KEHAMILAN
1 Agustus 2020

5+ Manfaat Bee Pollen untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya, Catat ya Moms!

Ketahui juga efek sampingnya untuk ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms tengah hamil dan cemas masalah perkembangan yang mungkin dihadapi Si Kecil? Apakah Moms ingin mencegah penyakit dan infeksi sementara Moms tengah berusaha mengandung?

Nah, jika Moms merasakan keterikatan dengan situasi di atas dan keinginan untuk mengonsumsi suplemen kesehatan alami, maka tak ada salahnya mencoba bee pollen.

Kehamilan adalah waktu yang penting bagi ibu dan anak. Apakah Moms tahu Bee pollen memiliki banyak manfaat kesehatan karena nilai gizinya yang tinggi? Dilansir dari artikel Medlineplus.gov, Bee pollen mengacu pada serbuk sari bunga yang terkumpul pada kaki dan tubuh lebah pekerja.

Ini juga dapat mencakup air liur nektar dan lebah. Serbuk sari berasal dari banyak tanaman, sehingga isi bee pollen dapat sangat bervariasi. Jangan bingung bee pollen dengan racun lebah, madu, atau royal jelly.

Bee Pollen diyakini dapat menyembuhkan berbagai kondisi medis seperti masalah prostat, alergi, kolesterol, metabolisme, dan aterosklerosis. Ini juga meningkatkan energi dan stamina. Bee Pollen juga membantu mencegah penuaan dini.

Baca Juga: Coba Rajin Konsumsi, Ternyata Begini Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Manfaat Bee Pollen untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

Sebagian besar ahli gizi memiliki pandangan yang berbeda mengenai suplemen herbal seperti Bee pollen untuk ibu hamil dan menyusui. Ada banyak perdebatan mengenai seberapa aman bee pollen bagi ibu dan anaknya yang belum lahir.

Sementara beberapa wanita yang mengonsumsi Bee pollen selama kehamilan tidak melaporkan efek samping, yang lain mengalami beberapa ketidaknyamanan. Lalu, apa saja manfaat bee pollen untuk ibu hamil? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Mengurangi Risiko Hipertensi

Manfaat Bee Pollen untuk Ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Moms, bee pollen membantu memurnikan darah dan membantu pasokan ke sel-sel otak. Ini mengurangi risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi pada Moms selama hamil. Hipertensi saat hamil dapat membahayakan bagi Moms maupun Si Kecil dalam kandungan.

2. Membantu Perkembangan Otak

Manfaat bee pollen untuk ibu hamil lainnya adalah membantu perkembangan otak serta sistem saraf janin.

3. Mencegah Kekurangan Nutrisi

Manfaat Bee Pollen untuk Ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu manfaat bee pollen untuk ibu hamil selanjutkan adalah menjaga kandungan mineral dan vitamin tetap terjada. Bee pollen kaya akan vitamin, protein, mineral, dan asam amino, yang membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Tingginya kadar antioksidan dalam Bee pollen memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu tanpa memengaruhi perkembangan janin. Ini melindungi Moms saat hamil dari pilek, flu dan penyakit lainnya.

Baca Juga: Manfaat Madu Bagi Ibu Menyusui

5. Reaksi Alergi

Setelah mengetahui manfaatnya, Moms pun harus tahu bahwa dalam kasus yang jarang terjadi, beberapa laporan menemukan bee pollen menyebabkan efek samping yang serius seperti reaksi alergi.

Saat lebah berpindah dari satu bunga ke bunga lain untuk mengambil serbuk sari, beberapa serbuk sari itu akan berasal dari tanaman yang alergi. Menurut sebuah studi 2006, bee pollen mempertahankan potensi alergi dari serbuk sari dari tanaman.

Juga, menurut sebuah studi 2015 Allergy, Astma & Immunology Research, memakan bee pollen berpotensi menyebabkan reaksi alergi saat hamil yang parah. Gejala dapat termasuk:

  • rasa gatal
  • gatal-gatal
  • pembengkakan pada lidah, bibir, dan wajah
  • sulit bernafas

Studi ini menyimpulkan bahwa rumah sakit harus mewaspadai risiko reaksi alergi yang berpotensi parah untuk menggunakan bee pollen sebagai suplemen herbal. Ini sangat penting bagi orang yang memiliki alergi serbuk sari.

6. Merangsang Rahim

U.S. National Library of Medicine menunjukkan bahwa mengambil bee pollen mungkin tidak aman selama kehamilan. Ada beberapa kekhawatiran bahwa bee pollen dapat merangsang rahim dan mengancam kehamilan.

Pada titik ini, tidak ada informasi yang cukup untuk mengetahui bagaimana bayi tersebut dapat dipengaruhi oleh bee pollen.

Sebuah studi 2010 keluaran Jofamerica.org, yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa pemberian bee pollen pada tikus hamil selama masa kehamilan mereka memiliki efek berbahaya pada ibu dan janin.

Baca Juga: Suka Mengonsumsi Madu Saat Hamil, Adakah Bahayanya?

Walaupun Bee pollen adalah bahan alami, Moms harus berkonsultasi dengan dokter sebelum meminumnya. Dokter kandungan akan memeriksa riwayat medis untuk mengetahui apakah Moms rentan terhadap alergi.

Ibu hamil dapat dengan aman menggunakan krim dan lotion yang mengandung Bee pollen. Saat membeli Bee pollen, pastikan bebas dari kontaminasi seperti logam, pestisida, atau herbisida. Kehadiran racun dan kotoran dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah pada ibu dan bayi.

Artikel Terkait