TRIMESTER 2
15 Oktober 2020

14 Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil dan Janin

Penuhi nutrisi dengan baik selama kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Ketika hamil, nutrisi yang Moms dapatkan dari makanan atau minuman setiap hari bukan lagi untuk diri sendiri melainkan juga untuk bayi dalam kandungan.

Bayi yang sedang bertumbuh membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang tepat agar perkembangannya terjaga.

Namun, bukan berarti Moms harus makan dua kali lipat lebih banyak. Hal ini bukan tentang kuantitas, melainkan juga kualitas.

Pola makan sehat memerhatikan nutrisi yang dikonsumsi bukan seberapa banyak makanan yang dilahap setiap harinya.

Sayuran menjadi nutrisi yang wajib Moms konsumsi selama kehamilan, salah satunya adalah bayam. Mengapa bayam bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil?

Baca Juga: Adakah Dampaknya Jika Ibu Hamil Tak Makan Sayur?

Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil

Tidak perlu diragukan lagi, bayam memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi ibu hamil.

Mari simak beberapa manfaat bayam untuk ibu hamil di bawah ini!

1. Sumber Utama Zat Besi

manfaat bayam untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang sering diolah menjadi sup, dengan campuran bahan lainnya seperti jagung, wortel, dan tomat. Manfaat bayam yang utama adalah sebagai sumber zat besi.

Menurut World Health Organization, ibu hamil membutuhkan zat besi untuk membentuk sel darah merah bagi Moms dan janin di dalam kandungan. Zat besi ini membantu membawa oksigen dalam darah dari paru-paru ke jaringan.

Nyatanya, otak dan tubuh bayi juga membutuhkan zat besi dan oksigen agar tetap bertumbuh secara optimal.

Untuk itu, Moms membutuhkan bayam sebagai salah satu menu sayuran yang baik untuk dikonsumsi. Faktanya, 100 gram bayam mengandung 2,7 mg zat besi.

Dilansir dari WebMD, ibu hamil membutuhkan setidaknya 27 mg zat besi setiap harinya. Begitu pula ketika menyusui, asupan zat besi yang Moms membutuhkan adalah 9-10 mg setiap hari.

Selain bayam, sumber zat besi terbaik bisa Moms dapatkan dari daging tanpa lemak, kacang polong, buah-buah bervitamin C, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

2. Penting untuk Perkembangan Janin

Selain zat besi, bayam juga mengandung asam folat. Rasanya Moms pasti sering mendengar, asam folat menjadi nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan.

Asam folat penting untuk perkembangan bayi dan membantu mencegah kerusakan serius pada tulang belakang dan otak, serta mencegah terjadinya cacat lahir. Hebat sekali ya manfaat bayam untuk kesehatan ibu hamil?

3. Meningkatkan Mood

Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil-2.jpg

Foto: babycentre.co.uk

Kandungan vitamin B pada bayam dapat meningkatkan mood selama kehamilan. Bila Moms sering mengalami perasaan down, coba tambahkan bayam ke asupan makanan.

Makan bayam bisa menurunkan stres dan kecemasan yang seringkali terjadi pada ibu hamil.

Baca Juga: Ini 5 Makanan untuk Ibu Hamil Muda, Menjaga Nutrisi Saat Mengandung!

4. Mencegah Kelahiran Prematur

Risiko kelahiran prematur atau bahkan keguguran akan meningkat bila ibu hamil tidak mendapatkan asupan asam folat yang cukup.

Oleh sebab itu, mengonsumsi bayam bisa mencegah hal-hal di atas.

5. Baik untuk Tulang

manfaat bayam untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya susu, bayam juga baik untuk kesehatan tulang dan perkembangan gigi yang kuat. Manfaat bayam yang satu ini datang dari kandungan vitamin K di dalamnya.

Dilansir dari The National Osteoporosis Foundation, bayam kaya akan vitamin K yang terbukti dapat memperkuat dan mencegah kerusakan tulang.

Moms bisa mengonsumsi salad bayam ditambah dengan parutan keju, agar mendapat tambahan sumber kalsium.

Selain perkembangan tulang, kalsium juga membantu mencegah pembekuan darah di arteri dan juga bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi saraf / otot.

6. Mengatasi Konstipasi

Konstipasi adalah masalah umum, tapi menyebalkan yang sering dialami oleh ibu hamil. Bila dibiarkan, konstipasi bisa meningkatkan risiko wasir saat hamil.

Moms bisa mengatasi konstipasi dan wasir dengan mengonsumsi cukup bayam.

Bayam punya serat yang tinggi dan mudah dicerna, sehingga dapat memperlancar masalah pencernaan.

Nutrition Data menyebutkan satu cangkir bayam mengandung 4,3 gram serat.

Baca Juga: 5 Makanan yang Mengandung Asam Folat, Menyehatkan Janin!

7. Menjaga Tekanan Darah

manfaat bayam untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Bayam kaya akan nitrat dan potassium yang membantu menjaga tekanan darah, sehingga bermanfaat bagi Moms yang memiliki tekanan darah tinggi.

Tahukah Moms, kalau bayam mengandung lebih banyak potassium dibanding pisang?

Dalam 100 gram bayam dan 100 gram pisang, bayam memiliki 200 mg lebih banyak potassium.

Selain menjaga tekanan darah, potassium juga bermanfaat untuk menurunkan risiko osteoporosis dan stroke.

Karena berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Moms yang memiliki tekanan darah rendah tidak dianjurkan makan bayam terlalu banyak. Konsultasikan dulu pada dokter kandungan untuk tahu porsi bayam yang tepat.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh kita akan lemah tetapi si kecil yang tumbuh di dalam rahim Moms akan membutuhkan perlindungan ekstra terhadap berbagai infeksi.

Selain zat besi, asam folat, serat, vitamin B, dan vitamin K, bayam juga kaya akan vitamin C yang dapat melawan infeksi.

Untungnya, bayam mengandung banyak vitamin C yang dikenal dapat memperkuat sistem kekebalan dan menangkal penyakit.

Dengan makan bayam selama kehamilan, kita juga bisa mengucapkan selamat tinggal pada flu biasa dan penyakit yang sering diderita. Bayam juga akan membantu pencernaan!

Oleh sebab itu, bayam bisa menjaga sistem imun ibu hamil agar tidak gampang sakit.

9. Mengurangi Nyeri Selama Kehamilan

Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil-1.jpg

Foto: momjunction.com

Manfaat bayam untuk ibu hamil berikutnya adalah mengurangi nyeri. Selama hamil, wajar bila Moms merasa nyeri pinggang atau pinggul, sebab sedang terjadi perubahan dalam tubuh Moms dengan adanya janin di dalam.

Makan bayam saat hamil bisa mengurangi nyeri karena mengandung glycolipid yang berguna sebagai antiinflamasi.

10. Tidak Akan Menambah Berat Badan

Serupa dengan sayuran lain, bayam sangat rendah kalori, sehingga Moms tidak perlu takut gemuk saat mengonsumsinya. Satu cangkir bayam yang telah dimasak mengandung 41 kalori, rendah kan?

Namun, selama hamil Moms membutuhkan kalori lebih banyak dibandingkan saat sebelum hamil.

Sebaiknya perhatikan kalori yang tepat agar tidak terjadi pertambahan berat badan yang tidak sehat saat hamil.

“Jika asupan kalori normal wanita adalah 1800 per hari, nah jumlah tersebut baik untuk bertahan selama trimester pertama. Pada trimester kedua, kalori sebaiknya bertambah menjadi 2200 kalori. Nah, pada trimester ketiga, ibu hamil harus mengonsumsi setidaknya 2400 kalori setiap hari,” ungkap Dr. Alexandra Stockwell dari Inggris.

Menurut Dr. Alexandra juga, alasan penting bagi wanita hamil untuk makan dengan tepat agar menjaga tubuh tetap sehat dan nutrisi diperlukan untuk pertumbuhan bayi.

Baca Juga: 6 Sayuran yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Untuk itu, penting bagi Moms memerhatikan nutrisi yang diperoleh dari makanan atau minuman setiap harinya.

11. Membantu dalam Perkembangan Kognitif Bayi

manfaat bayam untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Bayam adalah sumber asam folat yang kaya (juga dikenal sebagai folat atau Vitamin B9), yang penting bagi wanita hamil karena mencegah keguguran.

Jenis sayuran ini berkontribusi terhadap perkembangan tulang belakang dan kognitif janin.

Menjadi sumber zat besi yang kaya, bayam juga membantu dalam produksi sel darah merah, sehingga menurunkan risiko anemia, yang merupakan masalah umum selama kehamilan.

12. Membantu Menyeimbangkan Kadar Kolesterol

Bayam bermanfaat untuk menyeimbangkan kolesterol kita.

Vitamin E dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan penglihatan, dan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh Moms selama kehamilan.

Moms bisa makan bayam yang dimasak selama kehamilan untuk mendapatkan Vitamin E.

13. Membantu Meningkatkan Penglihatan Kita

manfaat bayam untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Bayam kaya akan vitamin B1 dan vitamin B2. Kedua vitamin ini berperan besar dalam perkembangan penglihatan dan sistem saraf janin.

Kekurangan vitamin B1 dalam diet kehamilan Moms dapat menyebabkan kondisi yang disebut sebagai 'neuropati perifer'.

Vitamin B2 membantu perkembangan jaringan dan organ reproduksi di dalam tubuh. Jadi sertakan bayam dalam makanan Moms dan dapatkan cukup vitamin B.

Namun, bayam saja tidak akan memberi kita semua nutrisi penting, Moms harus mengonsumsi multivitamin yang diresepkan oleh dokter.

Tablet vitamin ini akan memastikan kesehatan yang baik dan perkembangan bayi kita.

14. Memberikan Kulit Glowing

Bayam merupakan sumber protein yang baik. Protein dibutuhkan untuk memperbaiki sel, memproduksi asam amino dalam tubuh, dan untuk menjaga kesehatan kulit, otot, dan tulang.

Dan bayam dapat memenuhi kebutuhan protein kita sampai batas tertentu. Jadi sertakan sayuran berdaun hijau ini dalam makanan kiya agar tetap sehat ya.

Baca Juga: Lebih Cantik saat Hamil, Ini Penjelasan Pregnancy Glow

Itu dia berbagai manfaat dari bayam untuk ibu hamil. Namun berapakah jumlah bayam yang harus ibu hamil konsumsi setiap harinya?

Central District Health Department, Idaho, merekomendasikan satu porsi bayam (setengah cangkir) sehari untuk wanita hamil. Konsumsi bayam yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Sekarang Moms sudah tahukan manfaat bayam selama kehamilan dengan rutin mengonsumsinya. Moms bisa memasak sayur bayam dengan jagung, gado-gado, atau bahkan sebagai salad.

Semoga kehamilan Moms selalu sehat sampai Si Kecil hadir di dunia ya!

Artikel Terkait