik untuk bertahan selama trimester pertama. Pada trimester kedua, kalori sebaiknya bertambah menjadi 2200 kalori. Nah, pada trimester ketiga, ibu hamil harus mengonsumsi setidaknya 2400 kalori setiap hari,” ungkap Dr. Alexandra Stockwell dari Inggris.

Menurut Dr. Alexandra juga, alasan penting bagi wanita hamil untuk makan dengan tepat agar menjaga tubuh tetap sehat dan nutrisi diperlukan untuk pertumbuhan bayi.

Misalnya, apabila Moms tidak memiliki cukup kalsium dalam makanannya, tulang bayi akan terbentuk dari kalsium yang diambil dari tulang ibu dan ditransfer melalui aliran darah ke plasenta untuk digunakan oleh bayi.

Baca Juga: Ini 5 Makanan untuk Ibu Hamil Muda, Menjaga Nutrisi Saat Mengandung!

Untuk itu, penting bagi Moms memerhatikan nutrisi yang diperoleh dari makanan atau minuman setiap harinya.

Adapun nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan saat hamil di antaranya adalah protein, kalsium, zat besi, asam folat, vitamin dan mineral yang bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan dan minuman.

Jadi, penuhi nutrisi dengan tepat, salah satunya dengan mengonsumsi bayam saat hamil!

Artikel Terkait