KESEHATAN
5 November 2020

17 Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Moms Perlu Tahu!

Bayam adalah salah satu sayuran yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Daftar isi artikel

Apakah Moms masih ingat dengan kartun Popeye yang gemar memakan bayam dan membuatnya menjadi kuat? Ya, mengonsumsi bayam bisa meningkatkan energi karena mengandung banyak gizi.

Bayam adalah salah satu sayuran yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain murah, bayam juga sangat mudah ditemui di pasaran. Jenis sayuran yang kaya gizi ini dapat diolah menjadi masakan-masakan yang lezat. Mulai dari sup, tumis bayam, campuran omelet, hingga smoothies dan jus.

Bayam memiliki nama lain Spinacia Oleracea merupakan sayuran berdaun hijau yang berasal dari Persia. Bayam termasuk dalam keluarga amaranth yakni tumbuhan berdaun kecil dan berwarna hijau, merah, dan ungu. Selain bayam, sayuran atau buah yang masuk dalam kategori amaranth ialah bit dan quinoa.

Baca Juga: 4 Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Sayuran hijau ini berasal dari Persia. Pada abad ke-12, tanaman tersebut menyebar ke seluruh Eropa dan menjadi tumbuhan yang paling banyak dicari masyarakat karena khasiatnya yang baik untuk tubuh.

Menyantap bayam secara teratur dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan kesehatan mata, mengurangi stres, mencegah kanker, hingga menurunkan tekanan darah.

Nutrisi yang terkandung dalam bayam ialah kalori, air, protein, karbohidrat, gula, fiber, lemak, vitamin A, vitamin C, vitamin K1, folic acid, zat besi, dan kalsium.

Warna hijau pada daun bayam menunjukkan bahwa sayuran tersebut mengandung banyak klorofil dan karotenoid yang ampuh untuk melawan berbagai penyakit dan menjaga daya tahan tubuh.

Manfaat Bayam untuk Tubuh

Selain berolahraga, menjaga pola makan yang seimbang dengan memakan sayuran, karbohidrat, protein hewani, hingga buah-buahan juga tak kalah penting bagi kesehatan. Mengapa sayuran wajib dikonsumsi setiap harinya? Sebab, sayuran merupakan ladang nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh. Salah satu sayuran yang mudah ditemui, murah, dan bernutrisi lengkap adalah bayam. Apa saja manfaat bayam untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya.

1. Mengurangi Stres

Stres yang memicu mimpi buruk

Foto: Orami Photo Stocks

Radikal bebas merupakan produk yang dihasilkan dari metabolisme tubuh. Menurut jurnal berjudul What is oxidative stress? Jika tidak segera dicegah, maka radikal bebas akan menyebabkan stres oksidatif yang memicu penuaan dini dan meningkatkan risiko kanker hingga diabetes.

Tapi Moms tak perlu khawatir, sebab kandungan antioksidan dalam bayam dapat melawan stres dan membantu mengurangi efek samping yang ditimbulkan dari radikal bebas. Dalam sebuah studi berjudul Impact of spinach consumption on DNA stability in peripheral lymphocytes and on biochemical blood parameters: results of a human intervention trial yang melibatkan 8 orang menemukan bahwa bayam mampu mencegah kerusakan oksidatif. Penelitian tersebut didukung dengan percobaan pada hewan maupun manusia.

2. Kesehatan Mata

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Bayam kaya akan zeaxanthin dan lutein, yang merupakan karotenoid yang bertanggung jawab atas warna-warna pada beberapa sayuran. Sementara itu, Mata manusia juga mengandung pigmen ini dalam jumlah tinggi, yang melindungi mata Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Dalam sejumlah penelitian salah satunya berjudul Dietary carotenoids, vitamins A, C, and E, and advanced age-related macular degeneration. Eye Disease Case-Control Study Group menunjukkan bahwa zeaxanthin dan lutein serta vitamin A, C, dan E, bekerja untuk mencegah degenerasi makula dan katarak, yang merupakan penyebab utama kebutaan.

Baca Juga: Resep: Omelet Bayam Keju

3. Menghambat Pertumbuhan Kanker

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Bayam mengandung dua komponen penting yakni, MGDG dan SQDG, yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker. Dalam sebuah penelitian berjudul Spinach and Health: Anticancer Effect, senyawa ini membantu memperlambat pertumbuhan tumor di serviks seseorang. Mereka juga mengurangi ukuran tumor , senyawa ini membantu memperlambat pertumbuhan tumor serviks pada seseorang. Dua senyawa tersebut juga berperan dalam mengurangi ukuran tumor menjadi lebih kecil.

Pada sejumlah penelitian lain berjudul Prospective study of fruit and vegetable intake and risk of prostate cancer yang melibatkan manusia, diketahui bahwa konsumsi bayam yang cukup dapat menurunkan risiko kanker prostat. Selain itu, tumbuhan berklorofil ini juga ampuh untuk mencegah kanker payudara.

Demikian pula dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan mencatat bahwa bayam dapat menekan sel pembentukan kanker. Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan yang tinggi dan ampuh untuk melawan kanker.

4. Menurunkan Tekanan Darah

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Bayam mengandung nitrat dalam jumlah tinggi dan telah terbukti membantu menstabilkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Pada sebuah studi berjudul Effect of Spinach, a High Dietary Nitrate Source, on Arterial Stiffness and Related Hemodynamic Measures: A Randomized, Controlled Trial in Healthy Adults yang dilakukan terhadap 27 orang menemukan bahwa memakan bayam efektif menurunkan tekanan darah. Sejumlah penelitian lainnya juga menemukan efek serupa bahwa bayam dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: Nasi Bayam Kukus untuk Keluarga

5. Kesehatan Tulang

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Kandungan vitamin K pada bayam sangat baik untuk kesehatan tulang. Sebab, vitamin K berfungsi untuk mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan menekan jumlah kalsium yang terbuang dari tubuh. Hal tersebut menjadikan vitamin K ampuh untuk mengurangi risiko patah tulang. Mengutip dari Live Science, The National Osteoporosis Foundation, mengonsumsi bayam sangat direkomendasikan karena selain mengandung vitamin K, bayam juga kaya magnesium yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin K harian sekaligus untuk pembentukan dan menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat.

6. Mencegah Anemia

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Kandungan zat besi pada bayam sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Sebab, tanpa adanya zat besi yang cukup, maka tubuh tidak dapat menghasilkan hemoglobin atau protein dalam darah yang bertugas menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan memakan bayam sebanyak 1 cangkir setiap harinya maka Moms sudah memenuhi 36 persen kebutuhan zat besi harian. Jika kebutuhan zat besi harian selalu terpenuhi maka akan terhindar dari anemia defisiensi zat besi.

7. Kesehatan Kulit dan Rambut

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Selain kesehatan organ dalam, bayam ternyata juga punya segudang manfaat untuk kecantikan lho, Moms. Kandungan vitamin A pada bayam berfungsi untuk menyeimbangkan produksi minyak pada pori-pori kulit wajah dan kulit kepala rambut. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga sangat baik untuk kesehatan kulit karena dapat menjaga kulit tetap awet muda bahkan membantu menyembuhkan hingga menyamarkan luka pada kulit.

Vitamin A yang tinggi membantu kulit dan selaput lendir pada wajah dan rambut dalam mengusir berbagai jenis bakteri dan virus secara efektif. Apalagi vitamin ini diperlukan untuk produksi sebum agar rambut tetap lembab. Vitamin A baik untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Jadi konsumsi lebih banyak sayuran hijau untuk mengurangi risiko rambut rontok dan infeksi.

Baca Juga: Mencegah Cacingan, 1 dari 7 Manfaat Bayam untuk Balita

8. Mencegah Asma

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Kandungan beta karoten yang tinggi diketahui mampu mengurangi gejala yang dialami oleh penderita asma. Tak hanya itu, kandungan magnesium pada bayam juga efektif sebagai pengobatan alternatif dan darurat ketika penyakit asma kambuh.

9. Perkembangan Janin

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Bayam ternyata juga aman dan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan asam folat menjadi salah satu nutrisi penting selama masa kehamilan. Asam folat bertugas untuk mencegah kerusakan pada tulang belakang dan otak janin sekaligus mencegah bayi lahir cacat. Jika Moms sedang hamil, pastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk si kecil dalam kandungan dengan mengonsumsi bayam secara teratur ya.

Baca Juga: Mudah Diikuti, Ini Dia Resep Bayam Crispy yang Pas Jadi Camilan Sehat Moms

10. Menjaga dan Menurunkan Berat Badan

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Bayam merupakan salah satu sayuran yang rendah kalori namun tinggi nutrisi. Sehingga Moms tidak perlu khawatir berat badan meningkat usai menyantap bayam. Satu cangkir bayam yang sudah dimasak hanya mengandung 41 kalori. Meski begitu, Moms juga harus memperhatikan batas asupan kalori yang dibutuhkan manusia setiap harinya. Misalnya, perempuan umumnya membutuhkan 1800 kalori per hari. Nah, Moms harus memperhatikan asupan makanan lainnya yang disantap selama seharian agar berat badan terjaga.

11. Baik untuk Penderita Diabetes

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Asam alfa-lipoat yang terkandung dalam bayam terbukti ampuh menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, hingga mencegah oksidasi atau stres pada pasien diabetes.

12. Pencernaan

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Selain kaya akan gizi dan nutrisi, bayam juga mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh. Selain itu, mengonsumsi bayam secara teratur dipercaya dapat mencegah sembelit dan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 14 Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil dan Janin

13. Mengurangi Nyeri saat Masa Kehamilan

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Rasa nyeri pada bagian pinggang dan punggung akibat perubahan bentuk tubuh dan berat badan karena janin adalah hal yang umum terjadi saat masa kehamilan. Tapi ternyata rasa nyeri tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi bayam. Hal ini karena bayam mengandung glycolipid yang berfungsi sebagai anti inflamasi sehingga mengurangi rasa nyeri saat masa kehamilan.

14. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Daya tahan tubuh yang baik adalah hal utama untuk memperoleh tubuh yang sehat. Sebab, jika daya tahan tubuh lemah maka Moms akan mudah diserang penyakit, infeksi, bahkan bakteri. Kandungan vitamin C pada bayam efektif untuk menangkal infeksi sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan diri dari penyakit. Dengan menyantap bayam, Moms akan terhindar dari penyakit flu atau sakit perut yang kerap diderita banyak orang.

Baca Juga: Resep : Keripik Bayam

15. Mengatasi Konstipasi

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Konstipasi merupakan salah satu problem yang kerap menyerang ibu hamil. Namun, konstipasi tidak boleh disepelekan dan harus segera diatasi atau dicegah agar tidak meningkatkan risiko wasir saat hamil. Bayam memiliki kandungan tinggi serat yang mudah dicerna sehingga melancarkan pencernaan. Menurut Nutrition Data, dalam satu cangkir bayam mengandung 4,3 gram serat.

16. Membuat Tubuh Lebih Berenergi

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Bayam mencukupi kebutuhan magnesium yang bertugas menghasilkan energi setiap hari. Bayam juga sumber folat yang baik dan membuat tubuh ternutrisi sekaligus mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh saat beraktivitas. Selain itu, sifat basa pada bayam juga akan mempertahankan energi dalam tubuh sehingga Moms tidak akan cepat lelah dan lemas.

17. Meningkatkan Mood

XX Manfaat Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Vitamin B yang terkandung dalam bayam juga berfungsi untuk meningkatkan mood saat menstruasi maupun masa kehamilan. Apabila Moms kerap merasa tiba-tiba sedih, down, marah, atau tertekan, ada baiknya untuk mulai menambahkan sayur bayam pada lauk pauk Moms sehat.

Baca Juga: Saat Hamil, Atasi Mood Swing dengan Trik Ini!

Itulah 17 manfaat bayam bagi kesehatan.

Meskipun bayam memiliki banyak manfaat, namun pastikan tetap mengonsumsi bayam dalam jumlah dan takaran yang pas agar tidak menimbulkan efek samping seperti batu ginjal akibat penumpukan asam dan garam mineral karena kandungan kalsium yang tinggi pada bayam dan pembekuan darah karena terlalu banyak mengonsumsi vitamin K1.

Artikel Terkait